7 Ide Bisnis yang Menarik Untuk Dijadikan Usaha Sampingan

Harga bahan untuk kebutuhan pokok serta biaya hidup lainnya semakin hari semakin naik. Belum lagi zaman teknologi modern sekarang ini membuat kita mengeluarkan biaya tambahan lainnya. Sementara itu, gaji yang kita dapat dari kerja kantoran atau kerja lainnya masih sama saja.

Untuk mengatasi masalah ini maka kita perlu mencari solusi terbaik agar kebutuhan tersebut mampu kita penuhi. Salah satunya adalah dengan membuka usaha sampingan.

Bagi Anda yang memiliki waktu luang setelah bekerja, tentu  ada baiknya mencoba usaha sampingan. Yakni dengan memanfaatkan waktu luang Anda untuk membuka usaha.

Tidak ada kata gagal dalam usaha sampingan karena memang dianggap sebagai usaha sampingan saja. Justru dengan melatih membuka usaha sampingan, Anda melatih diri menjadi seorang entrepreneur.

Baca juga : 43 Contoh Usaha Sampingan Modal Kecil yang Sangat Menjanjikan

Ide bisnis sebagai usaha sampingan

1. Membuka toko di market place bisnis otomatis zaman modern

Tahukah Anda bahwa sekarang ini trend belanja sudah berubah ke teknologi online?

Trend ini akan terus mengalami peningkatan lho.

Masyarakat tidak lagi perlu antri, macet ria dijalan raya, atau kehujanan saat ingin belanja. Cukup dengan perangkat smartphone, mereka sudah bisa belanja online.

Disini-lah letak peluang yang paling menggiurkan seandainya kita mahir. Caranya adalah dengan membuka toko Anda sendiri di market place seperti bukalapak dan tokopedia. Jual produk Anda disana.

Jika Anda belum memiliki produk, tidak perlu khawatir karena ada teknik bisnis tanpa perlu memiliki produk yaitu menjadi dropshiper. Bisnis dropship akan dijelaskan pada poin berikutnya.

2. Tidak memiliki produk? Bisnis dropship solusinya

Dropship merupakan metode berbisnis online dimana penjual tidak perlu memiliki stok barang. Sebagai penjual Anda hanya bertugas  meneruskan pesanan konsumen ke suplier. Selanjutnya proses pengiriman akan dilakukan oleh suplier Anda.

Sangat menarik bukan?

Keuntungan yang didapat yaitu harga jual produk dikurangi harga suplier. Misalkan Anda menjual produk seharga Rp 200.000 dan suplier memberikan harga pada Anda adalah Rp 150.000, maka Anda mendapatkan keuntungan sebesar Rp 50.000.

Gunakan marketplace besar untuk menjalankan bisnis  model ini, cari suplier yang benar- benar dapat dipercaya. Cara tersebut dapat membuat bisnis sampingan Anda terus berkembang.

3.  Bisnis jenis Pre-Order juga tanpa perlu stok barang

Sebenarnya peluang bisnis dengan modal minim sangat banyak. Seperti bisnis dengan sistem pre order.

Sistem pre-order adalah dimana pembeli melakukan pembayaran di muka terlebih dahulu sebelum barang jadi atau dengan kata lain barang sudah dipesan walaupun masih dalam tahap pembuatan.

Sistem pre-order yang aman dan dapat dipercaya tentu harus menggunakan marketplace. Anda dapat menggunakan e-commerce besar seperti tokopedia dan bukalapak untuk menjual barang dengan sistem pre-order.

Kenapa harus dengan e commerce?

Menurut penulis, sistem pembayaran di website e-commerce sangat aman. Sehingga konsumen dapat percaya dengan jasa yang ditawarkan.

Banyak sekali jenis produk yang bisa Anda jadikan bisnis sistem pre-order. Bahkan produk seperti smartphone saja sering kita temui dijual dengan sistem pre-order. So, peluang bisnis ini sangat menjanjikan.

Kunci keberhasilan di bisnis ini adalah :

  • Anda harus mampu menganalisa pasar
  • Mampu memilih kategori produk yang paling banyak di cari
  • Melayani konsumen dengan sepenuh hati
  • Mengedepankan kepentingan konsumen

4.  Menjadi agen properti tanpa modal juga bisa dijalankan sebagai usaha sampingan

Padahal bisnis properti itu bisnis bergengsi. Jika sudah mahir, pendapatannya bisa sangat tinggi. Mengapa? Setelah memiliki pengalaman yang cukup pada bidang properti, Anda akan mengetahui tata cara membangun properti.

Dari pengalaman tersebut, keuntungan pun bisa diraih dan bahkan Anda bisa menjadi seorang developer properti terkenal.

Apakah bisa menjalankan bisnis properti tanpa modal?

Dari beberapa sumber yang penulis kutip. Menjalankan bisnis properti tanpa modal bisa diawali dengan cara menjadi agen terlebih dahulu. Dengan kata lain, Anda menjadi sales properti pada developer disekitar lokasi Anda.

100 persen tanpa modal sih tidak, Anda tetap membutuhkan ongkos untuk biaya seperti :

  • Ongkos transportasi
  • Promosi online jika Anda berminat
  • Biaya pulsa untuk komunikasi ke calon konsumen
  • Dll

Namun, secara garis besar modal yang Anda keluarkan tidak begitu tinggi jika dibanding Anda membuat sendiri properti tersebut.

Untuk mengawali bisnis properti, Anda dapat belajar langsung dengan cara bergabung bersama para developer dan para makelar properti.

Bisnis properti akan terus mengalami pertumbuhan dari waktu ke waktu. Hal ini karena pertumbuhan jumlah penduduk terus mengalami peningkatan.

5. Bisnis ternak dengan bermacam jenisnya

Jika Anda hobi beternak, tidak ada salahnya mencoba berbagai jenis peternakan. Secara umum bisnis ternak ada yang membutuhkan waktu full ada pula yang tidak.

Nah, Anda bisa mencari model peternakan yang bisa dijalankan secara sampingan. Misalkan ternak ayam kampung, ternak ikan hias, ternak ikan konsumsi warung. Ternak jenis tersebut dapat dijalankan sampingan. Setelah berkembang, Anda dapat menambah tenaga kerja untuk menambah skala produksi.

Bisnis ternak yang berhasil yaitu bisnis yang mampu mengambil potensi pasar. Anda harus mahir mencari jenis hewan ternak yang memiliki harga tinggi dan jumlah permintaan yang banyak.

Lakukan survey terlebih dahulu, cari tahu terlebih dahulu harga pasar, jumlah permintaan, agen penampung dan lain sebagainya. Catat secara rinci agar Anda dapat melakukan perhitungan apakah bisnis ternak dijalankan atau tidak.

6. Jasa konten writer juga sangat menjanjikan

Banyak tulisan yang terbit secara online sekarang ini merupakan hasil tulisan dari para pembuat konten.

Tahukah Anda bahwa ada satu miliar lebih artikel yang terbit setiap hari internet? Nah ini merupakan peluang yang sangat bagus jika Anda mau menjadi seorang konten writer.

Anda dapat mencari lowongan untuk menjadi penulis online tersebut pada beberapa situs pencari kerja. Cari mereka yang membutuhkan jasa penulis. Pendapatan dari jasa penulis konten juga lumayan.

7. Jualan foto secara Online

Apakah Anda hobi fotografi? Ada tiga peluang yang bisa Anda dapat kan sekaligus. Apa saja?

  • Menjual foto secara online
  • Menawarkan jasa fotografi secara online
  • Jasa editing foto secara online

Manfaatkan hobi Anda tersebut untuk dijadikan bisnis. Anda dapat menjual foto hasil jepretan kamera Anda pada situs foto seperti shutterstock.com dan beberapa situs pembeli foto lainnya.

Agar sukses menjadi seorang fotografer, explore dan pelajari lebih jauh bagaimana cara menjadi seorang fotografer handal.

Baca juga : Bisnis Online yang Menjanjikan dan Bisa Dikerjakan Sampingan

Itulah tadi beberapa peluang usaha sampingan yang bisa Anda coba jika Anda memiliki waktu luang. Semoga dengan artikel ini Anda dapat memperoleh ide bisnis yang menarik untuk dijadikan usaha sampingan Anda.

Salam sukses selalu.

Updated: May 5, 2018 — 3:21 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap