Kecepatan Rata Rata Mengetik Dan Cara Belajar Yang Benar

Ada yang pernah melihat lomba mengetik ? ya lomba mengetik sepertinya menarik untuk di perhatikan. karena kita bisa mengukur sejauh mana kemampuan kita mengetik saat ini.

Seperti lomba yang pernah ada di luar sana, dimana pemenang lomba tersebut mampu mengetik dengan kecepatan sekitar 126 kata per menit. Wah cepat sekali, saya tidak bisa membayangkan bagaimana jarinya, memang terlihat seperti kaki kepiting yang sedang berlari.

Kemampuan seperti ini sebenarnya di dapat dengan cara belajar mengelompokkan tuts pada keyboard berdasarkan jari. Anda juga bisa menguasainya, asalkan tahu bagaimana cara yang tepat untuk menerapkan teori mengetik ini dan mau meluangkan waktu untuk berlatih sampai mahir.

Kecepatan Rata – Rata Mengetik

Sebenarnya kita semua bisa mengetik dengan cepat menggunakan 10 jari tanpa melihat keyboard sama sekali, Cuma memang butuh latihan agar kemampuan tersebut tercapai. Lalu, idealnya berapa sih kecepatan mengetik rata – rata?

Kecepatan mengetik rata – rata yaitu sekitar 30 sampai 50 kata per menit. Nah untuk masuk kedalam kategori mengetik cepat itu berkisar antara 70 sampai dengan 90 kata per menit.

Sekarang coba kita hitung hitungan, bagaimana jika seandainya Anda mampu mengetik dengan kecepatan 90 kata per-menit (wpm). Nah satu halaman microsoft word biasanya 500 kata, bearti Anda mampu menyelesaikan dalam hitungan 500 : 90 = 5,5 menit.

Lalu coba bandingkan 90 wpm dengan kemampuan mengetik kecepatan 20 wpm misalnya, di butuhkan sekitar 25 menit untuk menyelesaikan 1 halaman MS word. Coba saja hitung jika pekerjaan kita sekitar 10 halaman, akan ada selisih waktu sekitar 3 jam 15. Banyak sekali waktu yang bisa kita manfaatkan jika kita mampu untuk mengetik dengan cepat.

Jadi, ada banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan jika kita mampu mengetik dengan kecepatan tinggi. Semua itu bisa di latih, tenang saja asalkan ada niat dan kemauan.

Bagaimana Menghitung Kecepatan Mengetik

Untuk mengetahui seberapa cepat Anda mengetik secara manual, tinggal siapkan stop watch saja. Silahkan ketik di media ms word atau notepad dengan kecepatan yang di miliki. Setelah sampai satu menit. Silahkan hitung berapa jumlah kata yang mampu di peroleh.

Untuk cara cepatnya kita bisa mencoba beberapa situs di luaran sana, yang bisa di jadikan tempat untuk latihan, sekaligus mengukur seberapa cepat jari Anda dalam mengetik.

Skill ini bisa di latih dan di dapatkan oleh semua orang, bukan hal yang sulit sebenarnya asalkan Anda mau meluangkan sedikit waktu untuk latihan. Karena dari manfaat yang kita peroleh nanti akan sangat banyak. Maka mulailah latihan dari sekarang, saya rasa Anda sampai pada artikel ini tentu ingin menguasai atau setidaknya Anda seorang yang berkecimpung di dunia tulis menulis.

Sekarang ini perusahaan banyak yang menggunakan komputer sebagai sarana untuk menyelesaikan bermacam – macam tugas, hal ini menuntut para pekerja mahir di bidang komputer. Sehingga wajar saja kalau mereka memperhitungkan kecepatan mengetik Anda.

Bagi seorang penulis lepas, hal ini sangat di butuhkan agar pekerjaan yang sedang di kerjakan dapat di selesaikan dengan cepat. Apalagi seorang blogger, sudah tentu dengan memiliki kemampuan skill ini akan sangat membantu dalam menulis artikel. Anda hanya perlu menguasai materi nya, selanjutnya proses mengetik pun dapat berjalan lancar.

Cara Mengetik Sepuluh Jari

untuk bisa mengetik dengan menggunakan 10 jari, maka yang di perlukan adalah latihan dengan konsisten. Lakukan selama 1 jam setiap hari dengan bantuan beberapa aplikasi typing yang bisa Anda cari di mesin pencari. Anda akan belajar secara bertahap, saran saya kuasai dulu setiap level nya. Setelah di rasa benar – benar menguasai dan lancar baru pindah ke level selanjutnya.

Jika memang mampu untuk rutin setiap hari latihan selama 1 jam saja, kemungkinan dalam 1 atau 2 bulan, Anda akan mulai bisa mengetik dengan 10 jari. Nah ketika mampu sampai ke tahap dimana tidak lagi melihat keyboard. Kecepatan mengetik dengan sendirinya akan bertambah sendiri seiring waktu.

Posisi Jari Yang Benar Saat Latihan Mengetik

Posisi jari yang ada pada gambar di bawah ini merupakan hasil penelitian. Dimana merupakan posisi terbaik yang bisa membuat kemampuan orang mengetik bisa secepat kaki kepiting saat berlari, maksudnya bisa mengetik dengan kecepatan tinggi. Untuk lebih jelasnya Anda dapat melihat gambar di bawah ini.

Cara Mengetik Dengan 10 jari

Kuncinya ada pada tombol F dan J, perhatikan tombol keyboard Anda dimana pada tombol F dan J terdapat tonjolan kecil. Letakkan jari telunjuk kiri pada tombol f, dan jari telunjuk kanan pada tombol J. Untuk jari lainnya sejajaran saja ke arah samping coba lihat gambar diatas.

Untuk langkah selanjutnya usahakan untuk selalu mengetik dengan posisi yang telah di tentukan pada gambar diatas. Memang pada awalnya terasa berat, tetapi lama kelamaan akan terbiasa juga.

Usahakan untuk meletakkan jari di keyboard dengan cara yang benar. Dimana posisi telapak tangan jangan menempel pada papan keyboard atau pada meja. Jadi yang bersentuhan hanya ujung jari saja pada tuts keyboard nya.

Contoh jari kelingking kiri bertugas pada area 1 saja dan Jari manis kiri bertugas pada tombol area 2 yaitu 2WSX begitu juga yang lainnya bisa di lihat jelas pada gambar diatas.

Jika Anda belajar dengan bantuan aplikasi yang bertebaran di luar sana, proses ini belajar bisa menjadi lebih cepat. Karena biasanya cara belajar nya di lakukan secara bertahap. Saran saya ikuti per level nya setelah mahir baru naik ke level berikutnya.

Sebagian orang mungkin tidak menganggap hal ini penting, merasa mengetik itu tidak perlu cepat, yang penting bisa selesai. Memang adakalanya benar, hal ini sangat tergantung dari profesi yang sedang di jalani.

Kalau Anda memiliki profesi pekerja di lapangan, mungkin mengetik cepat mungkin bukan sesuatu yang di butuhkan. Tetapi bagi seorang penulis atau seorang sekretaris, maka mengetik dengan kecepatan tinggi sangat membantu dalam menyelesaikan pekerjaan.

Semoga dengan artikel di atas dapat membantu dalam proses belajar mengetik sepuluh jari. Silahkan share kemampuan mengetik kamu berapa per menit dan bagaimana proses belajarnya di kolom komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap