Ingin Jadi Seorang Penulis? Berikut Tips yang Bisa Kamu Coba

Menjadi Seorang Penulis

Saya percaya bahwa kamu bisa menulis, buktinya kamu bisa membaca. Pada dasarnya semua orang bisa menulis, hanya saja menulis seperti apa yang kita inginkan. Apakah ingin menulis artikel, menulis fiksi atau menulis ilmiah.

Mungkin ada diantara kita yang ingin menulis tapi masih ragu dan belum mendapatkan rasa percaya diri. Untuk itu sengaja pada posting artikel kali ini, admin bakal ngasi kamu beberapa tips yang mungkin bisa kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan ataupun sebagai gambaran bahwa menulis ternyata bisa dilatih.

Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu coba.

Penulis hebat lahir dari pembaca yang hebat, untuk itu kamu harus rajin membaca

Saya rasa jika Anda sudah sering browsing mencari tips tentang tulis menulis, pasti sering menemukan tips ini yaitu rajin membaca.

Memang benar, agar kemampuan menulis kamu bisa meningkat maka kamu harus rajin membaca. Seorang penulis terkenal sekalipun pasti meluangkan waktu untuk membaca. Hal ini mereka lakukan untuk menambah wawasan.

Rajin membaca memberikan dampak yang luar biasa, kamu bisa meningkatkan jumlah kosakata yang kamu miliki. Biasanya beda penulis beda cara penggunaan kosakata yang mereka gunakan. Nah untuk meningkatkan kosakata yang ada pada tulisan kamu, cobalah luangkan waktu untuk rajin membaca setiap hari.

Tidak perlu memilih topik yang berat, coba saja bacaan yang ringan terlebih dahulu, coba mulai dari topik yang kamu sukai. Cara seperti ini bisa membuat kamu lebih santai dan menikmati bacaan kamu.

Memang banyak orang yang berpendapat bahwa menulis itu butuh bakat, akan tetapi menurut saya bakat itu bisa dilatih.

Sama halnya dengan kemampuan berbicara, seperti dalam istilah bahasa inggris ” Speak comes from listening” kemampuan berbicara datang dari kebiasaan mendengar.

Praktek dan penilaian, hal ini penting agar kamu bisa percaya diri

Agar kamu menjadi seorang penulis hebat, coba latihan menulis setiap hari. Tak peduli ketika ada ide atau tidak. Pancing terus kemampuan menulis kamu dengan praktek setiap hari. Jika belum ada ide, coba menulis apapun yang terlintas di pikiran kamu, ketik saja di microsoft word.

Simpan arsip tulisan kamu agar kamu bisa menilai ketika ada waktu santai. Coba perhatikan, dimana letak kelebihan dan kekurangan tulisan kamu.

Ketika ada ide, cobalah menulis cepat tanpa edit terlebih dahulu. Teruskan saja tulisan mu hingga selesai. Maksudnya adalah, kamu harus membedakan antara proses menulis dan proses editing. Menulis butuh imajinasi dan yang mendominasi adalah otak kanan, sementara editing lebih pada logika, sehingga didominasi oleh otak kiri.

Abaikan terlebih dahulu typo atau kesalahan ejaan yang kamu buat, biarkan saja dulu, terus saja hingga kamu merasa tulisan kamu selesai.

Nah setelah selesai, saatnya kamu mencoba membaca ulang, perbaiki semua tyop yang kamu buat, perbaiki kalimat agar lebih menari. Cara seperti ini lebih baik dari pada kamu menulis sambil melakukan editing.

Saya mendapat gagasan seperti ini dari seorang blogger ternama, bang Ghe jhon di website portaluang.com. Dari sana saya banyak belajar bagaimana menjadi seorang penulis, atau kamu bisa membaca situs brilliagung.com. Disana sangat lengkap sekali, kamu bisa belajar bagaimana tips menjadi seorang penulis handal.

Selanjutnya coba cari masukan dan penilaian atas karya yang telah kamu buat. Kamu bisa bertanya ke teman – teman dekat, keluarga, saudara atau siapapun yang bisa kamu ajak diskusi dan dimintai pendapat. Atau, kamu bisa bergabung di forum online, cobalah buat tulisanmu, lalu tanyakan pada mereka.

Tetapkan tujuanmu untuk apa kamu belajar menulis

Seseorang mampu menjadi penulis hebat pasti ada alasan di belakangnya mengapa iya ingin menjadi penulis. Seperti halnya bidang lain, seorang pemain sepak bola tentu ingin jadi juara di bidangnya.

Agar motivasi kamu terus berkobar, coba perkuat lagi, apa alasan kamu ingin belajar menulis, catat dan tempel besar – besar pada tempat yang gampang untuk dilihat. Cara seperti ini dapat membuat motivasi kamu lebih stabil. Setiap kali kamu ingat mengapa kamu ingin belajar menulis, maka motivasi dalam diri akan tumbuh kembali menjadi lebih kuat. Efeknya tulisan kamu semakin hari menjadi semakin berkualitas.

Motivasi itu penting, sama seperti bahan bakar sebuah kendaraan motor. Kamu bisa belajar dengan tekun dan menjadi seorang penulis hebat ketika kamu punya motivasi. Dan motivasi bisa muncul karena alasan yang sangat kuat di belakangnya.

Ada yang menulis dengan tujuan berbagi, ada yang menulis untuk menambah penghasilan, ada yang menulis agar terkenal dan lain sebagainya. Yang penting positif.

Benarkah butuh bakat?

Untuk menjadi seorang penulis memang membutuhkan latihan bagi pemula, akan tetapi, setelah kamu terus praktek, maka kemampuan menulis kamu juga meningkat. Jangan percaya terlebih dahulu tentang pendapat yang mengatakan bahwa menulis itu butuh bakat. Kalau kamu tidak mulai praktek, sampai kapan kamu akan tahu bahwa kamu punya bakat menulis.

Baca juga : Menulis Artikel Ketika Muncul Ide : Belajar dari Penulis Besar

Oke itulah tadi bagaimana cara menjadi seorang penulis bagi pemula, semoga artikel ini dapat memberikan gambaran dan pengetahuan bagi kamu yang ingin menjadi seorang penulis hebat. Selamat berkarya dan salam sukses selalu.

Updated: September 1, 2017 — 10:40 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap