Ingin Bisnis Rental Mobil? Berikut Tips Memulainya

bisnis rental mobil

Di era sekarang ini, alat transportasi sudah menjadi hal yang penting di negara ini. Hal tersebut menjadikan banyak orang untuk mengambil peluang dari fakta ini. Salah satunya adalah bisnis rental mobil yang tidak akan mati khususnya di Indonesia. Mulai dari mobil rekreasi sampai mobil untuk bisnis atau pribadi pun menjadikan mobil sebagai kendaraan utama orang-orang Indonesia saat ini.

Selain itu, dengan adanya peluang ini masyarakat pun terbantu dari segi ekonomi. Mereka yang mempunyai keterampilan menyetir dapat dengan mudah menjadi driver atau ojek online mobil. Tentunya sangat membantu mengurangi angka pengangguran di negara kita ini.

Hal ini juga menjadi peluang besar bagi para pengusaha rental mobil. Nah, untuk Anda yang ingin memulai bisnis rental mobil yang tidak akan pernah mati ini tentunya dengan modal yang tidak terlalu besar, Anda bisa simak tips-tips berikut.

Pilih Mobil yang Banyak Dicari atau Diminati

Jika Anda memilih bisnis rental mobil ini, tentunya Anda harus mempunyai mobil untuk disewakan. Namun, sebelum membeli mobil Anda perlu memilah-milah mobil mana yang sekarang banyak dicari atau diminati di daerah tempat Anda tinggal atau daerah dimana Anda akan membuka office rental mobil Anda.

Biasanya orang-orang akan cenderung merental mobil yang dapat membawa banyak orang dan paling terpenting irit bahan bakar. Biasanya semacam Gran Max, Xenia, Innova, Avanza, atau yang lainnya yang sekiranya dapat menampung orang dalam jumlah cukup besar.

Setelah Anda menentukan jenis mobil yang akan Anda beli, Anda dapat segera menentukan harga sewa untuk permobilnya. Tentunya dengan mempertimbangkan merk mobil dan juga kebutuhan.

Hindari Membeli Mobil Bekas

Mobil bekas atau second biasanya memang terkenal lebih murah. Namun untuk diterapkan pada bisnis ini dirasa kurang cocok. Karena, dengan memilih mobil yang baru dan model terbaru akan membuat bisnis Anda ini menjadi nilai lebih dimata pelanggan Anda.

Selain itu, hal ini membuat pelanggan Anda merasa aman dan nyaman. Manfaat lain dari memilih mobil baru karena hemat pada perawatan mobil. Karena mesin mobil bekas atau second  kadang justru banyak perbaikan dan akan sering sekali masuk keluar bengkel.

Beli Mobil Dengan Cara Kredit

Kadang usaha mempunyai faktor penghambat terbesar yaitu tidak lain adalah modal. Ya, modal kadang menjadi alasan utama mengapa seseorang menunda untuk memulai usaha ataupun ingin mengembangkan usahanya. Pada bisnis rental mobil ini, Anda yang terkendala oleh biaya khususnya dapat melakukan tips atau cara yang satu ini. Yaitu dengan cara kredit.

Untuk biaya cicilannya, Anda dapat mengambil pendapatan dari sebagian hasil sewa mobil. Dengan begitu, tentunya Anda akan tidak merasa terbebani dengan cicilan yang harus Anda bayar setiap bulannya.

Namun, jika Anda memiliki modal yang cukup tidak ada salahnya Anda membeli mobil baru. Justru itu akan membuat Anda terhindar dari resiko. Karena seperti kita ketahui bahwa bisnis kadang mengalami naik turun atau pasang surut jadi kita juga harus siap dengan setiap resiko. Jika mobil Anda beli dengan cara kontan maka setidaknya dapat mengurangi beban Anda.

Tetapkan Regulasi

Dalam bisnis rental mobil regulasi amatlah penting. Resiko yang ditimbulkan dari penyewaan kadang bahkan sering sekali terjadi bahkan sampai kadang resiko terbesarnya adalah Anda mengalami kehilangan mobil. Nah, untuk menghindari hal itu, coba terapkan tips regulasi sebagai berikut;

  • Menerapkan surat perjanjian sebelum penyewaan. Jika perlu gunakan materai
  • Menahan kartu penting seperti KTP saat berlangsungnya penyewaan
  • Memberi formulir mengenai data pribadi penyewa mobil
  • Memasang alat pelacak GPS di mobil Anda. Supaya Anda selalu dapat memantau dengan mudah kemana saja mobil Anda digunakan sehingga meminimalisir tindakan yang tidak diinginkan.

Mendaftarkan Mobil ke Pihak Asuransi

Dalam bisnis ini salah satu resiko yang sering dialami adalah risiko aset. Dalam bisnis rental mobil ini, aset meliputi mobil Anda dan tenaga pengemudi mobil Anda. Asuransikan aset bisnis Anda ini jika sewaktu-waktu terjadi tindakan diluar batas kemampuan dan pengetahuan kita misalnya terjadi kecelakaan lalu lintas, kerusakan, bahkan kehilangan. Pada intinya semua resiko yang dapat membuat rugi dan menghambat bisnis rental mobil Anda.

Jika Anda masih bingung dengan masalah modal yang kecil. Anda tidak perlu khawatir karena pada saat ini beberapa asuransi memberlakukan premi kecil atau sistem kerjasama dengan badan usaha. Jadi, Anda tidak perlu khawatir dengan premi besar untuk mendaftarkan asuransi pada aset bisnis rental mobil Anda.

Atur Strategi Marketing

Setelah mengurus asuransi aset Anda, yang tidak kalah penting untuk diperhatikan yaitu mengatur strategi marketing dalam usaha rental Anda. Strategi marketing sendiri meliputi berbagai hal seperti siapa target rental Anda dan juga orang-orang yang akan membantu Anda dalam berbisnis.

Tempat dimana Anda akan menyewakan mobil Anda juga penting, Anda harus mencari tempat yang strategis dan mudah dijangkau. Dan yang ketiga adalah harga, seberapa besar Anda akan memberikan harga kepada para penyewa mobil Anda.

Sebagai strategi marketing Anda juga dapat mengadakan promo atau diskon sesekali supaya menarik minat orang-orang serta pelayanan yang ramah juga perlu diperhatikan supaya orang pun nyaman ketika bernego dengan Anda saat akan menyewa. Strategi bisnis ini juga dapat mengukur seberapa efektif bisnis rental Anda.

Untuk strategi marketing dengan modal kecil biasanya menggunakan media promosi yang sederhana, seperti lewat media sosial, networking atau yang lainnya yang sekiranya tidak mengeluarkan biaya, kalaupun harus merogoh kocek Anda pun tidak yang terlalu besar.

Ketika dirasa bisnis Anda mulai berkembang, Anda sudah mulai dapat bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan yang membutuhkan jasa transportasi pribadi atau dengan sesama pebisnis rental mobil. Anda juga dapat mendaftarkan usaha rental mobil Anda sebagai mitra taksi online atau yang lainnya, supaya profit Anda terus meningkat.

Mengelola Keuangan Dengan Baik

Hal terakhir yang sangat perlu dan penting Anda perhatikan dalam berbisnis rental mobil adalah mengelola keuangan bisnis Anda dengan baik. Hal ini tidak boleh disepelekan karena dapat mengganggu aktivitas lain.

Anda harus pandai-pandai mengatur transaksi pada setiap penyewaan, laba-rugi juga termasuk hal penting supaya Anda dapat dengan mudah menentukan  atau mengambil keputusan terkait usaha bisnis rental mobil Anda kedepannya.

Jika Anda merasa tidak paham atau merasa kewalahan dalam mengatur keuangan, Anda dapat menyewa jasa konsultan atau software yang dapat mempermudah Anda dalam mengelola keuangan Anda.

Dengan software keuangan Anda hanya perlu mencatat seluruh transaksi bisnis ke dalam sistem dan nantinya software keuangan akan secara otomatis memberikan data yang akurat dan real time mengenai kondisi keuangan bisnis Anda. Pastinya Anda akan sangat merasa terbantu dengan ini.

Baca juga: Bisnis Kebab dan Burger? Kenali Dulu Beberapa Hal Penting di Bawah Ini

Nah itulah beberapa tips untuk Anda yang baru memulai bisnis rental mobil. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap