Cara Untuk Tetap Konsisten Dalam Membangun Sebuah Blog

Konsisten dalam membangun blog

Jika kita telah membuat keputusan untuk membangun sebuah blog, maka konsekuensinya adalah kita harus tetap terus konsisten. Kita akan selalu di tuntut untuk menyajikan informasi yang menarik serta mengurus blog setiap hari, ya setiap hari baik itu melakukan update artikel atau promosi dan lain sebagainya.

Untuk tetap konsisten bukanlah sebuah hal yang mudah, karena terkadang ada masanya kita mengalami rasa malas. Apalagi bagi blogger pemula seperti admin. Untuk itu kita seharusnya mampu untuk mengatasi rasa malas yang ada. Dengan kata lain kita mampu untuk mengubah rasa malas menjadi rajin dalam waktu yang sebentar. Sehingga kita bisa melanjutkan aktivitas blogging.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik agar terus bisa menyiapkan diri dan membuat diri menjadi semangat dalam melakukan aktivitas blogging.

1 . Cobalah Untuk Selalu Percaya Pada Diri Sendiri

Percaya diri itu penting, karena dengan percaya diri hal – hal seperti menulis artikel, melakukan aktivitas sosial, membangun komunikasi dengan blogger lain dapat berjalan dengan baik. Komunikasi yang baik dapat memberikan banyak manfaat bagi blogger. Seperti meminta saran, bekerja sama ataupun saling bertukar pikiran.

Percaya dan berusaha memberikan informasi yang bermanfaat bagi pengunjung, memecahkan masalah buat para pembaca. Karena jika blog kita berisi tentang tutorial misalnya, maka artikel dalam blog harus berisi tentang jawaban yang di cari oleh para pembaca.

2. Temukan Minat Yang Bermanfaat Dan Bagikan Kepada Pembaca.

Memilih topik dalam membangun blog bisa di katakan gampang – gampang susah. Tetapi jika anda memang menguasai di suatu bidang, maka hal ini akan mudah untuk di lakukan. Dengan membangun sebuah blog yang sesuai dengan passion dan ilmu pengetahuan anda, akan membuat anda bisa konsisten dalam membangunnya.

Tidak seperti blog Admin ini yang isinya bisa dikatakan gado – gado, ada teknik sipil, ada wisata dan lain sebagainya. Admin melakukan ini hanya untuk memudahkan dalam menulis artikel. Dengan demikian selalu ada saja ide yang ingin di tulis. Ada kelebihan dan kekurangan saat membangun blog gado – gado, hal ini mungkin bisa di tanyakan kepada para senior blogger lainnya.

3. Ketika Jenuh Cobalah Melakukan Aktivitas Di Luar Blogging

Aktivitas yang itu itu saja biasanya memancing rasa jenuh yang kemudian berakibat semangat blogging bisa menurun. Untuk mengatasi hal ini agar semangat dan konsistensi mengelola blog nya kembali dalam kondisi prima, cobalah untuk meluangkan waktu sejenak dengan cara melakukan aktivitas hobi yang biasa anda lakukan. Atau bisa juga dengan jalan – jalan sekedar untuk melihat pemandangan alam luas. Otak juga memerlukan masa penyegaran, biasanya ketika melakukan hal hal yang menyenangkan akan memancing ide baru muncul.
Menurut Admin salah satu aktivitas yang bisa meningkatkan daya pikir dan semangat adalah olah raga secara rutin. Dengan olah raga peredaran oksigen dalam tubuh menjadi lancar. Hal ini menyebabkan daya pikir kita menjadi lebih aktif.

4. Usahakan Untuk Selalu Membuat Artikel Yang Original

Usahakan untuk tidak melakukan Copy Paste apapun itu alasannya.  Karena hal ini bisa menghambat kreativitas kita sebagai penulis.  Usahakan untuk menulis artikel dengan fikiran dan ilmu pengetahuan sendiri,  walaupun terkadang ide muncul dari gagasan blogger lainnya, tetapi tetaplah untuk tidak melakukan copy paste. Dengan kebiasaan ini maka kepercayaan diri akan muncul sesuai dengan poin nomor satu diatas tadi.

Untuk memulai menulis sebuah artikel, carilah ide terlebih dahulu. Kemudian buatlah poin – poin yang akan di sampaikan, lakukan riset terhadap ide tersebut dan tuangkan kedalam tulisan berdasarkan poin yang telah kita buat dalam satu tema ide.

5. Buatlah Target Atau Goal Setting

Dengan memiliki sebuah target pada setiap kegiatan yang kita lakukan akan membuat arah tujuan menjadi jelas. Target sederhana seperti berapa kali posting dalam sehari atau minggu. Semakin jelas tujuan yang di buat akan lebih baik. Selanjutnya tak action sambil berdoa semoga usaha yang kita lakukan bisa meraih target yang kita tetapkan. Target di sini selanjutnya akan di ikuti dengan membuat jadwal kegiatan yang akan di jelaskan pada poin berikut ini.

6. Lakukan Aktivitas Secara Terjadwal

Setelah berusaha untuk tetap konsisten, satu hal penting lainnya adalah membuat jadwal kegiatan dalam mengelola blog. Jadwal berisi kapan kita posing, kapan kita melakukan promosi, kapan melakukan optimasi dan lain sebagainya yang tertuang dalam bentuk jadwal yang jelas. Hal ini bertujuan untuk memanfaatkan waktu dengan sebaik – baiknya.

Biasanya tanpa jadwal yang jelas, kita selalu terfokus hanya pada satu hal saja. Contoh mudah seperti yang admin alami sendiri. Terkadang terlalu fokus untuk membaca informasi dari blog lain, terlalu fokus mengubah tampilan blog, sebenarnya hal ini tidak lah produktif. Lebih baik meninjau ulang kegiatan – kegiatan yang menghabiskan waktu tersebut untuk menghasilkan pekerjaan yang lebih produktif lagi. Tentukan waktu kapan menggali informasi, kapan untuk membuat posting artikel dan lain sebagainya.

Sehingga dengan mengatur waktu , pekerjaan yang kita lakukan dapat terarah. Setelah menentukan jadwal kita masih perlu untuk meninjau ulang, apakah masing – masing kegiatan tersebut memberikan manfaat. Lakukan perubahan pada jadwal kegiatan bila di anggap perlu.

7. Siapkan Ruang Kerja Yang Nyaman

Suasana meja kerja dalam melakukan aktivitas bisa berpengaruh terhadap pola pikir. Untuk itu  usahakan untuk merapikan meja kerja ataupun ruang kerja yang Anda miliki. Susun sedemikian rupa semua perangkat dan peralatan yang anda punya pada ruang dan meja kerja. Ketika pemandangan di rasa nyaman, aktivitas yang kita lakukan juga akan berjalan dengan lancar. Jika perlu beri pernak pernik di samping meja kerja yang bisa memberikan motivasi atau semangat dalam melakukan aktivitas, atau cari ruang kerja yang memiliki view pemandangan yang luas.

8 Perhatikan Pola Waktu Istirahat Yang Cukup

Bukan hanya di dunia blogging saja, apapun itu kegiatan yang bersifat rutin memerlukan jadwal istirahat yang cukup. Sisipkan waktu untuk beristirahat sejenak, karena kita sedang membahas dunia blogging,  lupakan sejenak segala sesuatu tentang blogging.  Buatlah pikiran santai terlebih dahulu dengan duduk sejenak atau bercanda dengan teman dan keluarga. Kemudian setelah merasa fit kembali, lanjutkan aktivitas blogging anda.

9. Temukan metode sendiri untuk menjaga konsistensi

Selain mencoba mendapat inspirasi dari poin – poin di atas, Anda bisa menemukan cara tersendiri tentang apa saja yang membuat motivasi dan konsistensi dalam mengelola blog anda terjaga. Coba cari kegiatan apa saja yang biasanya membuat semangat anda muncul. Tidak terbatas hanya poin yang ada di artikel ini saja. Silahkan temukan juga metode yang lebih cocok untuk Anda terapkan.

Semoga dengan artikel sederhana ini bisa memberikan manfaat buat sobat semua dan bisa membuat semangat sobat dalam mengelola blog kembali berkobar. Karena Admin masih belajar, maka artikel ini masih jauh dari sempurna, admin hanya berusaha memberikan solusi kepada pembaca sekalian sekiranya sedang memiliki masalah konsistensi dalam membangun sebuah blog.

Karena konsistensi merupakan sebuah kunci dalam mencapai sebuah target. Untuk itu usahakan selalu menjaga konsistensi ini, lakukan berbagai cara agar konsistensi kita tetap terjaga. Jika ada tambahan atau masukan, silahkan tinggalkan di kolom komentar.

Updated: January 17, 2017 — 6:54 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap