10 Keuntungan Internet Marketing Bagi Kesuksesan Bisnis Anda

10 Keuntungan Internet Marketing – Internet marketing merupakan metode pemasaran produk atau jasa secara online menggunakan teknologi internet. Bukan hanya itu, internet marketing juga bertujuan untuk membangun relasi, membangun brand, mengelola data dan menjalankan berbagai fungsi bisnis yang lainnya.

Pada zaman modern sekarang ini, internet sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari – hari. Jutaan akses dari seluruh dunia dan pelosok negeri membanjiri internet dengan berbagai macam tujuan.

Itulah penyebabnya mengapa banyak sekali kita mendengar kisah sukses para pelaku bisnis yang memanfaatkan internet. Kini mereka semakin berhasil meraih profit besar dari kegiatan bisnis mereka.

Keuntungan Internet Marketing

10 Keuntungan Internet Marketing yang Wajib Anda ketahui

Internet marketing ternyata mampu memberikan banyak keuntungan. Karena secara praktiknya, internet marketing merupakan bagian dari usaha untuk memanfaatkan teknologi masa kini.

1. Cenderung Lebih Mudah

Teknologi dibuat memang bertujuan untuk memudahkan manusia. Terbukti kita sekarang ini dapat dengan mudah mencari hiburan, mencari informasi, berbisnis, pendidikan dan penelitian serta berbagai fungsi lainnya melalui internet.

Bagi Anda yang memanfaatkan internet untuk kegiatan marketing, Anda dapat mencapai target market dari mana-pun. Dari segi pengelolaan juga semakin mudah, Anda dapat menjalankan internet marketing dari mana-pun dan kapan pun.

2. Biaya yang Lebih Fleksibel Bahkan Bisa menghemat Biaya

Memanfaatkan internet untuk kegiatan marketing memberikan Anda kebebasan untuk menentukan biaya yang diperlukan.

Mengapa bisa seperti itu?

Sebab, cara dan teknik marketing melalui internet itu sangat banyak sekali. Mulai dari yang gratisan hingga dengan teknik canggih dengan biaya tinggi. Tergantung dari kapasitas dan kemampuan masing – masing pelaku internet marketer.

Hanya dengan modal awal alamat email, paket internet, smartphone atau laptop, Anda sudah bisa menjalankan kegiatan marketing melalui internet.

Bagaimana? Cukup menarik bukan?

Berbeda dengan cara konvensional dimana Anda membutuhkan fasilitas kantor atau karyawan yang cenderung membutuhkan biaya lebih tinggi ketimbang teknologi internet.

3. Jangkauan Pasar Tanpa Batas

Pemasaran model konvensional dengan radio, koran, televisi, baliho hanya mampu mencapai target lokal saja. Sedangkan dengan memanfaatkan internet, Anda mampu menjangkau jarak yang lebih luas.

Tidak ada lagi batasan jarak. Jangankan bicara target pasar dunia, untuk wilayah Indonesia saja sudah mampu mencapai seluruh pelosok desa.

Apalagi didukung oleh kebijakan pemerintah yang menargetkan agar seluruh masyarakat Indonesia memiliki akses internet. Ini merupakan peluang yang sangat besar bagi pelaku internet marketing.

4. Mampu Tepat Sasaran

Jika Anda memasang iklan dengan bantuan teknologi internet seperti Google Adword, Anda dapat menentukan siapa saja target pasar yang akan melihat iklan Anda.

Anda dapat menentukan kemana iklan Anda akan tampil berdasarkan wilayah, hobi, jenis kelamin, bahkan hingga trend yang sedang terjadi.

Apa keuntungannya?

Promosi yang tepat sasaran membuat kegiatan marketing Anda menjadi lebih mudah. Dari segi biaya juga lebih murah karena kegiatan Anda tepat sasaran.

Sebagai contoh Anda memasarkan fashion olah raga sepak bola, tentu Anda ingin agar promosi Anda dilihat oleh mereka yang hobi olah raga sepak bola bukan?

5. Mudah Mengikuti Trend jika Ingin Melakukan Perubahan

Sekarang ini persaingan produk sejenis sudah semakin banyak. Sehingga kita dituntut untuk mampu bersaing secara sehat.

Pemenang pasar adalah mereka yang mampu beradaptasi dan melakukan inovasi. Sedangkan Inovasi dapat muncul karena kemampuan melihat trend atau perubahan yang sedang terjadi.

Nah dengan bantuan internet marketing, Anda mampu melihat perubahan tersebut dengan mudah. Karena Anda memiliki data lengkap ketika Anda selalu bergelut dibidang internet marketing.

Selanjutnya inovasi dapat diterapkan pada bisnis yang sedang Anda kelola. Walaupun memang perlu analisa yang matang untuk mengambil keputusan ketika ingin melakukan inovasi.

6. Bisa Melihat Data Secara Real Time

Dengan teknologi platform digital, Anda mampu memantau aktivitas online Anda secara langsung. Kinerja promosi yang sedang berjalan dapat Anda lihat dengan mudah melalui platform yang khusus dibuat untuk melakukan analisa.

Ada berbagai macam platform yang tersedia sekarang ini, semua itu tergantung metode yang Anda gunakan.

7. Marketing Berjalan Secara Terus Menerus Sesuai Keinginan

Pemasaran dan branding dengan menggunakan internet dapat berjalan secara terus menerus. Jika dibandingkan dengan metode konvensional dimana Anda harus menunggu waktu tertentu, seperti jam buka pasar, waktu kerja karyawan dan lain – lain.

Ketika seseorang mengakses internet baik siang ataupun malam, kampanye iklan Anda dapat tetap terlihat oleh mereka. Itulah kelebihan yang dimiliki oleh internet marketing jika dibanding dengan metode konvensional.

8. Bisa Dibuat Otomatis

Keuntungan internet marketing selanjutnya adalah Anda dapat membuat sistem berjalan secara otomatis. Semuanya tergantung dari jenis teknologi yang Anda pilih. Anda dapat menentukan kapan iklan akan berjalan, bagaimana sistem follow up, semuanya dapat dibuat otomatis.

Semua kegiatan internet marketing bisa dibuat otomatis. Anda hanya perlu menemukan platform terbaik untuk kegiatan tersebut dengan benar.

9. Mudah Ketika Ingin Mencapai Pasar Global

Siapa yang tidak mau bisnisnya go internasional. Semua pebisnis pasti menginginkan hal tersebut. Nah dengan internet marketing, Anda dapat mewujudkan keinginan tersebut dengan mudah.

Anda dapat mencapai target pasar global jika memang produk atau jasa Anda disukai oleh banyak orang. So sudah tentu kesuksesan bisnis mampu diraih dengan cepat.

10. Mampu Membuat BIG DATA

Tahukah Anda apa itu big data? Big data merupakan data penting bagi perusahaan, yaitu berupa data tentang semua kegiatan marketing Anda.

Anda dapat mengumpulkan data – data penting tentang bagaimana cara terbaik melakukan kegiatan internet marketing.

Sebagai contoh Anda dapat mengolah kembali data siapa saja para konsumen Anda untuk menawarkan produk selanjutnya secara berkala. Atau berupa data penting tentang trend pasar dan lain sebagainya.

Baca juga : Alasan Mengapa Konten Marketing Itu Penting Untuk Perusahaan

Dengan bantuan teknologi semuanya semakin mudah. Untuk itu, perlu pembelajaran khusus agar kita semua semakin memahami dan mampu bersaing secara global. Semoga artikel ini dapat memberikan inspirasi untuk Anda. Salam sukses selalu.

Updated: April 11, 2018 — 5:50 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap