Beberapa Faktor Penting Agar Kegiatan Marketing Berjalan Sukses

Setujukah Anda jika ada pendapat yang mengatakan bahwa sehebat apapun produk tanpa marketing tidak akan menjadi apa – apa. Saya sangat menyetujui tentang hal ini. Marketing merupakan faktor yang sangat penting dalam bisnis. Selain beberapa faktor lain.

Kegiatan marketing dapat berjalan lancar jika ada rencana yang baik. Inilah yang sering disebut dengan merencanakan strategi marketing. Strategi marketing dapat diambil dari berbagai contoh yang ada, belajar dari perusahaan lain atau belajar dari pengalaman orang lain.

Agar usaha dapat berjalan dengan sukses, berikut ini ada beberapa poin yang juga memegang peranan.

  1. Faktor kualitas produksi yang bertujuan mendapat kepercayaan konsumen.
  2. Faktor manajemen keuangan.
  3. Mengatur strategi keuangan untuk kegiatan marketing dengan tepat.
  4. Faktor SDM dan SDA.

Faktor penting marketing

Dengan mengetahui faktor yang paling berpengaruh dalam kegiatan marketing ternyata dapat membantu kita menjadi lebih pintar ketika membuat keputusan.

Analisa produk atau jasa Anda terhadap pasar yang ada

Contoh mudahnya begini, apakah tepat jika Anda mempromosikan produk fashion olah raga pada orang yang hobinya bermain musik

Tentu jawabannya tidak, kecuali si pemusik hobi olah raga. Nah pertanyaan selanjutnya adalah, Lalu, pada siapa promosi yang paling tepat. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, di lakukanlah analisa secara detail. Analisa bertujuan untuk menemukan target market yang tepat.

Target market yang tepat dapat membuat kegiatan marketing Anda menjadi lebih efektif dan efisien. Efeknya, keuangan perusahaan dapat berjalan lancar dan memberikan kesehatan bagi perusahaan.

Secara garis besar, semua pelaku marketing memahami apa yang harus dilakukan. Akan tetapi, jika pelaku marketing membuat perencanaan diatas kertas. Tentu dampaknya akan sangat luar biasa.

Buat catatan yang detail, siapa, kemana, dan bagaimana perilaku konsumen yang dijadikan target promosi.

Faktor Memilih metode iklan yang tepat

Secara garis besar, Ada 2 media yang paling umum digunakan. Yaitu media ofline dan online. Namun tahukah Anda bahwa sekarang ini banyak sekali perusahaan yang sudah memanfaatkan internet sebagai media iklan.

Banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan ketika Anda memanfaatkan media online untuk promosi.

  1. Target audien dapat ditentukan berdasarkan minat, usia, demografi dan lain sebagainya.
  2. Budget dapat diatur dengan sangat mudah dan fleksibel
  3. Transparansi yang jelas.
  4. Teknologi mutakhir
  5. Menguasai semua pengguna internet
  6. Dan segudang manfaat lainnya.

Media konvensional juga tak kalah menarik. Akan tetapi, jika dilihat dari pertumbuhan pengguna internet. Anda tentu akan berpikir dua kali betapa besarnya peluang yang ada. Tempat atau jasa pemasangan iklan yang paling terkenal dan memiliki teknologi paling canggih yaitu dari perusahaan Google yang disebut Google Adword.

Selain menggunakan jasa platform terkenal sedunia diatas, masih ada metode lain, yaitu melalui media blog pribadi, media sosial atau melalui televisi.

Faktor analisa harga

Ketika melakukan kegiatan marketing, tentu kita harus pintar untuk bersaing dengan yang lain. Terutama bagi Anda yang bergerak dibidang jasa atau produksi dengan tingkat kompetisi yang tidak mudah.

Analisa harga sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan. Terutama bagi Anda yang memiliki background ekonomi. Anda dapat menghitung biaya produksi, biaya operasional dan biaya promosi. Dari perhitungan tersebut Anda dapat meneliti dan menentukan harga yang tepat.

Coba cermati harga – harga para kompetitor Anda. Teliti semua yang ada dan cobalah ambil keputusan berdasarkan analisa yang telah Anda buat.

Faktor manajemen marketing

Pada kegiatan manajemen terdapat beberapa cabang. Salah satunya adalah manajemen pemasaran. Kegiatan manajemen pemasaran merupakan bidang yang juga mengurus kegiatan marketing.

Manajemen artinya mengatur dan tujuan mengatur tentu agar semuanya dapat berjalan lancar sesuai rencana. Dengan demikian, jika manajemen marketing dapat Anda atur dengan baik, maka kegiatan marketing Anda akan sukses.

Sebenarnya poin – poin yang ada diatas termasuk kedalam kegiatan manajemen. Anda dapat mempelajari lebih detail mengenai manajemen bagian marketing di internet. Yang penting Anda juga harus memiliki pemikiran sendiri. Jangan diterima semua, pilih metode dan strategi terbaik bagi Anda.

Baca juga : Belajar Marketing Bisnis dan Alasan Mengapa Hal Ini Sangat Penting

Itulah tadi penjelasan sederhana beberapa faktor yang dapat menentukan kesuksesan kegiatan marketing Anda. Semoga artikel ini dapat memberikan gambaran yang bisa membantu Anda sukses menjalankan usaha. Jika ada pendapat dan ide lain, silahkan tulis pada form komentar dibawah ini. Salam sukses selalu.

Updated: December 7, 2017 — 5:22 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap