Cara Update Artikel Setiap Hari Untuk Blog Beserta Manfaatnya

Cara Update Artikel Setiap HariMembuat blog memang mudah, akan tetapi membuat blog yang ramai pengunjung membutuhkan teknik yang tepat. Usaha inilah yang harus kita pelajari agar kita berhasil mengelola blog yang mampu meningkatkan jumlah visitor secara terus menerus.

Artikel merupakan faktor penting bagi sebuah blog. Kemudian timbul pertanyaan, apakah jumlah artikel mempengaruhi jumlah pembaca? Sudah tentu, semakin banyak artikel maka semakin banyak pula visitor yang akan membacanya.

Ada 2 jenis artikel yang bisa kita buat, yaitu artikel musiman dan artikel abadi. Artikel musiman biasanya sering kita jumpai pada situs berita. Sedangkan artikel yang bersifat abadi yaitu artikel yang relevan untuk dibaca kapan saja, sekarang, tahun depan, atau selamanya.

Satu hal yang sering menjadi pertanyaan blogger pemula termasuk saya sendiri adalah, berapa sih jumlah update artikel setiap hari? Jujur, jawabannya sangat bervariasi, karena saya sendiri menemukan beberapa perbedaan dari para senior blogger kita.

Ada yang mengatakan cukup update 3x dalam seminggu, ada juga yang mengatakan 3 artikel perhari atau 1 artikel perhari, ada lagi yang menganjurkan sebanyak banyaknya. Bagi pengguna layanan blogger ada batasan lho biar dianggap natural. Kecuali bagi pengguna self hosted. Anda bisa bebas dan posting artikel sebanyak mungkin setiap hari, bisa kita lihat contoh dari situs popular sekarang ini.

Namun dari semua jawaban tersebut, ada satu kesimpulan yang layak untuk diambil, yaitu yang menjadi poin pentingnya adalah kualitas artikel yang dibuat. Usahakan setiap artikel yang kita buat memberikan manfaat, bukan artikel asal jadi.

Tetap perhatikan manfaat yang ada pada aritkle, membierkan user experience yang tinggi, itu lah yang menjadi pondasi agar artikel yang kita tulis mampu juara pada mesin pencari besar seperti Google.

Berikut Agar Lancar Menulis Artikel

Sebagian dari kita ingin update artikel setiap hari dan tetap berkualitas. Tujuannya tentu agar blog mampu menjaring trafik sebanyak banyaknya. Secara logika, semakin banyak artikel maka semakin besar pula kesempatan untuk mendatangkan pembaca dalam jumlah yang tinggi.

Akan tetapi, yang menjadi problem adalah, dari mana kita bisa mendapatkan ide sebanyak itu? Bagaimana caranya agar kita mampu menerbitkan artikel setiap hari?  Bagi mereka yang telah mahir menulis, membuat 3 atau 10 artikel perhari bisa mereka lakukan. Berikut ini mari coba kita bahas bagaimana tips dan trik untuk mencapai tujuan update artikel setiap hari.

  1. Referensi dan buat outline
  2. Refocusing ( Mengembangkan ide yang ada )
  3. Teknik menulis cepat draf artikel
  4. Edit dan publish

1 . Membaca referensi dan mencatat poin artikel

Semua dari kita pasti tahu bahwa ide merupakan syarat utama agar mampu membuat artikel secara terus menerus. Teknik yang bisa kita lakukan untuk mencapainya adalah dengan mencari terlebih dahulu tema yang ingin dibahas pada artikel yang akan kita tulis. Kemudian, buka situs yang telah membahas tema tersebut sesuai dengan keyword yang kita bidik.

Kumpulkan 5  atau 10 situs terbaik yang ada untuk di cari celah menulis artikel. Biasanya setelah kita membaca artikel dari situs lain, kita akan mendapatkan suatu kesimpulan yang kemudian bisa kita kembangkan menjadi artikel baru.

Akan tetapi, usahakan jangan meniru atau copy paste, sampaikan dengan gaya bahasa sendiri dan memberikan nilai tambah. Bahasa sendiri bisa muncul dari pemahaman referensi yang telah kita baca sebelumnya.

Dari sekian situs yang kita jadikan referensi, catat beberapa poin penting yang ada. Kemudian, susun judul artikel hingga sub judul artikel tadi dengan jalan cerita yang Anda miliki. Saya yakin kita semua memiliki kreativitas, memiliki cara sendiri untuk membuat tulisan menjadi lebih berbobot.

Kita bisa menggunakan notepad atau alat tulis lain ketika mencatat poin penting, buat kalimat pokok bahasan dari setiap judul , temukan intinya. Tujuannya adalah, kita bisa mengembangkan poin catatan tadi menjadi tulisan artikel.

Refocusing ( Mengembangkan ide )

Dari catatan poin poin yang telah kita buat, kita bisa mencoba untuk mengembangkan ide tersebut menjadi judul artikel yang baru. Dengan cara seperti ini kita akan terus menemukan ide segar judul tulisan.

Sebagai contoh, coba kita lihat tema artikel yang membahas tentang kepenulisan. banyak judul – judul artikel yang baru yang bisa kita dapatkan dari tema ini. Anda bisa mendapatkan ide yang cepat setelah mengumpulkan informasi dan memahami dari referensi yang kita bahas pada poin satu diatas.

Teknik menulis artikel cepat (draf)

Bedakan antara proses menulis dan proses editing. Caranya cukup mudah. Setelah kita mendapatkan poin catatan yang kita susun seperti pada pembahasan poin  nomor 1 diatas, Mulailah mengetik dengan cara cepat tanpa mengedit, tulis saja terlebih dahulu berdasarkan apa yang telah Anda pahami.

Jangan hiraukan tentang typo dan kalimat yang telah kita tulis, tetap saja terus menuangkan ide yang ada hingga draf artikel anda selesai.

Saya juga pernah mengalami hal ini. mencampur aduk antara proses menulis dan editing. Padahal cara tersebut bisa dibilang tidak efektif. Setelah saya coba teknik cepat dan membedakan antara proses menulis dan editing. Saya bisa menjadi lebih cepat ketika menulis artikel. Silahkan Anda buktikan sendiri.

Edit dan publish

Proses selanjutnya setelah kita menulis draf artikel dengan cara cepat, selanjutnya edit tulisan Anda tersebut. Bisa dengan mengganti beberapa kalimat yang mungkin perlu.. Menggunakan kalimat yang lebih baik dan memperbaiki beberapa typo tulisan Anda.

Menulis dan editing merupakan dua hal yang berbeda. Berdasarkan beberapa sumber yang ada, proses menulis merupakan proses kreatif. Sehingga, agar proses kreatif yang kita miliki lancar, tulis saja seperti saat kita bicara. Sedangkan proses editing artikel, merupakan proses logika secara sistematis.

Anda bisa mencoba teknik seperti ini dirumah, silahkan bedakan antara proses menulis dan proses editing. Coba perhatikan manfaat yang akan anda dapatkan.

Apalagi Anda mampu menguasai touch typing, yaitu mengetik 10 jari tanpa melihat keyboard. Teknik mengetik 10 jari sangat penting dan bisa mendukung produktivitas kita saat menulis. Cara belajar nya sangat mudah lho. Hanya dengan bantuan aplikasi Anda bisa belajar secara otodidak dirumah.

Baca juga : Belajar Mengetik Cepat 10 Jari Dengan Bantuan Aplikasi

Apa Manfaatnya?

Blog yang terus update akan mendapat perhatian khusus dari mesin pencari dan pembaca setia Anda. Pembaca tentu sangat menyukai blog yang selalu menyajikan artikel menarik. Inilah faktor yang membuat blog semakin baik di search engine.

Memang ada sebagian blog yang jarang update misalkan 1 minggu sekali atau sebulan sekali, akan tetapi tetap mendapatkan pengunjung yang tinggi bahkan cenderung naik. Mengapa? konten yang mereka buat benar – benar lengkap. Sehingga pembaca dengan senang hati membagikan konten tersebut. Secara otomatis mendapatkan backlink yang natural.

Backlink paling berkualitas dan membuat artikel Anda nangkring nomor satu di Google merupakan bakclink yang berasal dari referensi orang lain secara natural. Untuk mendapatkan backlink seperti ini, artikel yang Anda buat harus benar – benar lengkap dan berkualitas.

Kesimpulan :

Jadi, poin yang paling penting agar kita mampu update artikel setiap hari adalah ide yang terus ada dan kemampuan menulis artikel cepat dan berkualitas. Tak lain tujuannya agar artikel yang kita tulis mampu memberikan manfaat dan mendapat rangking terbaik pada mesin pencari.




Updated: June 27, 2017 — 12:41 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap