7 Ide Bisnis yang Memiliki Prospek Jangka Panjang dan Menjanjikan

Kamu dapat menentukan apakah sebuah usaha memiliki prospek atau tidak adalah dengan cara melihat bagaimana perkembangannya dari waktu ke waktu. Analisa seperti ini sangat penting kamu lakukan dengan tujuan usaha yang kamu pilih dapat bertahan dan terus mengalami pertumbuhan.

Internet sekarang ini sudah sangat membantu, kamu bisa mencoba browsing informasi tentang analisis ekonomi, kamu bisa membaca tentang data statistik yang dibuat oleh badan statisitik. Jadi kamu bisa mengumpulkan informasi sebanyak – banyak nya terlebih dahulu sebelum kamu memutuskan untuk memilih jenis usaha seperti apa yang ingin kamu jalankan.

Berikut ini bakal kita bahas apa saja peluang usah ayang bisa kamu garap. Jika kamu ada ide tambahan, silahkan kamu tulis pada form komentar dibawah ini.

Ide Bisnis prospek cerah

1. Usaha dibidang kuliner

Usaha dibidang kuliner memang sudah pasti akan terus mengalami pertumbuhan. Kamu pasti tahu alasannya. Setiap orang pasti butuh makanan, entah itu makanan pokok atau makanan siap saji apalagi bagi orang yang sibuk.

Peluang bisnis kuliner memiliki prospek yang sangat cerah jika kamu berada di daerah padat penduduk. Terutama didaerah kompleks karyawan, kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan baik. Usaha ini bisa kamu jalankan dari rumah tanpa harus membangun tempat yang besar.

Jika kamu berada di daerah kompleks karyawan, kamu bisa membuka usaha katering. Bisanya karyawan tidak sempat memasang. Mereka cenderung membeli makanan di warung. Nah jika kamu pintar melobi, kamu bisa membuka jasa katering dengan menyediakan makanan siap saji untuk mereka.

Selain usaha katering, kamu bisa mencoba memproduksi berbagai jenis olahan sendiri. Kamu bisa membuat beraneka macam jenis kue basah atau kering, kerupuk, keripik dan berbagai jenis olahan lain.

Kuncinya ada pada rasa dan layanan kamu. Jika produk yang kamu hasilkan bisa diserap dengan baik oleh masyarakat, tugas kamu selanjutnya memperbesar skalanya saja.

2. Usaha dibidang industri kreatif

Jika kamu orang yang ulet dan memiliki bakat dibidang kerajinan. Usaha jenis ini merupakan model bisnis yang cocok untuk kamu jalankan. Kamu tentu sering mendengar kisah sukses dari orang – orang yang bergelut dibidang ini. Coba kamu ambil pelajaran dari mereka. Temukan apa yang bisa kamu manfaatkan dan dijadikan sebagai peluang usaha.

Mengapa usaha industri kreatif masuk dalam daftar? Bisnis kreatif merupakan bisnis yang memiliki prospek manca negara. Dengan syarat hasil produksi kerajinan yang Anda buat memiliki daya saing dengan produk dari luar negeri.

3. Usaha pada bidang properti

Perkembangan penduduk Indonesia sekarang ini terus tumbuh mengalami pertumbuhan yang pesat. Hal ini tentu membuat kamu mengerti bahwa kebutuhan tempat tinggal juga akan ikut mengalami pertumbuhan. Dengan demikian, usaha yang memiliki prospek berikutnya adalah usaha dibidang bisnis properti.

Walaupun bidang properti cenderung membutuhkan pengalaman dan mental yang kuat, akan tetapi setidaknya kita bisa belajar dari cerita dan pengalaman orang yang lebih dahulu terjun dibidang properti. Kamu bisa mencari buku panduan properti yang lengkap mengajarkan kamu step by step bagaimana cara memulainya.

4. Usaha bidang pendidikan

Usaha yang terus mengalami pertumbuhan selanjutnya adalah usaha di bidang pendidikan. Usaha pada bidang ini meliputi membuka bimbingan belajar atau kursus, menyediakan berbagai macam peralatan pendidikan dll.

Kemajuan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat tergantung dari tingkat pendidikan yang dijalankan. Jika pendidikan yang diterapkan berkualitas, sudah tentu penduduknya juga berkualitas. Prinsip inilah yang menjadi perhatian serius bagi pemerintah.

Jika kamu berbakat dibidang pendidikan, kamu bisa mencoba membuka usaha dengan cara membuka bimbel. Terutama bagi kamu yang benar – benar menguasai bidang tertentu. Kamu dapat memulainya dengan tekat yang tulus. Yang penting agar kamu semangat ketika menjalani usaha, maka kamu harus memilih usah ayang sesuai dengan bakat dan kemampuan kamu.

5. Usaha sektor otomotif

Kamu pasti tahu bagaimana kemacetan Jakarta, dari sini kamu bisa melihat bahwa pertumbuhan pengguna kendaraan terus mengalami peningkatan. Hal ini juga membuktikan adanya peningkatan kesejahteraan masyarakat.  Apalagi dengan adanya kebijakan kredit dengan suku bunga yang kompetitif.

Jika kamu berada di pusat keramaian, kamu bisa bergelut dibidang Otomotif seperti membuka usaha bengkel sendiri, membuka dealer, modifikasi dll. Peluang usaha ini terbilang memiliki prospek yang sangat bagus untuk dijalankan.

6. Usaha bidang pariwisata

Pariwisata juga merupakan bidang usaha yang memiliki prospek yang cukup cerah di masa yang akan datang. Mengapa? Coba saja kamu analisa, negara kita merupakan negara kepulauan dan memiliki iklim tropis. Sudah tentu memiliki banyak sekali tempat wisata. Apalagi didukung oleh kebijakan untuk membuat negara kita menjadi objek wisata terbaik.

Kita dapat melihat dari data yang ada bahwa jumlah wisatawan dari manca negara yang datang ke Indonesia terus mengalami peningkatan. Nah kamu bisa mencoba melirik usaha dibidang ini jika kamu memiliki niat dan bakat yang kuat.

7. Usaha pada sektor online

Jika kamu memiliki bakat dibidang marketing, kamu bisa melirik beberapa kesempatan bisnis online. Banyak sekali peluang yang bisa kamu garap. Kamu bisa menjual produk kamu sendiri atau produk orang lain. Ada beberapa istilah dalam bisnis online seperti dropsiher, affiliate marketing, publisher dll. Kamu pelajari terlebih dahulu ilmunya sampai kamu mahir.

Pertumbuhan pengguna internet yang ada di Indonesia terbilang sangat tinggi. Dari data yang dirilis oleh beberapa badan research mengatakan bahwa pengguna internet Indonesia sudah mengalahkan jepang. Ini berarti indonesia memiliki potensi bisnis online yang bagus.

Kamu bisa memanfaatkan media sosial untuk promosi. Atau kamu bisa ikut berjualan menjadi dropsiher di beberapa situs e-commerce. Coba kamu pelajari bagaimana cara menjual produk sendiri lewat media sosial dan toko market place.

Baca juga : 17 Contoh Peluang Usaha di Desa atau Kampung yang Menjanjikan

Kesimpulan :

Beberapa ide diatas sebenarnya hanya sebagian saja. Kamu bisa menemukan ide – ide usaha lainnya dengan cara melakukan beberapa analisa yang lebih jauh. Apapun usaha yang kamu jalankan semuanya tergantung dari pilihan kamu sendiri. Sehingga, perlu analisa yang matang agar kamu tepat dalam memilih jenis usaha. Semoga artikel ini dapat membantu bagi kamu yang ingin menemukan ide bisnis dengan prospek cerah dimasa yang akan datang. Salam sukses selalu.




Updated: August 22, 2017 — 8:31 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap