Ciri Ciri Artikel Yang Berkualitas Untuk Blog Itu Bagaimana?

Ciri - ciri Artikel Berkualitas

Ciri – Ciri Artikel Berkualitas

Kualitas berbanding lurus dengan tingkat kepuasan dan merupakan keinginan mendasar bagi setiap orang. Karena kita tahu bahwa secara naluri hampir setiap orang pasti menginginkan segala sesuatu seperti produk atau jasa memiliki kualitas. Sehingga bagi pihak penulis artikel, pembuat produk, penyedia jasa, pelayanan terhadap konsumen, semuanya sudah tentu berusaha untuk menjaga yang namanya kualitas.

Begitu juga dengan seorang penulis artikel, sudah dapat di pastikan akan selalu berusaha agar artikel yang ditulis mampu memberikan kepuasan kepada pembacanya. Tak peduli apakah Anda penulis profesional atau penulis pemula seperti saya. Keinginan agar bisa membuat artikel yang berkualitas hingga mengetahui ciri – ciri artikel berkualitas adalah prioritas utama.

Bagi pengelola sebuah blog, mengetahui ciri – ciri artikel yang berkualitas dapat membantu kita untuk menilai mana konten yang layak dan mana konten yang tidak layak untuk disajikan kepada publik. Saya rasa teman blogger juga sudah sering mendengar bahwa konten adalah raja, pembaca adalah ukuran utama. Sehingga hal ini sudah sangat erat kaitannya dengan konten berkualitas tadi.

Lalu bagaimana ciri – ciri artikel yang berkualitas itu? berikut ini kita coba bahas mengenai hal ini, dan jika ada tambahan silahkan anda isikan saja pada kolom komentar.

Dilihat dari Segi Fungsinya

Untuk memberikan sebuah penilaian apakah artikel tersebut berkualitas atau tidak, kita harus membagi hal tersebut berdasarkan tujuan dan fungsi dari artikel itu sendiri. Karena jika disatukan semuanya justru akan menjadi sulit bagi kita untuk menentukan artikel seperti apa yang berkualitas berdasarkan tujuan tersebut. Beda fungsi sudah tentu beda karakter dan syarat – syarat artikel nya.

Mudahnya begini. Apakah Anda setuju jika mengukur kualitas artikel itu semuanya sama saja, tidak harus dibedakan. Lalu bagaimana saat artikel blog yang harus ada unsur seo nya, artikel marketing yang mengandung unsur call to actionnya, artikel berita yang tersusun dari 5w 1h, artikel majalah, artikel ilmiah dan lain – lain. Karakter artikelnya sudah jelas sangat berbeda. Sebagai contoh coba kita perhatikan bagaimana artikel pada sebuah majalah, artikel majalah tidak akan memperhatikan SEO bukan?

Biar mudah kita fokuskan saja dulu pada ciri – ciri artikel yang berkualitas untuk tujuan blogging. Dan berikut ini beberapa kriteria yang masuk kedalam ciri – ciri artikel berkualitas.

A. Artikel Lolos copy paste dan Unik

Semakin hari teknologi search engine semakin canggih dalam menentukan kualitas sebuah artikel. Dimana secara garis besar algoritma mesin pencari menentukan artikel berkualitas itu di ukur dari experience.  Faktor user experience yaitu melihat  bagaimana reaksi pembaca ketika membaca artikel Anda. Rekaman jejak pembaca seperti berapa lama artikel Anda dibaca, berapa page web Anda dibuka, kemana selanjutnya user membaca merupakan masukan bagi bot search engine. Ini menurut informasi yang di jelaskan oleh beberapa blogger popular. Untuk kepastiannya kita tidak tahu, sebab masih banyak faktor lain yang menentukan.

Artikel yang berkualitas haruslah original dan bukan merupakan hasil copy paste dari artikel orang lain. Mengcopy artikel orang lain merupakan perbuatan yang tidak etis, seolah – olah kita tidak menghargai karya orang lain.

B. Artikel Dilengkapi Dengan Data Pendukung

Ciri – ciri artikel berkualitas selanjutnya adalah,artikel biasanya dilengkapi dengan data – data pendukung. Data pendukung bisa berupa gambar, grafik, sumber yang jelas dan data lain sebagainya. Ini bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi pembaca. Nah salah satu syarat artikel yang berkualitas juga setidaknya memiliki unsur seperti ini.

Untuk mendapatkan respon yang baik dari para pembaca blog Anda maka buat atau pilihlah artikel yang lengkap dengan data seperti yang saya sebutkan di atas tadi. Dengan cara seperti ini pembaca akan merasa puas dengan apa yang Anda sajikan pada blog. Selain itu link yang merujuk pada sumber yang berkualitas dapat menambahkan kepercayaan bagi pembaca blog Anda.

Apalagi ide dan gagasan pada artikel didukung oleh data penelitian yang lengkap. Tentu pembaca menjadi lebih yakin lagi dengan ide dan gagasan yang disampaikan. Memang terkesan tidak mudah menemukan ciri – ciri artikel seperti ini.

C. Artikel Mudah Dipahami

Artikel berkualitas selanjutnya haruslah memiliki ciri mudah untuk dibaca dan mudah untuk dipahami oleh para pembaca tulisan Anda. Maka dari itu sudah seharusnya artikel yang kita buat memperhatikan kesederhanaan, ditulis dengan penyampaian yang simple dan tidak bertele – tele. Untuk artikel yang terdiri dari ribuan kata haruslah berisi informasi penting semua yang ditulis dengan tata bahasa yang menarik.

Selain itu, artikel yang mudah untuk dipahami biasanya adalah artikel yang ditulis dengan gaya bahasa sederhana sehingga pembaca tidak pusing. Berbeda jika tulisan itu berbelit belit, pembaca akan merasa tak nyaman saat melanjutkan tulisan tersebut. Artikel berkualitas haruslah memperhatikan kenyamanan bagi para membacanya. Semakin mudah artikel anda dibaca maka semakin baik kualitasnya.

D. Artikel Ditulis Menurut Tata Bahasa Yang Baik Dan Benar

Sebuah artikel  akan menjadi lebih berkualitas apabila ditulis dengan menggunakan tata bahasa yang benar. Hal ini memang terkait dengan gaya tulisan seseorang, karena beda penulis sudah tentu beda gaya dan berbeda pula kosakata yang sering di gunakan. Walaupun demikian, Anda tidak perlu pusing memikirkan tentang gaya tulisan, cukup memahami cara penulisan yang benar dan berusaha agar ide yang ada pada artikel tersebut mudah diterima oleh pembaca artikel.

Anda harus menentukan terlebih dahulu tujuan artikel yang dibuat apakah untuk anak muda, anak – anak atau orang dewasa. Apakah artikel hiburan, ilmu pengetahuan ataupun informasi. Alangkah baiknya untuk menghindari bahasa yang terlalu gaul agar profesionalisme anda terjaga dengan baik.

E. Artikel Mengandung Unsur Seo

Jika artikel yang dimaksud adalah untuk sebuah blog maka anda haru memikirkan tentang kata kunci yang ditargetkan. Namun kata kunci jangan terlalu banyak, karena sekarang ini mesin pencari sudah canggih. Selain itu kata kunci yang terlalu banyak biasanya bisa menyebabkan artikel tidak alami dan terkesan memaksakan.

Untuk memastikan kata kunci dalam artikel anda tidak terlalu over maka buatlah artikel yang alami saja tanpa meninggalkan kata kunci yang anda targetkan., sebarkan saja secara alami kata kunci yang ditargetkan dengan memperhatikan kalimat yang tetap enak dibaca. Anda juga harus tahu bahwa sekarang ini algoritma Google sangat canggih dan sangat memperhatikan kepuasan pembaca.  Jadi pastikan artikel memang benar – benar memiliki kualitas tinggi agar bisa bersaing dengan yang lain.

F. Alur Tulisan Tersusun Dengan Baik

Ciri – ciri artikel berkualitas selanjutnya adalah alur tulisan direncanakan dan tersusun sangat baik. Sehingga pembaca bisa menemukan jalan cerita dalam sebuah artikel. Yaitu meliputi pembukaan, pembahasan dan penutup pada sebuah artikel. Artikel seperti ini lebih menarik untuk dibaca dan bisa menambah tingkat engagement pembaca Anda.

Semakin tinggi tingkat engagement pembaca maka skor kualitas artikel anda menjadi semakin baik di mata search engine. Selain itu artikel anda bisa mendapatkan share kembali ke media sosial oleh pembaca yang benar – benar tertarik dengan artikel yang anda sajikan. Jadi sangat banyak sekali keuntungan yang bisa kita dapatkan jika kita mau untuk selalu menyajikan artikel berkualitas pada blog kita..

Bagi Anda yang telah menggunakan jasa seorang penulis, pastikan bahwa syarat – syarat artikel berkualitas harus terpenuhi agar visitor blog Anda semakin meningkat secara terus menerus. Berilah saran pada penulis untuk membuat artikel yang tersusun sehingga enak dibaca dan memberikan pengalaman baik pada visitor Anda,

G. Judul Menarik Dan Relevan

Apa yang anda perhatikan ketika Anda melakukan pencarian artikel di Internet. Sebagian besar akan setuju yang diperhatikan pertama kali adalah judul artikel. Nah artikel yang menarik haruslah disertai dengan judul yang relevan. Karena orang akan melihat judul terlebih dahulu kemudian membaca isi nya. Jadi buatlah judul se menarik mungkin lalu sesuaikan dengan isinya.

Untuk membuat judul yang mantap memang ada beberapa tips nya, Anda bisa mencari informasi tambahan mengenai hal ini agar pengetahuan anda bisa bertambah. Judul yang menarik bisa memberikan efek luar biasa pada artikel Anda. Lagi pula, judul yang menarik akan mengundang klik lebih tinggi di hasil penelusuran dibanding kan dengan judul yang biasa – biasa saja.

H. Memberikan Manfaat Atau Solusi

Perusahaan – perusahaan besar mesin pencari di internet saat ini sangat mengedepankan kepuasan bagi para pengguna internet sehingga algoritma mereka akan di diperbaharui setiap waktu untuk mencapai tujuan tersebut. Nah di sinilah celah nya ketika anda berkeinginan agar artikel anda bisa tampil nomor satu di mesin pencari yaitu buatlah artikel yang benar – benar memberikan manfaat untuk para pembaca blog Anda.

Jika Anda pemain Youtube tentu tahu apa itu audience retention dimana hal ini yang menunjukkan berapa lama video anda di tonton, bagaimana perilaku penonton pada video anda, apakah sering rewind, next pause dan sebagainya. Semakin baik audience retention video Anda maka semakin baik posisinya di Youtube.

Begitu juga dengan artikel pada blog Anda, algoritma mesin pencari bisa dengan mudah mengukur tingkat kepuasan pembaca artikel anda. Nah disinilah pentingnya mengapa artikel berkualitas harus memiliki ciri memberikan manfaat atau solusi untuk pembaca Anda.

Baca juga : Bagi Pemula Berpikir Cara Meningkatkan Visitor Blog

Kesimpulan :

Sekarang kita mengetahui mengapa artikel yang berkualitas itu sangat penting bagi sebuah blog Anda dan mengetahui bagaimana ciri – ciri artikel berkualitas. Maka dari itu, Anda wajib mengetahui apa saja ciri – ciri artikel yang memenuhi syarat kualitas tersebut. Dengan mengetahui ciri – ciri tersebut, diharapkan Anda mampu untuk memilih atau menulis artikel terbaik untuk blog Anda.

Saya yakin mungkin ada sebagian dari anda yang menggunakan jasa penulis untuk blog Anda, nah sampaikan saja pada penulis anda untuk membuat artikel yang sesuai dengan kriteria yang telah anda tetapkan. Dengan penerapan seperti ini anda bisa memenangkan persaingan pada mesin pencari. Semoga artikel ini bisa membantu.




Updated: May 15, 2017 — 4:17 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap