Cara Jitu Riset Keyword Untuk Meningkatkan Jumlah Visitor Blog

Cara riset keyword dengan mudah

Kalau bisa, setiap posting artikel yang telah kita buat, bisa mendatangkan visitor dalam jumlah yang tinggi. Caranya? Pelajari bagaimana cara riset keyword dengan baik dan benar. Riset keyword sangat penting, karena kita bisa mengetahui jumlah pencari dan tingkat pesaing.

Jadi, tidak akan lagi ada pertanyaan, mengapa selesai posting kok tidak ada yang nungjungi. Jawabannya, karena jumlah persaingan pada kata kunci tersebut. Tapi, ada yang menarik. Jika kita bisa membuat artikel yang berkualitas, jumlah pesaing tinggi sekalipun bisa kita menangkan.

Itulah mengapa, konten berkualitas juga sangat diperlukan. Konten yang mampu memberikan kepuasan pada pengunjung, yang memberikan solusi lengkap dan detail. Dalam bahasa para praktisi Google disebut, engagement konten.

Riset keyword sama halnya dengan meneliti pasar. Meneliti jumlah persaingan dan meneliti berapa banyak yang mencari keyword tersebut.

Jika kita tinjau dari jumlah kata, ada 2 jenis keyword.

  1. Short tail Keyword
  2. Long tail Keyword

Primary keyword yaitu kata kunci yang pendek, Contoh : Android, Laptop Murah, Bisnis dll. Kata kunci ini kalau Anda teliti, pesaing nya tinggi sekali.

Longtail keyword yaitu kata kunci panjang, Contoh : Peluang bisnis yang menarik, Laptop dengan sistem operasi Android dll.

Jika ditinjau dari trend juga ada 2 jenis keyword

  1. Keyword Abadi => Masih dicari sampai kapan pun, contoh : Cara memasak nasi goreng dsb.
  2. Keyword Musiman => Dicari berdasarkan trend musiman atau sesaat. Contoh : Hasil lomba motor Gp bulan sekian tahun sekian dll.

Pengguna internet, mengetik kata kunci pada mesin pencari itu bervariasi. Ada yang mengetik kata kunci short tail dan ada yang mengetik kata kunci longtail keyword.

Perbedaan diantara keduanya adalah jumlah persaingan. Longtail keyword biasanya lebih ringan, Jumlah pesaing tidak sebanyak keyword utama. Akan tetapi, kembali lagi ke masalah kualitas artikel. Artikel kita harus berkualitas jika ingin nomor satu di Google.

Penting!!

Anda perlu berhati – hati ketika memilih kata kunci yang terlalu mirip. Karena tidak baik bagi kesehatan blog Anda. Maksudnya, hindari kata kunci yang terlalu sama, yaitu membuat posting artikel dengan kata kunci yang hampir sama berulang ulang.

Usahakan agar setiap posting yang Anda bidik, lebih berbeda agar blog Anda terkesan kaya informasi.

Bagaimana Cara Riset Keyword ?

Ada 3 langkah pengumpulan data penting yang harus kita dapatkan agar riset benar – benar jelas.

  • Menemukan keyword yang akan kita target
  • Berapa jumlah pencari keyword yang di target setiap bulan
  • Tingkat kompetisi / jumlah persaingan keyword tersebut

Dari 3 proses diatas, kita akan mendapatkan kesimpulan. Layak atau tidak kata kunci tersebut dikerjakan.

1 . Temukan keyword yang akan di target

Kalau Anda ingin menemukan keyword yang akan di target. Caranya sangat mudah, sekarang ini banyak sekali alat yang menyediakan kemampuan tersebut. Ada versi gratis dan versi berbayar. Perbedaan versi berbayar jelas terletak pada fitur yang ditawarkan. Akan tetapi, jika belum punya modal, kita bisa memanfaatkan yang gratisan saja terlebih dahulu.

Berikut kita bahas terlebih dahulu tool gratis yang bisa kita gunakan. Tujuannya untuk menemukan keyword yang akan di target.

a. Menggunakan www.keyword.io 

Website keyword tool yang satu ini memang lumayan keren. Mampu menghasilkan sekitar 750 keyword saran dari setiap kata kunci utama yang ktia teliti. Artinya ada sekitar 750 keyword terkait yang bakal kita dapatkan.

Contoh nya begini: Anda memasukkan kata kunci “desain rumah keren” maka akan muncul keyword lain bisa mencapai 750 keyword yang saling berkaitan seperti, Desain rumah minimalis, Desain rumah idaman, dst.

b. Google Auto Complete

Kata kunci saran

Silahkan Anda buka Google seperti biasa saat Anda mencari sesuatu. Ketikan kata kunci yang ingin Anda dapatkan prediksinya. Akan muncul tampilan seperti gambar diatas yang merupakan kata kunci terkait yang sering dicari.

Anda bisa melakukan riset dengan merubah frasa yang ada. Silahkan temukan kata kunci yang ingin Anda jadikan artikel. Cara ini memerlukan kreativitas dalam memilih frasa. Silahkan Anda coba.

c. Menggunakan ubersuggest.io

Tool yang satu ini cara kerjanya juga sama, yaitu mendapatkan kata kunci relevan lain. Atau yang sering disebut dengan kata kunci turunan. Tool ini terbilang cukup mudah digtunakan. Anda bisa langsung mencobanya.

Mana yang lebih baik dari 3 tool diatas?

Setelah membahas 3 tool diatas, selanjutnya timbul pertanyaan. Mana yang lebih baik untuk kita gunakan? saya rasa semuanya sama, tergantung kebutuhan dan kreativitas kita masing masing.

Pada artikel ini, saya mencoba membuat contoh riset keyword dengan bantuan tool C, yaitu ubersuggest.io

Berikut Caranya

Sebagai contoh, kita gunakan saja tool ketiga yaitu ubersugest.org. Kita akan meneliti tentang keyword Android. Oh ya, keyword Android merupakan short term karena pendek dan merupakan kata kunci utama.

Silahkan Anda buka ubersuggest.org, lalu masukkan kata kunci yang akan kita teliti. Disini saya mencoba dengan kata kunci Android. Agar lebih jelas, lihat gambar dibawah ini.

Riset dengan ubersuggest

Kemudian lanjutkan dengan menekan tombol Suggest. Tunggu beberapa saat hingga list keyword yang terkait akan ditampilkan. Langkah selanjutnya silahkan Anda pilih jenis keyword yang ingin di perluas dengan menekan tanda panah, Pilih Expand Keyword. Untuk lebih jelasnya Anda dapat melihat gambar dibawah ini.

Cara riset keyword relevan

Pada contoh gambar diatas, saya memilih expand keyword Android terbaru. Tool ini akan memberikan Anda daftar kata kunci turunan lainnya seperti contoh gambar dibawah ini. Langkah berikutnya silahkan Anda tekan tombol Download All. Untuk lebih jelas, lihat gambar dibawah ini.

Cara riset keyword dengan ubersuggest

Simpan file tersebut pada folder yang mudah ditemukan. Sekarang kita telah mendapatkan daftar kata kunci yang dipilih.

Langkah selanjutnya kita akan mencari tahu, berapa sih jumlah orang yang mencari setiap kata kunci tersebut setiap bulan? Untuk menjawab pertanyaan ini. Kita lanjutkan ke langkah berikutnya, yaitu mencari jumlah pencari.

2. Mencari jumlah pencari keyword yang di target setiap bulan

Setelah Anda download dan simpan file seperti langkah diatas, Selanjutnya kita mencari berapa volume pencarian setiap bulan. Caranya cukup mudah, berikut tutorialnya.

  1. Buka situs www.adwords.google.co.id/KeywordPlanner
  2. Jika belum punya akun, silahkan Anda daftar terlebih dahulu
  3. Setelah login pilih Tools, lalu pilih Get search volume data and trend. Kemudian Choose file. Agar lebih jelas, silahkan Anda lihat gambar dibawah ini.

Mencari jumlah pencari

Setelah Anda menekan tombol Choose file. Pilih file yang telah kita download sebelumnya ketika menggunakan ubbersugest.io. Kemudian, tekan tombol Get Search Volume. Berikut gambar penjelasannya.

Get search Volume

Secara otomatis tool diatas akan memberikan jumlah pencarian setiap bulan. Dari data ini kita akan mendapatkan gambaran, layak atau tidak kata kunci untuk dikerjakan.

Untuk membuat urutan jumlah pencarian, Anda bisa menekan arrow / panah seperti contoh gambar dibawah, saya membuat urutan data jumlah pencarian dari jumlah pencarian terbesar ke yang kecil. Kemudian tekan tombol Download seperti yang terlihat pada gambar dibawah.

Cara riset keyword untuk volume pencarian

Buka file tersebut, Berikut contoh tampilan keyword yang telah kita dapatkan beserta jumlah pencarinya setiap bulan. Memang alat ini spesial digunakan untuk mereka yang menggunakan Google Adword.

Jumlah pencari kata kunci

Setelah menyelesaikan langkah diatas. Sekarang kita telah memperoleh data jumlah pencarian setiap bulan. Tapi, kita belum tahu, berapa jumlah pesaing yang ada. Hal ini penting, karena jika blog kita masih baru, sebaiknya pilih jumlah persaingan yang ringan.

Bagaimana cara mengetahui jumlah pesaing, berikut langkah – langkahnya.

3. Meneliti tingkat kompetisi / jumlah persaingan keyword tersebut

Langkah ini memang ribet, karena kita menggunakan tool gratis. Jadi harus cek satu persatu. Beda kalau menggunakan tool berbayar seperti semrush atau market samurai. Anda bisa dengan mudah mendapatkan data tingkat persaingan.

Cara mengetahuinya sama seperti biasa ketika kita mencari sesuatu di mesin pencari. Saya rasa Anda juga mengetahuinya.

Silahkan Anda buka situs pencarian Google seperti biasa di browser komputer, masukkan kata kunci yang telah kita download pada langkah 2 diatas. Lihat jumlah pesaing yang ada.  Kata kunci yang saya coba adalah “Android terbaru Google Nexus”.

Berikut contoh gambarnya agar lebih mudah.

Cara riset keyword jumlah pesaing

Catatan penting:

Pilih lah keyword yang potensial dari list yang kita dapatkan tadi, jangan semua, karena hampir sama. Karena bisa berakibat tidak baik bagi perkembangan blog. Mesin pencari akan menganggap blog Anda tidak kaya konten.

Peringatan ini saya baca dari seorang blogger ternama, bang Darmawan, pemilik website panduanim.com. Agar bisa mengingatkan sesama.

Berapa jumlah pesaing yang ideal? Saya tidak bisa menjawab pertanyaan ini. Tergantung dari kemahiran Anda dalam hal optimasi. Akan tetapi, lebih sedikit persaingan lebih baik. Apalagi jumlah pencarinya ada banyak.

Simple nya begini : Cari kata kunci yang tinggi jumlah pencarinya akan tetapi jumlah pesaing yang ada sedikit.

Baca juga : Cara Agar Blog Muncul Di Google Supaya Mendapatkan Visitor Organik

Kesimpulan :

Seperti yang telah saya sebutkan diatas, langkah di atas merupakan cara riset keyword menggunakan metode gratis. Berbeda dengan menggunakan tool berbayar. Tidak perlu lagi ribet seperti langkah diatas.

Mengapa riset penting? Saya rasa memang penting untuk melakukan riset. Tujuannya agar kita lebih terarah. Apalagi jika website Anda digunakan untuk bisnis. Anda bisa mendapatkan visitor blog yang tertarget.

Updated: July 6, 2017 — 4:58 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap