Cara Sukses Memulai Bisnis Online Offline Agar Berkembang Pesat

Membangun bisnis

Jika Anda tak ingin dikatakan sebagai orang yang ketinggalan zaman, maka mengenal bisnis online merupakan langkah terbaik. Mengapa? Sekarang ini banyak sekali sektor bisnis yang mampu berkembang pesat ketika melebarkan sayap ke internet.

Bukan hanya bisnis produk, bisnis jasa juga seperti itu, coba lihat bagaimana bisnis penerbangan, hotel, traveling. Mereka gencar menggunakan media online sebagai langkah untuk mempermudah dalam praktek bisnis.

Untuk bidang market place sudah sangat jelas di depan mata, raksasa e-commerce seperti Alibaba, Tokopedia, Bukalapak mampu menoreh profit besar. Membantu para penjual offline untuk memasarkan produk mereka.  Itu sudah menjadi bukti yang sangat nyata bagi kita bahwa pemanfaatan internet sangat memiliki potensi tinggi.

Sebut saja seperti Alibaba.com, mereka mampu meraih profit sebesar 113 Triliun perhari. Belum lagi seperti perusahaan raksasa multi sektor seperti Google.

Oke untuk tidak memperpanjang lebar pembahasan, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda coba lakukan ketika ingin mengembangkan bisnis online dan offline.

1. Ketahui prinsip aset bisnis dengan benar

Prinsip bisnis sama seperti mindset. Miliki mindset yang jelas tentang bisnis terlebih dahulu.

Agar berhasil, coba cari tahu tentang konsep aset. Aset bukan berarti apapun yang Anda miliki merupakan aset. Banyak yang keliru soal ini.

Sebagai contoh, mobil di rumah dikatakan aset, rumah mewah dikatakan aset. Bukan seperti itu.

Agar mampu memiliki mindset seperti Warrent Buffet, maka aset adalah barang atau bisnis yang mampu bergerak tanpa kita harus mengurusnya secara terus menerus.

Misalkan begini, Anda bisa mengatakan bahwa mobil dirumah Anda merupakan aset jika mobil tersebut Anda sewakan, sehingga ada income dari mobil tersebut. Anda bisa mengatakan bahwa rumah mewah Anda itu aset jika Anda bisa mendapatkan income dari sana.

Anda bisa mengatakan bisnis Anda merupakan aset jika bisnis tersebut mampu berjalan ketika Anda mengurusi bisnis – bisnis Anda yang lainnya.

Jika kita ingin agar mindset kita tepat, maka Aset adalah suatu barang atau jasa yang kita miliki yang mampu memberikan income tanpa harus bekerja full di sana.

Nah dengan demikian, kita dapat fokus membangun aset, ciptakan jasa atau bisnis yang mampu berjalan dengan sendirinya. Setelah berhasil Menciptakan aset, cari lagi dan kembangkan lagi.

Cara ini juga dapat memberikan pekerjaan bagi masyarakat, ciptakan bisnis yang kondusif dan sehat. Buat manajemen dan jalani seperti Bob Sadino. Anda bisa belajar dari kisah inspirasi Bob Sadino.

2. Pahami macam – macam bisnis online dan cara kerjanya

Agar kita berhasil melebarkan sayap offline ke online, atau memulai bisnis online, maka pahami tentang internet. Tujuannya agar kita bisa tepat memanfaatkannya. Apa yang cocok dengan bisnis dan minat Anda sekarang ini.

Jadi tidak asal – asalan, akan tetapi memahami benar tantangan dan potensi yang dimiliki. Sehingga bisa berimbang.

Berikut ini ada beberapa istilah dasar dalam menjalankan bisnis online.

  1. Bisnis Sistem Dropshiper
  2. Bisnis Model Affiliate marketing atau reseller
  3. Bisnis Model E-commerce Market Place.
  4. Trafik tertarget dari search engine
  5. Metode Iklan Google Adword
  6. Media sosial marketing
  7. Dan lain sebagainya.

Mengetahui apa saja bidang bisnis online itu sama saja seperti Anda punya navigasi, Anda bisa menentukan apa yang cocok untuk bisnis Anda sekarang ini.

Mulai dengan praktek atau jualan

Agar Anda terbiasa dan dapat mengetahui bidang online, maka praktek adalah cara ter-baiknya. Cobalah untuk segera berjualan dan segera memasarkan bisnis dan jasa Anda lewat media online.

Pilih salah satu dari metode yang ada pada poin ke dua di atas.

Sebagai contoh, Anda bisa memanfaatkan market place seperti Tokopedia dan Bukalapak untuk mulai praktek jualan.  Anda bisa menggunakan media sosial. Menggunakan trafik ter-target dari search engine dengan Iklan di Google Adword atau website Blog.

Fokus Membangun Aset

Setelah praktek, Anda dapat mengetahui, mana yang bisa menjadi aset atau tidak. Anda bisa belajar dari praktek yang telah Anda lakukan. Dengan cara seperti ini, Anda bisa lebih cepat berkembang. Jangan habiskan waktu Anda hanya satu bisnis saja, ciptakan bisnis – bisnis Anda yang lainnya sehingga menjadi aset berharga.

Itulah mengapa pengusaha sukses seperti Warrent Buffet, Jack Ma, Bob Sadino, mampu memiliki bidang bisnis yang banyak sekali. Mereka fokus pada set dan terus berkembang.

Untuk itu, cara terbaiknya adalah praktek dan jalani serta cari tahu metode terbaik untuk membangun aset Anda.

3. Perluas jaringan bisnis dan kolaborasi

Semua pebisnis besar memiliki jaringan bisnis yang sangat kuat. Bukan hanya untuk MLM saja. Selama ini masyarakat mengenal jaringan atau netwroking bisnis dipandang hanya model MLM saja. Padahal, jaringan bisnis amat sangat penting agar bisnis bisa berkembang pesat.

Beragam kerjasama bisa Anda jalankan ketika Anda memiliki jaringan bisnis yang kuat. Jadi, carilah rekan bisnis yang bisa membantu dan dapat memberi keuntungan timbal balik.

Anda bisa mencari contoh – contoh kolaborasi bisnis besar di internet, silahkan Anda cari dan pelajari, kemudian ambil pelajaran dari sana.

Baca juga : Dasar Manajemen yang Penting Untuk Diterapkan Agar Bisnis Berkembang

Kesimpulan :

Bisnis online merupakan bisnis yang memiliki tantangan, terlihat memang sekilas mudah. Untuk itu, perlu pemahaman yang serius agar Anda bisa berhasil. Selanjutnya, cobalah untuk mengembangkan aset bisnis secara berkesinambungan.

Semoga artikel ini dapat memberikan gambaran bagi Anda yang sedang ingin mengembangkan bisnis ke jalur online. Salam sukses selalu.

Updated: October 8, 2017 — 5:22 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap