Ingin Agar Setiap Hari Ada Ide? Berikut Tips yang Bisa Kamu Coba

Mendapatkan ide

Apakah sekarang kamu sedang mencari ide untuk membuat sesuatu? Entah itu ide untuk menulis artikel, ide untuk usaha, atau ide – ide apapun yang kamu butuhkan sesuai dengan bidang yang sedang ingin kamu kerjakan sekarang ini.

Kabar baiknya, ide bisa kita pancing dan kita cari.

Memang benar, ada yang berpendapat ide sama seperti ilham, datang saat – saat tertentu. Tapi, sebenarnya ide bisa kita cari dengan cara melakukan kegiatan yang merangsang daya pikir.

Oke, berikut ini ada beberapa cara yang bisa kamu coba ketika kamu ingin menemukan ide baru

1. Perhatikan Lingkungan Sekitar Kamu

Langkah pertama, kamu bisa mencoba mencari ide dengan cara memperhatikan lingkungan.

Jangan remehkan ide – ide kecil. Mengapa? Hal kecil yang justru terkadang dianggap sepele bisa menjadi sebuah ide besar lho. Terutama bagi seorang penulis, ide kecil bisa dikembangkan menjadi sebuah tulisan yang bermanfaat.

Sebagai contoh bagi seorang pebisnis, kamu bisa memperhatikan roda perekonomian, kamu bisa melihat bagaimana arus ekonomi yang sedang terjadi di daerah kamu.

Misalkan ketika kamu sedang liburan, coba perhatikan para pedagang, toko – toko yang ada, aapun itu kamu bisa ambil sebagai bahan ide.

Ide terkadang muncul karena adanya hubungan antara satu pikiran dengan pikiran lain. Kamu bisa saja menghubungkan hasil pengamatan yang telah kamu lakukan menjadi satu. Muncul sebuah kesimpulan berupa ide

2. Perbanyak Wawasan Kamu Dengan Cara Berikut Ini

Kamu membaca artikel ini berarti sedang memanfaatkan teknologi internet untuk menimba ilmu. Nah, itu sudah menjadi langkah yang tepat karena kamu tengah menambah wawasan yang kamu miliki.

Ide bisa datang ketika kamu menggabungkan wawasan menjadi satu kesimpulan utuh. Muncul sebuah gambaran besar mengenai sesuatu hal yang baru yang disebut sebagai ide.

Sekarang ini teknologi sudah sangat memudahkan kita menemukan berbagai jenis ilmu pengetahuan. Tergantung dari cara kita menggunakan teknologi tersebut.

Misalkan kamu menggunakan Handphone kamu untuk hal – hal yang positif, tentu dampak positif yang akan kamu dapatkan. Kamu bisa belajar sesuatu hal sesuai dengan hobi dan bakat kamu, seperti degan membaca konten di situs lokal atau luar negeri.

Jadi, manfaatkan teknologi untuk menambah wawasan. Bukan hanya dari internet, kamu bisa memanfaatkan media lain seperti televisi yang menyajikan acara ilmu pengetahuan. Selain itu, kamu bisa menambah wawasan dengan rajin membaca di perpustakaan.

3. Cari Suasana Santai

Ada yang berpendapat bahwa untuk mendapatkan ide haruslah santai. Hal ini benar dan saat santai biasanya ide sering muncul.

Bagaimana caranya?

Itu semua tergantung bagaimana kebiasaan kamu. Tentu kamu mengetahui apa saja yang membuat kamu santai dan rilex. Bisa jadi sambil olah raga maraton, mendengarkan musik, bermain alat musik kesukaan kamu, tamasya dan lain sebagainya.

Saat tersebut biasanya akan mendatangkan banyak sekali ide brilian. Silahkan kamu coba luangkan waktu sejenak untuk mencari suasana tersebut.

Nah agar ide kamu tetap terjaga, bawa catatan kecil di saku kamu beserta alat tulis. Tujuannya agar kamu dapat mencatat ide kamu dan membacanya kembali jika kamu tidak ingat.

4. Bersosial

Manusia merupakan makhluk sosial. Dari kegiatan sosial seperti komunikasi dapat membuat pikiran semakin pintar. Cara ini juga akan memancing ide baru muncul. Kamu bisa saja mengikuti kegiatan sosial yang ada disekitar kamu, ikut gotong royong atau kegiatan – kegiatan sosial yang ada.

Dengan cara tersebut, ide dapat datang tanpa disengaja. Kemudian catat segera ide yang telah kamu dapatkan tersebut lalu terapkan dan coba kembangkan.

Terkadang ada beberapa pembicaraan dengan sesama mendatangkan pemikiran yang baru. Tentu makin banyak pikiran yang dibicarakan semakin baik.

Baca juga : Masihkah Anda Mencari Ide Bisnis? Berikut Ini Tips yang Bisa Anda coba

Kesimpulan :

Ada banyak sekali cara yang bisa kamu lakukan ketika ingin menemukan ide baru ataupun ide untuk inovasi kegiatan kamu. Cara tersebut diatas hanyalah sebagai gambaran saja. Penulis yakin bahwa kamu bisa menemukan metode terbaik yang sesuai dengan kepribadian kamu.

Bagaimana pendapatnya? Jika ada tambahan ataupun pertanyaan, silahkan tulis pada form komentar dibawah ini. Terimakasih dan salam sukses selalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap