5 Cara Untuk Menjadi Seorang Bisnis Owner yang Sukses

Anda pasti setuju jika semua pebisnis punya keinginan yang sama yaitu ingin agar bisnis yang dijalankan sukses. Terutama bagi si pemilik usaha (Bisnis owner). Menjalankan bisnis apapun itu memang memiliki medan dan cara yang berbeda. Tergantung dari kepribadian dan cara menyikapi setiap kegiatan.

Pada artikel ini akan dijelaskan gambaran atau panduan bagaimana agar Anda menjadi seorang bisnis owner yang sukses. Perlu Anda ketahui bahwa semuanya tergantung dari kepribadian Anda. Anda merupakan orang yang jenius dan punya karakter sendiri.

Artikel ini hanya sebagai pengetahuan saja, jangan dianggap semuanya benar. Apa yang penting adalah, Anda punya wawasan sehingga bisa berpikir mana yang baik dan mana yang tidak demi kemajuan bisnis Anda.

Pemilik perusahaan bisnis

1 . Lakukan sesuai dengan apa yang telah Anda ketahui

Ketika ingin memulai sebuah usaha, maka lebih baik memilih bisnis yang sekiranya bisa Anda kuasai. Jika Anda orang yang paham benar tentang kuliner, mulailah usaha kuliner.

Saat menemukan ide baru, pelajari dan analisa secara detail, mulai dari analisa pasar hingga analisa kegiatan perusahaan. Tujuannya sudah jelas agar seorang bisnis owner dapat memiliki plan yang matang serta menguasai bidangnya.

Hal ini penting mengingat media sekarang ini memberikan dampak kemudahan dalam informasi. Anda bisa mendapatkan pendapat dari siapapun.

Seorang bisnis owner haruslah punya prinsip. Punya karakteristik sendiri. Seorang pemilik bisnis memang harus tetap bisa melihat perubahan teknologi dan semacamnya. Namun, setiap strategi bisnis haruslah dibuat berdasarkan analisa Anda.

Terutama belajar dari pengalaman. Seorang bisnis owner yang berpengalaman sudah tentu sangat berbeda dengan seorang pemula.

Nah jika Anda sudah memiliki pengalaman, Anda akan tahu bagaimana cara mengambil setiap keputusan. Sehingga keputusan yang diambil berdasarkan analisa yang matang dan dengan pemikiran yang dalam. Terutama ketika membuat plan bisnis.

2. Punya tujuan yang lebih baik dan besar

Seorang bisnis owner sudah semestinya punya rencana atau memiliki gambaran besar bagaimana tujuan usaha yang sedang dijalankan.

Sebagian besar pebisnis yang sukses tujuannya bukan hanya semata – mata uang. Namun mereka punya rencana yang lebih baik dari pada itu, bisa saja agar dapat membuka lapangan pekerjaan, membangun keluarga yang baik dan lain sebagainya.

Sebagai contoh, ketika Anda punya tujuan untuk membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain, maka Anda menambah skala produksi, Namun tanpa disadari Anda sebenarnya sedang meningkatkan pendapatan.

Selain itu, bisnis Anda memang harus memiliki plan. Sehingga setiap kegiatan dapat terarah sesuai dengan target. Bisa dibayangkan jika Anda tidak punya target. Tentu sangat tidak sehat bagi usaha Anda. Untuk itu, buatlah tujuan dan strategi yang jelas, kemana dan bagaimana usaha Anda untuk dimasa yang akan datang.

3. Pahami konsumen Anda

Memahami konsumen merupakan hal penting. Konsumen merupakan penentu kesuksesan bisnis. Terutama bisnis yang bergerak dibidang produksi dan jasa. Perusahaan dapat berjalan dengan lancar ketika konsumen sudah percaya dengan produk Anda.

Agar Anda mendapat kepercayaan dari konsumen, lakukan riset secara detail mengenai apa saja yang dibutuhkan konsumen. Riset dapat dilakukan melalui layanan customer service, survey pendapat dan lain sebagainya.

4. Fokus dengan manajemen keuangan (Cash Flow)

Ketika usaha Anda terus mendapatkan keuntungan, maka Anda harus terus melakukan manajemen cash flow. Selalu analisa dan perhatikan bagaimana arus keuangan Anda, baik itu pada bagian produksi, pemasaran dan lain sebagainya.

Usaha yang terus berkembang menjadi besar sangat tergantung dari manajemen keuangan. Walaupun memang bidang manajemen lain sangat perlu, terutama manajemen marketing.

Anda bisa belajar dari para entrepreneur agar memperoleh pengalaman dari mereka. Silahkan browsing atau cari orang yang telah sukses pada bidang usaha yang sama dengan Anda.

5. Temukan mentor atau panutan

Memiliki seorang mentor dapat membantu Anda lebih cepat untuk memperoleh ilmu dan pengalaman. Ketika memilih mentor, cari mentor yang benar – benar telah menguasai bidang yang sama dengan Anda. Cari mentor yang sudah terbukti sukses.

Selain mencari mentor, Anda dapat mencari seorang panutan dalam bisnis. Gunakan metode ATM yaitu Amati Tiru dan Modifikasi. Metode seperti ini juga membantu Anda memahami medan bisnis dengan baik.

Baca juga : Tips Meraih Sukses Dalam Bisnis dan Karir Anda Untuk Jangka Panjang

Itulah tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan ketika ingin menjadi seorang pebisnis hebat. Sebenarnya masih banyak cara lain. Semoga artikel ini dapat memberikan gambaran untuk Anda. Jika ada pendapat dan saran, silahkan tulis pada form komentar dibawah ini. Salam sukses selalu.

Updated: December 8, 2017 — 5:30 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap