Dasar Manajemen yang Penting Untuk Diterapkan Agar Bisnis Berkembang

Manajemen merupakan suatu proses kegiatan perencanaan, pengarahan, pengorganisasian, pengawasan dengan maksud untuk mencapai tujuan yang efisien. Dengan demikian, agar maksud dan tujuan dari manajemen dapat tercapai, maka kita perlu mengetahui terlebih dahulu apa saja dasar – dasar manajemen yang perlu diterapkan.

Tujuan utama manajemen dalam bisnis sudah tentu untuk mencapai target yang telah diterapkan. Karena sesuai dengan pengertian yang telah dijelaskan diatas tadi. Ada banyak sekali unsur yang menjadi bagian dalam praktiknya.

Selain memahami apa saja unsur yang ada, pelaksanaan yang detail juga penting. Akan tetapi, sebelum merencanakan kegiatan, lebih baik kita memahami secara detail terlebih dahulu apa saja unsur yang perlu di tinjau.

Dasar dasar manajemen

Berikut ini ada beberapa dasar – dasar manajemen yang perlu kita ketahui

1. Manajemen Sumber Daya Manusia

Ada 3 komponen penting ketika ingin melaksanakan manajemen SDM ini.

  1. Personalia
  2. HRD (Human Resources Development)
  3. HRM (Human Resources Manajement)

Selain sumber daya alam, sumber daya manusia juga sangat memegang peranan penting untuk diatur.  Karena faktor inilah yang akan menjadi penentu kesuksesan bisnis Anda dalam jangka panjang.

Sumber daya manusia memang tergantung dari kualitas kesehatan dan pendidikan, akan tetapi, dalam dunia perusahaan masih bisa dibina dengan baik. Tergantung dari bagaimana peranan tertinggi yang mengatur perkembangan SDM yang ada pada perusahaan.

2. Manajemen Produksi

Agar manajemen produksi dapat berjalan dengan baik, maka pendekatan yang paling jitu adalah dengan mengedepankan kepentingan konsumen. Mengapa? Ketika produksi yang dihasilkan mampu dipasarkan dengan baik, tentu kualitas perusahaan akan terus tumbuh.

Manajemen produksi yang baik dapat membuat kegiatan produktif Anda menjadi lebih cepat, efisien dari segi anggaran dan lebih cepat diterima pasar. Itulah mengapa manajemen produksi merupakan bagian dari dasar – dasar manajemen dalam bisnis.

Ada beberapa tahap yang dilakukan ketika melakukan manajemen produksi

A. Tahap perencanaan produksi

Tahap ini merupakan rencana awal proses produksi. Seperti bagaimana kualitas produk yang ingin di buat, apa saja peralatan yang diperlukan, bagaimana perencanaan teknologi yang diterapkan dan lain sebagainya.

Semua perencanaan tentu bertujuan agar produksi memang benar – benar efektif dan dapat memberikan dampak positif bagi perusahaan.

B. Tahap pengendalian produksi

Setelah berhasil membuat rencana produksi, langkah selanjutnya adalah melakukan kegiatan pengendalian produksi. Langkah ini sangat penting agar semua proses yang sudah direncanakan dapat lebih efektif dan efisien dari segi biaya dan waktu.

Pengendalian produksi bisa berupa beberapa poin penting seperti, pembuatan rencana anggaran biaya, pengendalian rinci pekerjaan, membuat time schedule dan lain sebagainya.

Semua kegiatan tersebut sudah tentu bertujuan agar proses produksi lebih efisien dan dapa menghasilkan produk sesuai target yang telah direncanakan pada tahap perencanaan diatas.

C. Tahap pengawasan produksi

Agar semua kegiatan diatas dapat berjalan dengan lancar, perlu pengawasan yang tepat. Perlu tindakan pengawasan agar semua kegiatan tersebut dapat berjalan sesuai dengan target yang telah dibuat sebelumnya.

Target bisa berupa survey atau pun plan yang telah dibuat oleh perusahaan. Langkah ini sangat penting sehingga menjadi poin dasar- dasar manajemen dalam bisnis.

3. Manajemen Pemasaran

Menurut, Buchari Alma (2004 : 130) – Manajemen Pemasaran adalah merencanakan, pengarahan, dan pengawasan seluruh kegiatan pemasaran perusahaan ataupun bagian di pemasaran.

Dengan demikian, proses manajemen pemasaran sangat penting agar nilai ekonomi dapat tercapai sesuai dengan konsep bisnis. Setelah perusahaan memproduksi suatu produk atau jasa, maka perlu pemasaran yang efektif agar faktor nilai ekonomi dapat terwujud dan siklus kegiatan perusahaan dapat terus berjalan dan berkembang pesat.

4. Manajemen Keuangan

Menurut C. Van Horne dan John M. Wachowicz, Jr. dalam buku Fundamentals of Financial Management, manajemen keuangan adalah “Manajemen keuangan berkaitan dengan perolehan, pendanaan, dan manajemen aset dengan didasari beberapa tujuan umum”

Seperti yang dikutip dari artikel situs Wikipedia, manajemen keuangan berhubungan dengan 3 faktor yaitu:

  1. Aktivitas Penggunaan dana yaitu aktivitas penggunaan dana pada beberapa aktiva.
  2. Aktivitas Perolehan dana yaitu aktivitas mengumpulkan dana baik dari internal dan eksternal perusahaan
  3. Aktiva yaitu proses mengendalikan dana yang telah diperoleh agar dapat digunakan secara efisien.

Agar perusahaan dapat berjalan lancar, manajemen keuangan juga memegang peranan yang sama pentingnya dengan manajemen lain.

5. Manajemen Informasi

Manajemen informasi merupakan proses sistem perencanaan bagian dari pengendalian internal berupa pemanfaatan SDM, dokumen, teknologi oleh prosedur akuntansi manajemen. Tujuannya sudah tentu untuk menemukan solusi agar bisnis bisa berjalan dengan lancar, pengambilan strategi dan lain sebagainya.

Informasi dalam bisnis sebenarnya sangat luas, banyak sekali jenis informasi yang bisa diterapkan ketika ingin mengembangkan sebuah perusahaan atau bisnis. Biasanya dikenal juga dengan istilah big data.

Baca juga : Manajemen Bisnis Sebagai Usaha Menuju Keberhasilan

Kesimpulan :

Itulah tadi beberapa penjelasan tentang dasar – dasar manajemen yang perlu kita ketahui. Dengan demikian, kita dapat mengelola perusahaan atau bisnis dengan baik. Semoga artikel ini dapat membantu Anda. Jika ada saran dan ide tambahan, silahkan tulis pada form komentar di bawah ini.

 

 

 

Updated: September 27, 2017 — 5:51 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap