Jualan Online? Berikut Ini Kelebihan dan Manfaat yang Bisa Kamu Dapatkan

Jualan onlineAgar kamu semangat dan sukses jualan online, berikut ini ada beberapa manfaat jualan online yang harus kamu ketahui terlebih dahulu.

Sebelumnya kamu juga harus menyadari bahwa sekarang ini trend belanja sudah cenderung ke teknologi online.

Tak sama seperti dulu kala, orang belanja harus datang ke toko secara manual, ke mall atau ke pasar.

Namun sekarang belanja sudah sangat praktis. Nggak perlu lagi macet, antre atau kepanasan. Belanja saat ini bisa dari mana saja yang penting ada koneksi internet.

Oke back to pembahasan sesuai judul diatas.

Nah bagi kamu yang sedang berencana atau sudah memulai jualan online, berikut ini manfaat yang akan kamu dapatkan.

Baca juga : Seberapa Besar Potensi Bisnis E-commerce di Indonesia?

1. Kamu bisa bekerja dari mana saja, ini poin pertama yang pasti

Berkat teknologi internet yang ada sekarang ini, kamu bisa menjalankan bisnis jualan online kamu dari mana saja dan kapan saja.

Dengan metode jualan online, kamu bisa bekerja dari rumah, dari kantor atau dari manapun yang kamu mau. Asalkan kamu memiliki koneksi internet.

Coba bandingkan jika kamu jualan metode biasa tanpa bantuan internet. Penulis yakin kamu bisa membandingkan sendiri. Begitu banyak kelebihan yang akan kamu dapatkan ketika kamu menggunakan teknologi internet.

Berbeda jika kamu jualan secara konvensional tanpa bantuan internet, kamu membutuhkan ruko atau toko untuk dagangan kamu. Sehingga kamu tiap pagi harus  selalu berada di toko kamu.

2. Kamu bisa menargetkan konsumen dari mana saja

Sekarang ini pengguna internet sudah semakin menjamur. Di Indonesia saja sudah hampir 200 juta orang lho.  Angka ini akan terus tumbuh setiap tahunnya.

So pasti ini kesempatan emas yang sangat menjanjikan jika kamu melihat dengan pikiran jernih dan mau belajar dengan giat.

Syaratnya kamu harus pinter internet marketing dan kamu juga harus tahu bagaimana cara menargetkan konsumen.

Konsumen mulai dari desa hingga kota semuanya bisa kamu raih dengan internet. Kamu bisa melakukan promosi secara besar besaran atau biasa biasa saja, tergantung keahlian kamu.

Contohnya begini, katakanlah kamu menggunakan jasa Google Adword untuk menebar iklan kamu. Nah kamu bisa menargetkan iklan kamu sesuai dengan apa yang kamu inginkan.

Misalnya kamu ingin agar iklan kamu tampil hanya pada lokasi tertentu, hobi tertentu atau jenis kelamin tertentu. Cara ini bisa kamu lakukan dengan mudah.

Berbeda dengan cara konvensional biasa, kamu butuh modal besar untuk melakukan promosi sesuai target. Apalagi jika kamu menargetkan konsumen dari luar daerah.

3. Biaya yang lebih murah

Bagi pembeli, mereka tidak perlu lagi mengeluarkan biaya transportasi untuk ke toko kamu.  Sehingga biaya pun lebih murah bagi para pembeli.

Sedangkan bagi penjual, kamu akan mendapatkan manfaat seperti

  • Kamu tidak perlu membuka toko fisik yang tentunya membutuhkan biaya mahal seperti biaya infrastruktur, pajak bangunan dll
  • Kamu bisa melakukan promosi dengan mudah ke mana saja dengan biaya murah.
  • Kamu memiliki fleksibilitas untuk memanfaatkan teknologi seperti transaksi otomatis, customer service otomatis, email marketing otomatis dll
  • Manajemen data sangat mudah dilakukan, kamu bisa memanage stok barang dengan mudah, mengumpulkan data penjualan dll.

Dengan demikian kamu bisa menjual produk dengan harga yang lebih terjangkau.  Ini tentu menjadi poin plus bagi dagangan kamu.

4. Mudah meningkatkan kreadibiltas brand kamu

Teknologi online ternyata dapat membuat brand kamu semakin cepat terkenal. Bagaimana tidak, kamu bisa dengan mudah menyebarkan iklan kamu kemana saja, selanjutnya kamu akan memperoleh pelanggan dari manapun.

Nah setelah konsumen kamu semakin banyak, dagangan kamu semakin sukses maka kreadibitlas brand kamu juga akan turut naik.

Untuk itu, kamu perlu menjaga nama baik kamu dengan cara :

  • Berikan pelayanan yang cepat dan ramah
  • Jaga kualitas produk.
  • Menyelesaikan order tepat waktu
  • Memperhatikan keinginan konsumen

Langkah ini sangat penting untuk menjaga agar nama brand kamu tetap baik dimasa yang akan datang.

Kamu tentu paham bahwa nama baik merupakan faktor penting yang harus selalu kamu jaga untuk kesuksesan bisnis kamu secara jangka panjang.

6. Laporan keuangan bisa dibuat otomatis

Sebenarnya bukan hanya laproan keuangan, berbagai jenis laporan dan pengolahan data bisa kamu buat secara otomatis. Asalkan kamu mau mencari dan memanfaatkan platform yang mendukung.

Laporan keuangan juga merupaakn faktor yang memegang peranan yang sangat penting agar cash flow dagangan kamu berjalan lancar.

Apalagi jika kamu menggunakan platform toko online, smua laporan dapat dibuat secara otomatis, kamu tidak perlu membayar akuntan untuk melakukan tugas tersebut.

Kemudahan seperti ini tentu dapat memberikan dampak yang luar biasa bagi usaha dagangan kamu.

7. Mudah dikelola

Mungkin disaat pertama kali kamu mencoba dagang online, kamu masih agak sedikit bingung. Hal ini sangat wajar mengingat semua pemula juga seperti itu.

Akan tetapi seiring berjalannya waktu, biasanya para pedagang oline yang telah mampu sukses samakin memahami bagaimanan cara menglola media dagagan secara efektif.

Begitu banyak kemudahan yang akan kamu peroleh. Kamu bisa menjalankan berbagai aspek pekerjaan secara otomatis, misalkan

  • Promosi otomatis,
  • Folow up email secara otomatis
  • Transaksi otomatis
  • Mengatur katalog produk otomatis

Bukan hanya itu, sebenarnya masih banyak lagi kemudahan yang akan kamu peroleh dengan sistem online. Silahkan kamu cari pengetahuan se-lengkap mungkin untuk mendukung kemampuan kamu.

Namun ada beberapa poin yang harus kamu pahami jika kamu masih pemula

Bisnis apapun itu tidak ada yang bisa instan dan langsung sukses. Pasti membutuhkan proses. Apalagi bagi pemula yang belum pernah memahami dunia internet.

Jualan online bisa jadi jualan yang tidak mudah bagi pemula, butuh kerja keras dan kemauan untuk belajar serta praktek.

Lalu pertanyaannya adalah, mengapa orang lain bisa kita tidak. Tentu ada kiat yang harus kita lakukan agar kita mampu seperti mereka.

Coba perhatikan kisah sukses jack ma, seorang pengusaha e comerce terbesar dunia saat ini.

Agar motivasi selalu tinggi, kamu bisa membaca kisah para penjual yang sudah sukses di internet. Belajarlah dari mereka, bagaimana mereka mampu menguasai pasar internet.

Cara ini cukup efektif untuk membuat kamu lebih cepat memahami tentang internet marketing.

Baca juga : Macam Jenis E-commerce di Indonesia Beserta Beberapa Contoh

Kesimpulan :

Itulah tadi beberapa manfaat jualan online yang bisa kamu dapatkan. Akan tetapi jualan online juga memiliki beberapa tantangan. Dan, semua itu tergantung dari bagaimana cara kamu mencari solusinya.

Bagaimana caranya agar sukses jualan online?

  • Fokus lah pada solusi bukan alasan atau mengeluh. Karena orang yang sukses merupakan orang yang fokus pada solusi.
  • Belajarlah tentang internet marketing secara terus menerus. Ilmu marketing online itu terus berkembang.
  • Cari cara terbaik yang bekerja untuk dagangan kamu, terapkan strateginya
  • Selalu lakukan inovasi dengan melihat trend yang ada sekarang ini
  • Catat semua kegiatan secara rutin.

Semoga artikel ini bisa membantu kamu  serta memberikan inspirasi bagi kamu. Jika ada pertanyaan atau ide tambahan, silahkan tulis pada form komentar dibawah ini.

Updated: May 20, 2018 — 1:52 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap