Cara Promosi Online Shop yang Bisa Anda Tiru Dari Lazada

Cara Promosi Online Shop

Memiliki bisnis online shop sukses tentu dambaan bagi pelaku internet marketer. Terutama bagi Anda yang sedang membangun situs online shop. Namun untuk mencapai hal tersebut, membutuhkan beberapa keahlian. Terutama dibidang strategi dan manajemen.

Sesuai judul artikel ini, kita akan melihat bagaimana online shop sekelas Lazada mampu menjadi sebuah portal situs jual beli online yang sangat popular. Mereka mampu mendatangkan visitor dengan baik, mampu menguasai SEO dengan sempurna dan mampu bertahan dan berkembang.

Hal tersebut menjadi pertanyaan besar bagi kita. Apa sih yang mereka lakukan?

Nah sebagai pengamat, tentu kita bisa mengambil beberapa kesimpulan, melihat dan mencermati apa yang mereka lakukan. Berikut ini beberapa pengamatan yang bisa kita cermati.

Lazada Sangat Gencar Menggunakan iklan Google Adword.

Coba anda perhatikan contoh gambar dibawah ini.

Pemasaran Online Shop

Biarpun lazada telah menguasai SEO pada kata kunci tersebut. Ia tetap memasang iklan Adword. Hal ini membuktikan bahwa, mereka menerapkan strategi iklan untuk brand awarenes dan penguasaan pasar. Padahal, jika tidak iklan sekalipun, situs mereka tetap tampil nomor satu.

Coba Anda lihat gambar diatas, situs lazada mendapat posisi 1 dan 2. Secara akumulasi, mereka sudah menang banyak. Nah, Anda bisa menerapkan strategi ini, cuman, perlu manajemen yang bagus dan modal yang kuat.

Bayangkan berapa banyak traffic yang mampu mereka dapatkan, selain dari search engine mereka bisa mendapatkan trafik juga melalui iklan di Google Adword tersebut.

Teknologi Google Adword sudah dikenal sangat canggih dalam hal penargetan iklan. Sehingga lazada mengerti dan mereka menargetkan visitor yang tepat sasaran. Sebagai contoh pada gambar diatas, kata kunci yang mereka targetkan sesuai dengan produk yang ditawarkan. Dengan demikian, konsumen yang datang benar – benar mencari informasi terkait keyword tersebut.

Online Shop Lazada bekerja sama dengan blogger lain

Selain cara diatas, lazada juga bekerja sama dengan blogger lain. Mengapa demikian? Karena lazada paham bahwa blogger sangat berpengaruh ketika mengulas suatu produk. Misalnya begini, katakanlah Anda ingin membeli handphone merek A, tentu Anda ingin membaca review terlebih dahulu bukan?

Artikel yang dibuat oleh para blogger menjadi bacaan yang akan mempengaruhi minat beli konsumen. Lazada sangat pintar, mereka melakukan kolaborasi dengan blogger untuk memasang link untuk produk mereka. Mereka bahkan berani membayar mahal penulis blog untuk melakukan review produk dan memberikan ulasan tentang lazada.

Program kerja sama seperti ini memberikan keuntungan ganda. Pertama, lazada dapat meningkatkan brand awareness, kedua lazada dapat meningkatkan trafik.

Untuk itu, bagi Anda yang ingin mengembangkan bisnis online shop, Anda bisa mencoba meniru gaya lazada dalam hal kolaborasi dengan blogger. Hanya saja, perlu teknik juga. Agar kampanye kolaborasi dengan blogger dapat berjalan dengan baik. Anda perlu menentukan jenis blog yang diajak untuk kolaborasi.

Sebagai contoh, jika produk Anda terkait wisata, maka lakukan kolaborasi dengan para blogger wisata.

Lazada Membuka program afiliasi

Program afiliasi yaitu program kerja sama dalam bentuk bagi hasil. Contohnya, jika si A berhasil menjual produk lazada, maka si A akan mendapatkan komisi dari hasil penjualan tersebut.

Program afiliasi memberikan dampak yang sangat luar biasa, seperti mata rantai yang berkesinambungan. Betapa tidak, semakin giat para pelaku affiliate menawarkan produk, maka semakin banyak pula penjualan yang dihasilkan.

Ada lagi keuntungan lain yang akan didapatkan, dimana lazada mampu mendapatkan back link yang justru dapat memberikan peringkat baik bagi SEO mereka. Karena, trafik terbaik dan gratis adalah trafik yang datang dari mesin pencari.

Semakin jago Anda mendapatkan trafik gratis dari mesin pencari, maka semakin besar peluang bisnis Anda berkembang di bidang bisnis online.

Sebenarnya ada bermacam – macam jenis program yang bisa Anda jalankan. Apa aja itu?

  • Model afiliasi seperti yang di jelaskan diatas
  • Model dropshiper / Reseller.

Lazada memiliki autorithy yang baik di mesin pencari

Authority merupakan ukuran sebuah domain menguasai mesin pencari. Kalau dilihat dari bukti yang ada, ternyata lazada mampu menduduki peringkat teratas untuk kata kunci popular yang memiliki tingkat persaingan tinggi.

Anda dapat membuktikan sendiri, coba Anda ketik kata kunci belanja online, toko online, beli baju online dll. Rata – rata lazada mendapatkan peringkat bagus. Hal ini sudah tentu memberikan trafik gratis bagi lazada.

Ada banyak sekali faktor yang menentukan posisi rangking sebuah keyword, seperti seberapa engagement konten yang ada, seberapa banyak backlink dan lain sebagainya. Akan tetapi, secara tidak langsung kita bisa memperhatikan, bagaimana cara lazada mendesain tampilan produk mereka di laman website.

Lazada memanfaatkan media sosial dengan baik

Sadar karena pengguna media sosial terus mengalami pertumbuhan, para pelaku e-commerce paham bahwa media sosial memiliki potensi yang sangat besar. Kita dapat melihat bagaimana situs besar seperti Lazada membangun brand dan promosi lewat media sosial.

Selain mereka memiliki fanspage dengan jutaan follower, mereka juga memanfaatkan iklan media sosial. Jadi, bisa dibayangkan, seberapa banyak trafik yang akan mereka peroleh dari kegiatan promosi mereka yang sangat efektif.

Baca juga : Cara Memasarkan Produk Secara Online Lewat Media Sosial

Itulah tadi beberapa hal yang bisa kita cermati dan tiru dari cara promosi lazada, semoga artikel ini dapat memberikan gambaran untuk Anda yang sedang membangun atau sendang menjalankan bisnis e-commerce. Jika ada tambahan ide, silahkan tulis pada form komentar dibawah ini. Salam sukses selalu.

Updated: September 21, 2017 — 5:50 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap