Hal Yang Sering Mengganggu Aktivitas Blogging Dan Cara Mengatasinya

Menjaga produktivitas dalam aktivitas blogging

Daya konsentrasi dan konsistensi merupakan suatu hal yang  sangat di butuhkan oleh seorang  pemilik blog. Ketika seseorang mampu mempertahankan fokus pada  sebuah pekerjaan yang sedang di jalani, maka sudah tentu pekerjaannya pun akan terselesaikan dengan benar. Untuk itu sudah saatnya kita mendeteksi kira – kira gangguan seperti apa yang sering mengacaukan aktivitas blogging. Kemudian lakukan perubahan agar gangguan tersebut bisa di hilangkan.

Menurut Saya terkadang orang tidak menyadari bahwa konsentrasi dirinya sedang terganggu,  Seperti tanpa sadar kita telah berubah fokus dari sebelumnya. Seperti yang sering Saya alami, dimana ketika sedang menulis sebuah artikel tiba – tiba tanpa sadar terfokus pada media sosial, akibatnya artikel yang sedang di kerjakan tidak selesai.

Berikut ini ada beberapa gangguan yang sering di kita hadapi saat melakukan aktivitas blogging. Dengan mengetahui apa saja yang mengganggu di harapkan kita dapat mendeteksi dan mengurangi pengaruh gangguan tersebut.

# Tidak Bisa Mengatur Waktu

Jika kita memiliki profesi sebagai pekerja kantoran selain blog, maka kemampuan dalam mengelola waktu sangat di butuhkan sehingga tidak mengganggu prioritas blogging Anda tanpa mengabaikan pekerjaan kantor. Cobalah untuk membuat list kegiatan yang teratur dan tidak terlalu banyak menguras tenaga Anda. Dengan demikian aktivitas blogging bisa ter-jadwal dengan baik.

Jangan asal – asalan untuk keluar dari pekerjaan kantor jika belum menghasilkan dari blog. Utamakan pekerjaan Anda yang ada terlebih dahulu. Aktivitas blog bisa di buat jadwalnya tersendiri. Luangkan waktu sejenak untuk membuat map atau peta perjalanan blog Anda. Buat rencana secara terperinci. Selanjutnya praktik dan praktik lalu jangan lupa untuk selalu berdoa.

# Rasa Malas

Rasa malas merupakan faktor unik yang sebenarnya bisa di atasi dalam hitungan menit. Anda hanya butuh sedikit tips motivasi untuk bisa kembali semangat dalam melakukan aktivitas. Tidak hanya terbatas pada dunia blogging saja, kegiatan rutinitas lainnya juga terkadang terkena efek ini. Nah untuk bisa menghilangkan rasa malas. Coba baca dan cari panduan tentang cara meningkatkan kembali semangat Anda. Dalam jenis kegiatan apapun. Atau Anda memiliki teknik tertentu yang mampu membangkitkan semangat Anda untuk kembali melakukan kegiatan blogging.

# Suara Pemberitahuan Pada Gadget

Suara – suara pemberitahuan yang di hasilkan pesan masuk atau lain sebagainya bisa mengganggu konsentrasi saat melakukan aktivitas blogging.  Terkadang tanpa sadar kita meladeni keasyikan bermain media sosial atau saling berbalas pesan. Nah untuk mengatasi ini coba singkirkan terlebih dahulu dengan cara menghilangkan suaranya atau memutuskan sementara koneksi internet nya.  Dengan cara seperti itu, aktivitas utama seperti menulis artikel bisa berjalan dengan lancar.

# Media Televisi Yang Ada Di Sekitar Tempat Aktivitas Blogging.

Jika ada televisi di sekitar Anda, Anda harus mampu untuk tetap konsentrasi saat melakukan aktivitas blogging. Yang sulitnya itu terkadang ada perkataan menarik perhatian, tanpa sadar yang sebelumnya sedang asyik menulis malah jadi menonton televisi. Nah untuk mengatasi hal ini bisa dengan cara selalu ingat untuk tetap fokus pada apa yang sedang Anda kerjakan. Misalkan Anda sedang melakukan promosi, maka teruslah fokus pada kegiatan tersebut. Kan tidak mungkin untuk memindahkan televisi ke tempat lain jika ruang kerja Anda dekat dengan ruang televisi keluarga.

# Telefon Dari Teman, Pacar Atau Saudara

Menerima telefon  juga termasuk yang sering mengganggu aktivitas blogging, jika memang tidak penting cobalah untuk mengangkat sebentar lalu katakan jam berapa Anda bisa kembali menerima telefon.  Diharapkan dengan cara ini, ide yang muncul sebelumnya tidak hilang. Jadi Anda bisa meneruskan kembali aktivitas sebelumnya.

# Suara Yang Datang Dari Sekitar Anda

Untuk mengatasi hal ini salah satu strategi yang paling jitu adalah latihan fokus dan mengabaikan. mungkin untuk pertama kali Anda akan merasa sulit untuk fokus ketika mendengar suara yang keras dari sekitar Anda, entah itu musik dan lain sebagainya. Tetapi jika Anda bisa untuk tetap fokus, lama kelamaan kemampuan Anda untuk mengabaikan suara dari lingkungan bisa di atasi. Anda akan tetap mampu untuk terus fokus dalam kegiatan Anda.

Kesimpulan dari penjelasan di atas sebenarnya bisa kita atasi dengan beberapa tips Berikut ini yang mungkin bisa di terapkan agar aktivitas blog bisa berjalan dengan lancar.

  • Buatlah jadwal kegiatan yang jelas.
  • Buat tulisan besar yang mudah dilihat untuk mengembalikan fokus Anda ketika fokus ter alihkan.
  • Selalu tinjau ulang hasil kerja Anda seminggu sekali atau sebulan sekali, sudahkah efektif?
  • Perbaiki jadwal jika di rasa ada yang perlu di perbaiki.
  • Usahakan memegang prinsip praktik dan praktik.
  • Niat untuk memberikan manfaat dan solusi bagi pembaca.

Semakin fokus Anda pada pekerjaan maka hasilnya mudah – mudahan bisa semakin baik. Untuk itu tetap deteksi kira – kira apa saja hal yang mengurangi produktivitas Anda. Produktivitas berbanding lurus dengan hasil yang akan Anda peroleh. Sehingga jika memang bisa memaksimalkan waktu yang produktif dalam menulis artikel, maka bukan tidak mungkin Anda bisa menghasilkan 3 artikel atau lebih setiap hari, tentunya merupakan hasil dari karya Anda sendiri.

Semoga dengan penjelasan di atas dapat membantu Anda semua ketika menjalani aktivitas blogging. Saya sendiri masih baru dalam dunia blog dan memang benar, terkadang ada sedikit gangguan, tetapi Saya selalu berusaha untuk tetap pada jadwal yang telah di buat. Jika ada saran dan masukan silahkan tinggalkan di kolom komentar untuk diskusi.

Updated: January 17, 2017 — 1:09 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap