Kenapa Internet 4G Lebih Boros Kuota? Berikut ini Penyebab dan Solusinya

Kuota internet 4G

Mungkin ada diantara kita yang mendengar isu atau merasakan sendiri tentang kuota internet 4G lebih boros. Sehingga timbul pertanyaan. Apa benar internet kuota 4G lebih boros daripada 3G?

Apakah benar seperti itu?

Perlu kita ketahui bahwa jaringan 4G menggunakan teknologi terbaru dibanding pendahulunya Edge, 3G, 2G dan Gprs. Walaupun admin belum jelas frequency mana yang digunakan 900 atau 1800 Mhz. Akan tetapi, secara teoritis, 4G lebih cepat dibandingkan dengan pendahulunya.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, ternyata, internet 4g terasa boros disebabkan karena perubahan kecepatan akses yang terjadi ketika browsing, download, streaming dll. Hal ini membuat pengguna menjadi terlena. Padahal, secara hitung – hitungan jumlah byte upload download yang digunakan tetap sama.

Dengan demikian  kita bisa mengambil kesimpulan bahwa jaringan 4G lebih boros itu adalah mitos belaka.

Nah berikut ini solusi dan beberapa penyebab mengapa kuota 4G terasa lebih boros.

Ketika Anda Streaming, pengaturan otomatis video pada web streaming menjadi lebih jernih.

Beberapa web video seperti Youtube.com, Video.com, dan situs streaming lainnya menggunakan pengaturan otomatis. Mereka bisa mendeteksi seberapa cepat jaringan Anda untuk memberikan kualitas video terbaik. Jadi, ketika user menggunakan jaringan 4G maka kualitas frame rate dan resolusi video akan dinaikkan.

Anda akan mendapatkan kualitas terbaik, video menjadi lebih jernih dan suara pada video tersebut pun menjadi lebih lantang. Hal tersebut yang menyebabkan data byte yang digunakan menjadi lebih banyak.

Sebenarnya sama saja 4G atau 3G dan 2G sekalipun, Anda tetap bisa mengatur dan menonton dengan resolusi HD ketika streaming. Hanya saja, jika Anda streaming video kualitas HD pada jaringan 2G akan terjadi buffer atau loading, Anda harus menunggu lama agar video tersebut berjalan.

Hal inilah yang membuat pengguna jaringan 4G merasa lebih boros kuota. Padahal kenyataannya tidak seperti itu. Pengguna menjadi terlena dengan kualitas video dan kecepatan yang ada sehingga merasa data 4G lebih boros.

Solusi :

Setelah membaca penjelasan diatas. Berikut ini solusinya.

Bagi Anda yang suka Streaming video, cobalah atur kualitas video sesuai dengan keperluan dan kenyamanan Anda. Coba set ke 480px atau 780px, jangan full HD, karena memakan kuota lebih boros walaupun di jaringan 3G dan 2G.

Browsing dan membuka website menjadi lebih cepat

Ketika Anda menggunakan jaringan 4G, kegiatan browsing memang terasa sangat cepat. Anda dapat dengan mudah membuka sebuah website dalam waktu sebentar. Justru hal ini terkadang membuat Anda terlena dan lupa bahwa sebenarnya Anda telah mengkonsumsi konten yang banyak sekali.

Dengan demikian, kuota yang digunakan pun sangat banyak. Berbeda ketika Anda menggunakan jaringan 3G. Itulah mengapa alasannya terkadang ada yang mengatakan bahwa kuota internet 4G cepat habis.

Padahal, sama saja, tidak ada bedanya. Yang berbeda adalah dari segi kecepatan akses. Anda menjadi lebih banyak membaca artikel, lebih banyak membuka website.

Solusi :

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa menghemat internet dengan cara mendisable tampilan gambar. Silahkan Anda browsing tentang cara mendisable gambar pada masing – masing browser.

Transfer byte data lebih cepat

Ketika Anda menggunakan jaringan 4G, maka semua transfer data menjadi lebih cepat. Sebagai contoh saat Anda membuka video. Proses buffer video sangat cepat hingga keseluruhan video.

Walaupun Anda tidak menonton video tersebut sampai tuntas, kenyataannya semua file video tersebut telah terbuka semua. Anda justru tidak sadar akan hal ini, malah terkadang membuka video baru lainnya. Nah proses semacam ini tanpa sadar membuat kuota internet 4G menjadi lebih boros saat menonton atau browsing video.

Solusi :

Sama seperti saran pertama diatas, Anda bisa melakukan setting manual pada kualitas video. Coba set ke pengaturan manual, buat menjadi 480 atau 780 px. Selain itu, lakukan manajemen data dengan bantuan beberapa aplikasi.

Baca juga : Cara Menghemat Kuota Internet di Komputer Agar Paket Anda Awet

Berdasarkan beberapa penjelasan diatas, kita bisa mengambil kesimpulan bahwa sebenarnya antara 4G dan 3g tidak ada perbedaan dari segi penggunaan data. Hanya saja, proses transfer data menjadi lebih cepat dan hal ini justru membuat pengguna merasa terlena sehingga kuota dirasa sangat boros sekali.

Semoga, penjelasan diatas dapat memberikan jawaban bagi Anda yang bertanya, benarkah kuota internet 4G lebih boros? Jika ada pertanyaan dan ide lainnya, silahkan tulis pada form komentar dibawah ini.

Updated: September 20, 2017 — 5:25 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap