Kunci Sukses Meningkatkan Kinerja Karyawan Perusahaan Anda

Meningkatkan Kinerja Karyawan

Untuk mencapai target perusahaan, kinerja karyawan sangat memegang peranan penting. Disinilah letak tugas pemilik perusahaan atau seorang manajer agar selalu mampu meningkatkan kinerja karyawan.

Pertanyaannya adalah bagaimana caranya?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, seorang manajer harus mengetahui apa saja faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan.

Berikut ini ada beberapa faktor yang harus diperhatikan oleh seorang manajer agar karyawan dapat bekerja secara efektif.

1. Transparan Dari Segi Penilaian Kerja Perusahaan

Secara garis besar, karyawan sangat mengingikan sistem penilaian yang transparan.

Coba Anda lakukan survey di lapangan, berikan pertanyaan apa yang paling mereka inginkan ketika bekerja di perusahaan. Mereka tetnu ingin jenjang karir dan penilaian yang transparan.

Untuk memberikan transparansi kepada karyawan, perusahaan harus memberikan penjelasan terlebih dahulu kepada karyawan. Tujuannya agar mereka mengerti dan memahami tentang sistem yang Anda buat.

Sehingga timbul semangat dan motivasi para karyawan untuk mencapai target penilaian yang mereka inginkan.

Caranya?..

  • Berikan kenaikan gaji bagi karyawan yang benar – bener memberikan kontribusi bagi perusahaan Anda. Bedakan antara yang biasa dan luar biasa.
  • Anda bisa membuat sistem secara jelas tentang cara penilaian perusahaan dengan baik. Lalu jelaskan pada para karyawan Anda.

2. Jenjang Karier

Karir merupakan faktor yang mempengaruhi motivasi seseorang. Dengan demikian, jika perusahaan Anda memiliki jenjang karir yang jelas, maka motivasi karyawan Anda bisa semakin tinggi.

Motivasi tinggi tentu memberikan dampak yang luar biasa pada kinerja. Sehingga tujuan Anda meningkatkan kinerja karyawan dapat tercapai.

Jenjang karir bisa diukur berdasarkan :

  • kemampuan yang dimiliki karyawan
  • berapa lama karyawan telah bekerja
  • pencapaian yang di peroleh selama bekerja di perusahaan Anda
  • Dll

Jelaskan dengan detail kepada karyawan Anda tentang bagaimana sistem jenjang karir pada perusahaan. Jika perlu, berikan penjelasan pada saat awal melakukan rekrutmen, hal ini membantu karyawan untuk mempunyai visi dan misi.

3. Training dan Latihan

Selain 2 faktor diatas, kinerja karyawan juga dipengaruhi oleh faktor ilmu pengetahuan dan skill. Sehingga Anda perlu meningkatkan hal tersebut dengan cara memberikan pelatihan dan praktek lapangan.

Anda bisa membuka training atau pelatihan bagi karyawan Anda. Berikan reward bagi mereka yang mampu mencapai nilai tinggi ketika training, hal ini juga membantu para karyawan untuk berlomba mencapai target ketik training.

4. Reward

Agar perusahaan mampu memiliki karyawan yang berkualitas, berikan hadiah pada mereka yang mencapai nilai tinggi. Berikan juga punishmen bagi mereka yang tidak mencapai target. Cara ini cukup efektif membuat perusahaan Adna semakin maju.

Sebagai contoh jika seorang karyawan mampu bekerja secara luar biasa atau mampu mendatangkan profit besar bagi perusahaan Anda, Anda harus memberikan hadiah atas pencapaian yang ia peroleh.

Reward bisa berupa gaji tambahan, pemberian cuti atau tunjangan lain yang bernilai bagi karyawan tersebut.

5. Menciptakan Suasana Komunikasi yang Baik Antar Karyawan

Jalinan antar karyawan sangat berpengaruh terhadap kinerja, karyawan bisa merasa nyaman karena hubungan yang harmonis antar sesama.

Anda dapat menciptakan suasana tersebut dengan berbagai cara, seperti dengan membuat acara  – acara secara bersama para karyawan Anda.

6. Menjaga Kebersihan dan Suasana Kerja

Setelah Anda mampu meningkatkan motivasi para karyawan, langkah selanjutnya agar motivasi tersebut terus terjaga yaitu memperhatikan bagaimana lingkungan kerja karyawan.

Rencanakan ruang kantor yang efektif sesuai dengan bidang masing – masing karyawan Anda. Selain itu, jaga kebersihan lingkungan agar lebih terasa menyegarkan.

Baca juga : 3 Cara Membangun Team Bisnis yang Solid Untuk Kemajuan Bisnis

Itulah tadi beberapa cara agar karyawan perusahaan Anda memiliki kinerja yang baik. Semoga artikel ini dapat membantu Anda. Jika ada ide tambahan, silahkan tulis pada form komentar dibawah ini. Salam sukses selalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap