Ini dia Faktor Sukses Membangun Blog yang Perlu Kamu Ketahui

Mungkin kamu selalu bertanya, gimana sih cara membangun blog yang berhasil. Apa yang dilakukan dan bagaimana caranya?

Apalagi Anda pernah mendengar kisah blogger yang berpenghasilan besar. Tentu pernah bukan?

Nah. Bagi blogger pemula ataupun orang awam yang melihat kesuksesan blogger diinternet, tentu selalu bertanya, bagaimana bisa sukses seperti itu?

pertanyaan semacam ini sangat wajar.

Untuk itu, pada artikel ini sengaja ditulis agar kamu mengetahuinya, dengan harapan kamu bisa juga mengikutinya. Serta sukses ada di genggaman kamu.

Faktor Sukses Blog

Dengan adanya konsep yang bisa diartikan sebagai metode, maka blog akan sangat mudah berkembang pesat. Kamu bisa mendapatkan penghasilan yang sangat besar jika kamu berhasil.

Namun, untuk mencapai target tersebut, perlu praktek dan konsep yang jelas agar kamu tetap dijalur yang benar.

Terus Update dan Bekerja Sebaik Mungkin

Jika kamu memang memiliki niat ingin menjadi seorang blogger sukses, tentu harus menjaga fokus. Fokus harus tepat yaitu menyajikan konten yang berkualitas. Jangan dengarkan iming iming mudah, tetapi fokuslah pada dasar konsep pertama yaitu kerja cepat dan tepat.

Konsep pertama ini sangat penting untuk dilakukan. Banyak sekali contoh diluaran sana orang yang terjun di dunia blog akan tetapi tidak memiliki tekad yang kuat.

Teruslah berkarya pada blog Kamu, teruslah melakukan update, jangan suka menunda dan alangkah baiknya jika kamu punya jadwal kerja. Dengan catatan kamu harus tahu apa yang kamu lakukan.

Agar kamu mengetahui apa yang kamu lakukan, maka perlu belajar. Tapi tenang, sumbernya ada banyak, kamu bisa belajar dari mana mana, bisa dari internet, perpustakaan atau dari orang yang telah berpengalaman disekitar kamu.

Menemukan Ide Setiap Hari

Ya.. Menemukan ide untuk selalu update artikel merupakan faktor yang paling penting. Semakin banyak Anda mampu mengelola dan menemukan ide dengan baik, maka semakin cepat blog Anda akan berkembang.

Namun, sesuaikan dengan kriteria blog Anda. Sebab ada beberapa tipe blog yang ada. Secara garis besar, bisa kita bagi menjadi dua.

  1. Blog dengan tema gado gado
  2. Blog dengan tema tertentu

Lalu timbul pertanyaan lagi, mana tema yang terbaik?

Tergantung, masing masing punya kelebihan dan kekurangan. Anda bisa searching di internet untuk menemukan jawaban tersebut. Sebab, setiap jawaban akan berbeda sesuai dengan sudut pandang masing masing.

Jaga Loyalitas Pembaca

Pembaca yang loyal pada blog kamu pasti akan kembali lagi membaca blog kamu. Mereka akan senang sekali terus menunggu update artikel blog kamu.

Untuk mencapai tujuan tersebut, maka kamu harus selalu membuat tulisan yang menarik. Tulisan menarik yaitu tulisan yang mudah dibaca dan mudah dipahami.

Pembaca yang loyal pun tak segan segan share artikel kamu di media sosial. Jadi perbincangan hangat tentang kesuksesan blog kamu. Nah, inilah alasan mengapa kamu harus memberikan yang terbaik untuk blog kamu.

Dengan adanya share dari pembaca secara otomatis blog kamu akan semakin ramai dan disenangi mesin pencari. Hal inilah yang membuat mengapa blogger besar dan sukses selalu ramai pembaca setiap detiknya.

Bagaimana cara mengetahui pembaca loyal?

Coba lihat analytics blog kamu. Biasanya analytic akan memberikan informasi tentang pengunjung blog yang kembali rutin membaca blog kamu. Dari analisa tersebut, coba kamu perhatikan dan gunakan analisa tersebut untuk terus melakukan perbaikan kualitas pada blog kamu.

Kreatif dan Pahami Mesin Pencari

Selain poin diatas, ada hal penting lain yang perlu terus kamu perhatikan. Yaitu memahami mesin pencari.

Biasanya, mesin pencari terus melakukan upgrade pada algoritma mereka. Tapi yang perlu kita ketahui adalah algoritma mesin pencari melakukan update bertujuan untuk memberikan kepuasan pengguna.

Nah agar blog kamu muncul nomor satu maka kamu harus memberikan kepuasan kepada pembaca blog kamu. Artinya antara blog kamu dan mesin pencari sama sama memberikan kepuasan.

Jika kamu berhasil blog kamu akan selalu tampil terdepan dan menjadi primadona pada mesin pencari besar.

Ini penting, mengingat konten yang kita sediakan di blog haruslah memenuhi unsur tersebut agar blog kamu semakin besar dan berkembang. Hal ini karena blog kamu disukai pembaca dan mesin pencari selalu merekomendasikan blog kamu.

Selalu Jaga Kecepatan Loading Blog Anda

Apa yang Anda rasakan ketika Anda berselancar di internet sangat cepat. Hanya dalam hitungan detik Anda sudah bisa membaca? Tentu Anda senang bukan? Itulah alasan yang kuat mengapa blog Anda harus ringan dan cepat saat di buka.

Menjaga kecepatan loading blog termasuk dari strategi memenangkan mesin pencari selain konten yang berkualitas. Anda bisa belajar tips tersebut pada situs yang memang spesial membahas tentang loading blog.

Misalkan dengan?

  • Menggunakan server yang memiliki kualitas terjamin cepat
  • Menggunakan template ringan
  • Navigasi blog yang mudah
  • Menggunakan AMP page
  • Mengoptimalkan WordPress
  • Dll

Untuk menguasai kriteria tersebut bisa Anda lakukan secara perlahan. Ada banyak tutorial di internet yang bisa Anda temukan. Lagi pula caranya cukup simple, yang penting Anda mau untuk belajar di awal. Kemudian menikmati hasilnya.

Pilih Nama Blog Anda dan Pilih Hosting Terbaik

Hal pertama yang dilakukan oleh pendiri blog ataupun website perusahaan ecomerce, pastinya adalah memilih nama.

Ya, nama juga memegang peranan penting. Nama yang mudah diingat memberikan dampak baik bagi blog Anda. Apalagi kualitas konten blog sangat mendukung. Secara otomatis blog Anda akan kebanjiran pembaca.

Seperti yang telah disebutkan pada poin diatas, hosting berkualitas juga memegang peranan penting. Carilah hosting dengan jaminan up time dan kecepatan yang tinggi. Jika perlu gunakan cloud hosting agar kecepatan blog Anda tetap terjaga dengan baik.

Fokus Untuk Memberikan Konten Terbaik

Selain beberapa faktor diatas, ada satu faktor yang paling penting menurut penulis. Apa itu? Yaitu konten yang disukai pembaca.

Jadi, rubahlah mindset Anda untuk mengejar uang, tapi kejarlah dan perbanyak pembaca blog Anda. Caranya yaitu berikan  yang terbaik untuk mereka.

Misalkan dengan membuat tulisan yang renyah dan enak dibaca, mudah dimengerti serta memberikan jawaban atas apa yang mereka cari pada mesin pencari.

Membuat konten yang unik dan menarik serta enak dibaca bisa Anda lakukan. Teruslah praktek menulis atau gunakan jasa penulis handal yang sudah terpercaya jika Anda memiliki modal dan blog Anda telah memberikan penghasilan tinggi.

Baca juga: Langkah yang Perlu Dilakukan Ketika Ingin Membangun Blog Baru

Nah itulah tadi beberapa tips yang bisa Anda perhatikan untuk menjadi blogger yang sukses besar. Teruslah belajar dan tingkatkan kedisiplinan Anda dalam bekerja. Semoga artikel ini bisa memberikan pencerahan bagi Anda. Salam sukses selalu.

 

 

 

Updated: —

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap