Ingin Membangun Blog Untuk Bisnis? Berikut Tips dan Cara Memulainya

Pingin punya blog untuk bisnis? Tapi Anda masih bingung start dari mana? Artikel ini sengaja dibuat untuk Anda yang ingin memulai membuat blog dengan tujuan bisnis.

Sekarang ini trend blogging memang terus meningkat. Jutaan artikel terbit setiap hari lho dari seluruh dunia. Ini membuktikan bahwa potensi bisnis yang ada di dunia blogging memang terbilang besar.

Lalu pertanyaannya adalah : Blog bagaimana yang dikatakan sukses?

Blog untuk bisnis

Blog yang sukses yaitu blog yang berhasil mendatangkan visitor (pembaca) tertarget dengan jumlah yang banyak setiap hari. Sehingga, langkah promosi bisnis menjadi mudah untuk dilakukan.

Apa perlu menjadi catatan adalah memahami bahwa membangun blog itu tidak bisa instan. Butuh komitmen yang kuat.

Apalagi kalau sudah bicara tentang update artikel rutin untuk blog, Anda harus mau melakukannya. Baik itu dengan cara menulis sendiri atau dengan membeli artikel dari jasa penulis.

Oke, berikut ini beberapa langkah penting bagaimana membangun blog untuk bisnis Anda

1. Tentukan Terlebih Dahulu Jenis Bisnis yang Ingin Anda Jalankan

Jika Anda sudah punya produk, berarti Anda tidak memerlukan riset untuk memilih jenis bisnis. Akan tetapi nantinya Anda tetap membutuhkan riset, yaitu riset kata kunci untuk artikel – artikel Anda.

Jika Anda belum memiliki produk, maka langkah awal sebelum membuat blog adalah melakukan riset. Riset bertujuan untuk menentukan jenis bisnis yang akan Anda jalankan. Misalkan bidang fashion, wisata, kuliner, jasa dan lain sebagainya.

Lakukan analisa yang mendalam seperti dengan cara :

  • Pahami dimana passion Anda
  • Cari tahu apa yang dibutuhkan orang lain

Sebenarnya tidak memiliki produk pun bisa lho menjalankan bisnis menggunakan blog. Berikut caranya :

  • Bisnis affiliasi
  • Bisnis dropship
  • Penyedia space iklan
  • Dll

2. Cari Jasa Hosting yang Berkualitas

Kesuksesan blog ditentukan dengan 3 faktor menurut saya. Pertama faktor kualitas konten, kedua faktor kecepatan loading blog. Ketiga faktor desain blog.

Jika ketiga faktor tersebut mampu terpenuhi, maka blog Anda bisa kebanjiran pembaca dan akan terus mengalami peningkatan.

Untuk memenuhi faktor kedua yaitu kecepatan loading blog, maka Anda harus memilih jasa hosting yang memiliki kualitas tinggi. Menjamin uptime 100%.

3. Buat Landing Page Lalu Update Artikel Seputar Produk Anda Secara Rutin

Buatlah landing page deskripsi produk Anda. Bisa di homepage atau halaman lain sesuai dengan desain yang telah Anda tentukan.

Berbeda dengan blog personal atau blog dengan jenis bisnis jasa space iklan. Mereka tidak perlu membuat landing page. Landing page biasanya berisi feed artikel saja. Atau berupa list artikel berdasarkan kategori.

Nah untuk blog bisnis yang menjual produk, Anda bisa membuat landing page pada halaman home page yang menerangkan produk Anda.

4. Promosi Dengan Iklan

Selain mendapatkan trafik dari mesin pencari, Anda dapat melakukan promosi dengan menggunakan jasa iklan terbesar saat ini. Sebut saja seperti Google Adword.

Apa yang perlu menjadi catatan adalah, Anda harus pintar membuat manajemen keuangan. Atur budget Anda sebaik mungkin. Apalagi jika masih pemula dan belum begitu mengenal bisnis menggunakan media internet.

Semua itu butuh analisa dan manajemen yang baik. Anda pun harus menguasai terlebih dahulu ilmunya dan bagaimana cara promosi yang benar.

5. Update Artikel yang Berkualitas Secara Rutin

Konten is the king. Itulah jargon yang paling sering didengar bagi para blogger. Hal ini karena memang konten merupakan faktor yang paling utama menentukan kesuksesan sebuah blog.

Agar blog bisnis Anda mendapatkan trafik yang tinggi, kualitas artikel haruslah menjadi prioritas utama.

Berikut ini beberapa cara agar artikel yang ditulis memiliki kualitas tinggi dan enak dibaca:

  • Lakukan riset terlebih dahulu untuk mengumpulkan data tentang artikel yang ingin Anda tulis
  • Lengkapi dengan gambar
  • Lengkapi dengan data jika perlu
  • Tulis dengan jelas dan detail

Setiap orang menginginkan artikel yang dapat memberikan manfaat bagi mereka ketika berselancar di internet. Mesin pencari bertugas memberikan hasil pencarian yang terbaik.

Baca juga : Cara Agar Sukses Berbisnis, Miliki 7 Kemampuan Penting Berikut Ini

Sebenarnya baik bisnis online maupun online itu sama saja. Butuh pengetahuan dan komitmen yang kuat agar sukses. Semoga artikel ini dapat membantu Anda. Salam sukses selalu.

Updated: March 23, 2018 — 3:56 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap