Inilah Alasan Mengapa Startup Lebih Sukses Dibanding Perusahaan Besar

Mengapa Startup lebih majuTidak dapat dipungkiri lagi bahwa sekarang ini kemajuan era digital terus bertumbuh pesat. Trend masyarakat juga sudah berubah ke mode internet. Alasannya jelas, karena begitu banyak kemudahan yang ditawarkan.

Dengan demikian, peluang bisnis yang ada juga semakin luas. Hal inilah yang menjadi perhatian para entrepreneur, sehingga mereka butuh inovasi baru agar mampu bersaing dan mampu mengembangkan skala perusahaan.

Mengapa perusahaan startup Cepat berkembang?

Julio Andrian yang merupakan Chief marketing office Theconversion.com mengatakan bahwa ada 4 alasan yang membuat perusahaan startup cenderung lebih sukses. Ketimbang perusahaan besar yang sudah lama eksis.

  1. Perusahaan startup memanfaatkan teknologi digital
  2. Perusahan starup mampu beradaptasi dengan tepat dan cepat
  3. Mereka berani melakukan terobosan baru
  4. Sebagian besar di jalankan oleh para entrepreneur muda

Sementara itu, perusahaan besar yang sudah lama eksis cenderung tidak begitu aktif melihat perkembangan yang ada. Inilah yang menjadi penyebab utama mengapa startup cenderung lebih cepat sukses.

Perusahaan besar cenderung berada dizona nyaman, padahal jika mau meluangkan waktu untuk melakukan analisa, perusahaan besar juga mampu bersaing dan bahkan ikut bersaing dikancah era digital internet sekarang ini.

Pertanyaan selanjutnya, bagaimana agar Startup bisa lebih sukses?

Agar bisnis startup mampu sukses dengan maksimal, ada beberapa langkah yang perlu kita lakukan. Langkah ini sebenarnya sama saja seperti bisnis yang lain, yaitu memerlukan analisa awal dan membuat plan secara garis besar terlebih dahulu sebelum memulai bisnis startup.

Mengapa?

Karena banyak sekali aspek digital yang harus dimanfaatkan, dan selanjutnya memilih metode yang tepat untuk dijalankan.

1. Cermati Ide Anda

Tahukah Anda bahwa ide merupakan modal awal agar usaha startup Anda berjalan lancar. Penentuan ide haruslah secara analisis. Memang benar ide hebat diperlukan, akan tetapi adakalanya usaha besar dimulai dari ide kecil.

Seiring dengan perkembangan usaha, ide kecil bisa berubah menjadi ide yang sangat luar biasa. Disinilah peran inovasi diperlukan.

Anda dapat memulai binsis startup berdasarkan minat atau hobi yang Anda miliki sekrang ini. Bisnis yang berawal dari hobi biasanya dapat terlaksana dengan baik. Mengapa? Karena Anda secara tidak sadar tulus serius menjalankan ide tersebut.

2. Kenali Target Market dengan Seksama

Bisnis yang besar adalah bisnis yang mampu menjual, baik itu bisnis dibidang jasa atau produksi.  Untuk itu, perlu adanya pemahaman mengenai target market Anda.

Produk yang hebat disertai dengan marketing yang hebat dapat membuat sebuah bisnis mampu berkembang dengan cepat. Tujuan ini bisa dicapai ketika pengusaha mampu menganalisis target market.

Tujuan memahami target market adalah :

  • Mengetahui cara promosi yang tepat.
  • Mengetahui keinginan konsumen secara detail
  • Efisien dan tepat sasaran dalam menjalankan kegiatan
  • Usaha dapat berkembang secara terus menerus

Dari sini kita bisa mengetahui bahwa, riset pasar merupakan faktor yang paling penting dalam kegiatan bisnis Anda. Tak peduli apapun usaha yang sedang Anda lakukan, apakah usaha kecil, pemula, besar atau perusahaan yang sudah lama eksis.

Sebagai pemula, memang memiliki kendala pada big data. Big data yaitu data perusahaan yang diambil dari praktek yang dilakukan. Biasanya, big data dimiliki oleh perusahaan besar atau perusahaan digital yang sudah lebih dahulu berjalan.

Mereka mampu menganalisa big data yang mereka miliki, sehingga, perkembangan bisa lebih cepat. Itupun bagi perusahaan yang mampu menerapkan inovasi.

4. Menguasai Teknik Marketing

Ada beberapa strategi pemasaran era digital sekarang ini.

  1. Konten marketing => Konten marketing merupakan teknik yang paling menentukan dan merupakan komponen inti di era digital internet. Semakin baik kualitas konten yang diterbitkan. Sudah tentu brand awareness dan proses marketing dapat berjalan lancar.
  2. Visual marketing => Sebenarnya, visual marketing tidak jauh berbeda dengan konten marketing, hanya saja lebih menekankan pada gambar atau video.
  3. Personal marketing => Yaitu jenis marketing dengan teknik pengumpulan dan pengelolaan database seperti email marketing. Teknik ini sangat efektif agar konsumen merasa dihargai dengan cara komunikasi menggunakan email rutin.
Media pemasaran yang paling efektif?

Ada beberapa perusahaan besar yang mampu menjadikan startegi promosi lebih hebat. Yaitu dengan menggunakan Media Periklanan Google Adword.

Cara ini sangat luar biasa, karena target market dapat ditentukan berdasarkan keinginan, seperti minat, umur, jenis kelamin atau lokasi dimana saja di dunia ini.

Ada beberapa perusahaan yang memberikan kemudahan untuk menggunakan layanan diatas yaitu Promonavigator. Perusahaan ini membuat Anda membantu Anda melakukan promosi melalui Google Adword melalui jaringan besar yang mereka miliki.

5. Cari Mentor Bisnis atau Panutan Anda

Bagi pengusaha yang sudah besar, pengalaman merupakan aset yang sangat berharga. Dari pengalaman, perusahaan dapat belajar ketika melakukan penerapan staregi binsis. Sebagai pemula, tentu pengalaman yang dimiliki tidak banyak, sehingga perlu mentor atau panutan untuk belajar banyak hal.

Mentor terbaik yaitu orang yang telah terbukti sukses pada bidang yang sama dengan bisnis Anda. Belajar dari orang yang tepat, sudah tentu dapat membuat proses pencapaian kesuksesan menjadi lebih cepat.

6. Harga yang Ditawarkan Sesuai

Harga merupakan faktor penentu kesuksesan marketing. Anda harus mampu mengetahui pasar secara spesifik, yaitu dengan melihat persaingan pasar yang sehat. Ketika harga yang ditawarkan sesuai dan dapat menambah laba, tentu usaha dapat berkembang cepat.

Ditambah lagi Anda mampu menguasai teknik marketing yang tepat. Untuk itu, belajarlah cara terbaik ketika menentukan harga untuk jasa atau produk Anda.

7. Review Perencanaan Bisnis

Setelah perusahaan berjalan, perencanaan yang dibuat juga perlu di review untuk melihat sejauh mana efektivitas yang diperoleh.

Review bisa dilakukan ketika perusahaan mampu mengumpulkan data baik itu data dari konsumen, data pemasaran dan tingkatan hasil dari masing – masing bidang. Dari laporan data ini, seoerang engrepreneur dapat melihat bagaimana strategi yagn telah diterapkan.

8. Mulailah dengan Produk yang Berkualitas

Kualitas produk memegang peranan penting agar mendapatkan kepercayaan dari konsumen. Karena dengan tingkat kepercayaan yang tinggi, sebuah startup dapat berkembang dengan cepat.

Kepercayaan konsumen dapat dibentuk melalui beberapa cara dibawah ini:

  • Selalu memprioritaskan kualitas produk atau jasa
  • Mendengarkan apa yagn diinginkan oleh konsumen
  • Memberikan kemudahan komunikasi seperti layanan custormer service
  • Pelayanan yang cepat tanggap dan ramah

Ketika jasa/produk telah dihati konsumen, penyebaran informasi dapat menjadi tersebar secara terus menerus dan gratis. Itulah kehebatan yang ada ketika seorang pemilik startup mampu menguasai konsumen.

9. Belajar dan Selalu Menambah Wawasan

Analisa dan keputusan yang diambil biasanya sangat tergantung dari wawasan dan cara pemikiran seseorang. Terutama bagi seroang pemimpin perusahaan. Nah, agar setiap strategi yagn diterapkan tepat sasaran, Anda harus mampu selalu menambah wawasan.

Wawasan bisa didapatkan dari mana saja. Seperti dengan melihat bagaimana korelasi kondisi pasar dengan perkembangan zaman, membaca pengalaman orang lain, belajar dari orang lain yang sudah sukses dan lain sebagainya.

Baca juga : 5 Cara Untuk Menjadi Seorang Bisnis Owner yang Sukses

Kesimpulan :

Dari apa yang sudah dijabarkan diatas, penyebab utama mengapa perusahaan startup lebih cepat sukses adalah karena startup menggunakan teknologi digital internet dalam praktiknya.

Bagaimana dengan pendapat sobat? Jika ada ide tambahan dan saran, silahkan tulis pada form komentar. Salam sukses selalu.

Updated: December 14, 2017 — 5:20 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap