Jual Produk Pertanian Secara Online? Berikut Ini 5 Marketplace Petani

Menjual produk pertanian online

Ternyata pemanfaatan internet sekarang ini sudah merambah ke mana – mana, salah satunya untuk membantu para petani menjual hasil panen secara online. Nah bagi Anda yang ingin mengetahui apa saja market place tersebut, silahkan simak artikel berikut ini.

Apa itu marketplace?

Marketplace merupakan tempat berkumpul-nya para penjual dan pembeli. Sedangkan penyedia marketplace hanya menyediakan fasilitas website atau aplikasi saja.

Dengan demikian, kita bisa mengambil kesimpulan bahwa, marketplace sama seperti pasar. Sehingga ada berbagai jenis produk yang tersedia untuk diperjualbelikan.

Berbeda dengan marketplace berikut ini. Marketplace yang akan kita bahas hanya ditujukan bagi para petani saja yang ingin menjual produk pertanian secara online.

Berdasarkan artikel yang saya baca dari berbagai sumber, berikut ini daftar pasar online yang bisa digunakan untuk menjual produk pertanian.

Agromaret.com

Agromaret.com merupakan sebuah marketplace yang didirikan oleh alumni IPB. Sekarang sudah menjadi marketplace besar dan terkenal khusus bidang pertanian.

Marketplace Agromaret.com muncul sebagai solusi bagi petani yang ingin memasarkan produk. Mulai dari produk tani, peternakan, hutan, jasa angkutan, hasil bumi dll.

Ada 3 jenis menu yang bisa dijadikan pilihan pada situs Agromaret

  1. Penjualan
  2. Permintaan dan
  3. Kerjasama

Sesuai dengan kebutuhan, ketiga opsi tersebut merupakan solusi terbaik bagi perkembangan pertanian yang ada sekarang ini. Sehingga, banyak sekali petani yang bisa sukses meningkatkan produktivitas mereka menjadi lebih baik.

Berdasarkan kutipan dari artikel antaranews.com, situs agromaret.com telah melayani lebih dari 199.288 orang. Angka yang sangat fantastis dan menunjukkan bahwa geliat bisnis pertanian terus mengalami pertumbuhan.

Dengan munculnya marketplace seperti ini sangat diharapkan agar produk pertanian bisa lebih meningkat. Bukan hanya pasar lokal namun mampu menarget pasar internasional.

2. Aplikasi Pantau Harga

Aplikasi pantau harga berfungsi untuk memantau harga komoditas pertanian. Sehingga, harga hasil pertanian dapat lebih kompetitif jika dibandingkan dengan  metode konvensional.

Aplikasi ini dilengkapi dengan peta petunjuk lokasi yang telah terkoneksi dengan teknologi Google map, sehingga para penjual dan pembeli dapat mengetahui lokasi yang paling dekat ketika ingin melakukan pembelian.

Nah bagi Anda yang memiliki smartphone Android, Anda bisa mengunduh aplikasi tersebut dan coba bereksperimen dengan bisnis pertanian yang sedang Anda jalankan.

Banyak sekali manfaat yang akan didapatkan ketika kita mampu memantau harga pertanian yang ada. Sehingga, hal ini sangat membantu petani untuk lebih efektif.

3. TaniHub

Tanihub merupakan solusi terbaik bagi petani memasarkan produk. Sesuai dengan misi marketplace ini yaitu untuk memudahkan petani menjual hasil pertanian mereka. Setelah petani mendaftar di http://tanihub.com/welcome, Tanihub akan membantu petani menjual produk yang ditawarkan.

Tanihub menargetkan konsumen individu dan komoditas, jadi peluangnya begitu besar. Apalagi didukung oleh tingkat penggunaan internet yang terus mengalami pertumbuhan pesat. Jadi, jangkauan market yang diraih akan sangat luas.

TaniHub juga tidak membatasi jenis produk yang ditawarkan. Apapun jenis produk pertanian ditampung seperti hasil padi dan hasil peternakan pun diterima.

Nah bagi Anda yang ingin mengembangkan dan mencoba menjual produk pertanian secara online, Anda dapat menjajal marketplace yang satu ini.

4. Limakilo

Sama seperti marketplace yang lain, tujuan utamanya yaitu agar hasil pertanian bisa naik akibat adanya kesetaraan harga. Limakilo ditujukan bagi masyarakat yang ingin membeli hasil pertanian dalam jumlah sedikit untuk kebutuhan pangan. Hal ini sesuai dengan namanya.

Limakilo merupakan aplikasi yang juga didukung oleh pemerintah. Pada tahun 2016 yang lalu, Aplikasi Limakilo mendapatkan bantuan dari Eest Venture ynag dananya digunakan untuk mengembangkan mitra mereka hingga luar Jakarta.

Konsumen dapat memesan produk pertanian melalui aplikasi atau melalui situs limakilo.id. Ada berbagai macam produk pangan seperti, cabai, bawang, sayur, ayam, daging, padi dan berbagai jenis produk lainnya.

Sistem transaksi yang berlaku tergantung stok yang tersedia, jika stok masih ada, order dapat langsung sampai ke konsumen dalam waktu 2-3 hari. Akan tetapi jika stok belum ada menggunakan sistem pre-order. Dimana order akan disampaikan kepada petani untuk dipenuhi.

5. Petani dari 8villages

Berbeda dengan aplikasi lainnya, aplikasi petani yang satu ini bertujuan untuk memberikan berbagai macam informasi terkait pertanian.

Seperti yang kita ketahui bahwa informasi dan ilmu pengetahuan merupakan faktor yang paling mendorong kemajuan petani, apalagi bagi petani yang ada di desa. Dengan demikian, hadirnya aplikasi yang satu ini sangat membantu para petani menemukan solusi terbaik.

Anda dapat mencoba aplikasi ini untuk menemukan berbagai informasi untuk mendukung pertanian Anda.

Baca juga: Peluang Usaha Pertanian yang Modern dan Menjanjikan

Kesimpulan :

Seperti yang kita ketahui, agar kita mampu bersaing dengan pasar global, maka mau tidak mau kita juga harus mau untuk memanfaatkan teknologi. Teknologi memang ditujukan untuk memudahkan manusia, sehingga pemanfaatan teknologi haruslah maksimal.

Lakukan riset secara detail dan coba cermati atau temukan bagaimana caranya agar produk pertanian Anda bisa menjangkau wilayah yang lebih luas.

Bagaimana pendapat Anda? Jika ada tambahan silahkan tulis pada form komentar dibawah ini. Semoga artikel ini dapat membantu Anda. Salam sukses selalu.

Updated: December 26, 2017 — 3:03 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap