Lakukan Hal Ini Sambil Menunggu Jawaban Dari Adsense

Jawaban AdsenseUntuk menjadi seorang publisher Adsense saat ini bukan lagi perkara yang mudah. Saya sering mendengar kabar bahwa, mendaftar Adsense itu tidak semudah seperti dahulu lagi. Proses seleksi atau review agar diterima Adsense bisa memakan waktu 3 hari, 2 minggu lebih bahkan bisa sampai berbulan – bulan menunggu.

Mengapa hal itu terjadi? Dari hasil pengamatan saya hal ini terjadi karena adanya peningkatan standar mutu dan kualitas  yang diterapkan oleh team Adsense. Peningkatan mutu ini sudah semestinya menjadi kabar gembira bagi blogger dan pengiklan, karena sudah tentu membuat bisnis periklanan Google Adword menjadi semakin sukses dan meningkat dari waktu ke waktu. Jadi ada efek timbal balik yang baik dengan adanya kebijakan seperti ini.

Pada saat artikel ini diterbitkan, saya sendiri menunggu sekitar satu bulan lebih lamanya, dan belum ada kabar sama sekali, apakah diterima atau tidak. dan ini merupakan pendaftaran yang ke sekian kalinya. Saya pun hanya bisa pasrah dan berdoa semoga bisa diterima menjadi publisher Adsense.

Akan tetapi ngeblog bukanlah semata – mata untuk Adsense kan? Dengan membuat blog kita bisa berbagi ilmu yang bermanfaat, layaknya seperti perpustakaan online. Blog kita lengkap dengan berbagai macam artikel informatif. Itu sudah menjadi modal yang kuat bagi kita untuk tetap mengisi konten.

Kembali lagi ke masalah mengapa tidak ada jawaban dari Adsense. Penyebab pastinya masih rahasia dan tidak ada yang tahu. Karakteristik blog yang diterima adsense itu tidak disebutkan secara gamblang. Karena kebijakan Adsense memiliki cara padang tersendiri dan tidak akan pernah di publikasikan. Hal ini bertujuan untuk menjaga keamanan program ini dari orang – orang yang tidak bertanggung jawab.

Sebelum kita mengambil langkah apa yang harus kita lakukan, sebaiknya kita cari dahulu informasi  yang setidaknya memberikan alasan mengapa blog Anda tidak menerima kabar dari Adsense. Sehingga kita bisa mengambil solusi dan terus melakukan kegiatan membangun blog dengan baik dan benar.

Saya pun rajin membaca forum bantuan Google, dan melihat begitu banyak pertanyaan dengan problem yang sama seperti diatas, dan saya menemukan ada beberapa kemungkinan penyebab mengapa pendaftaran Google Adsense masih digantung alias menunggu lama saat masa review.

Selain banyaknya calon publisher baru yang mendaftar sehingga menyebabkan blog Anda dalam antrian, ada beberapa poin utama yang menjadi alasan mengapa pendaftaran masih di gantung.

  1. Kode iklan yang Anda pasang tidak benar, artinya Anda harus memasang kode iklan sesuai yang ditampilkan pada dasboard Adsense Lalu pasanglah pada halaman blog yang menerima pengunjung secara regular. Jangan memasang kode iklan pada halaman yang kosong.
  2. Situs Anda masih baru dan tidak menerima visitor unik yang memadai dari mesin pencari. Selain itu memang membutuhkan waktu agar artikel Anda terindex dengan baik oleh mesin pencari. Ada juga beberapa negara yang pendaftarnya harus memiliki blog dengan usia diatas 6 bulan agar diterima Adsense.
  3. Situs Anda tidak memiliki konten yang berkualitas sehingga tidak ada visitor unik yang datang. Jadi bangunlah artikel unik dan berkualitas agar blog Anda memenuhi standar mutu pengguna internet.

Dari situ sebenarnya kita bisa mengetahui bahwa ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan sembari menunggu jawaban dari team review. Memang langkah secara gamblang tidak ada, akan tetapi gambaran secara garis besar dapat kita simpulkan.

Cek Kembali Kode Iklan Yang Dipasang

Untuk memastikan bahwa kode iklan terpasang dengan benar, lakukan cek kembali pada kode iklan Anda. Periksa apakah sudah mengikuti peraturan atau sudah terpasang dengan benar.  Sesuai dengan perintah yang ada ketika kita selesai mendaftar, kode iklan dipasang dibawah tag <head> dengan jenis iklan page level ads. Page level ads merupakan iklan yang tampil hanya pada perangkat selular.

Bagi Anda pengguna wordpress, silahkan cari file header.php lalu cari tag <head> pastekan kode iklan tepat dibawah tag <head> tersebut. Selain itu saya juga memasang kode iklan adsense biasa dengan menggunakan widget. Setelah kita memasang kode iklan dengan benar, maka selanjutnya kita menunggu jawaban dari team Adsense, apakah situs kita layak atau tidak. Iklan akan tampil setelah Anda diterima.

Lakukan Update Artikel Unik Dan Berkualitas Secara Rutin.

Biasanya bagi blogger yang belum menerima jawaban cenderung galau. Saya juga mengalami hal ini, akan tetapi tujuan kita membuat blog Adalah untuk berbagi kan? atau karena memang kita hobi menulis . Jadi tetaplah untuk membangun blog kesayangan Anda secara konsisten.

Usahakan untuk membuat artikel yang lengkap dan unik serta enak dibaca. Buatlah artikel dengan jumlah kata diatas 500 dan alangkah baiknya 2000 an kata. Dengan catatan artikel harus informatif dan bermanfaat bagi para pengguna internet.

Adsense merupakan program untuk konten, sehingga konten merupakan kunci utama agar blog Anda diterima. Berapa jumlah artikel nya? Tidak ada yang tahu, yang jelas jika konten Anda bermutu dan memenuhi kriteria,maka dalam jangka waktu 3 hari saja Anda sudah menerima balasan dan diterima sebagai publisher Adsense.

Setelah diterima Adsense pun Anda harus tetap menyajikan konten yang berkualitas. Sama saja diterima atau tidak. Karena jika ingin blog Anda memiliki visitor dalam jumlah yang tinggi, maka mau tidak mau menulis artikel merupakan pekerjaan rutin. Itulah mengapa kita sering mendengar dari para teman blogger bahwa, membuat blog itu butuh konsistensi.

Baca Juga : cara membuat artikel berkualitas di blog bagi pemula

Cari Informasi Yang Lengkap

Selain rajin update artikel, ada baiknya kita membaca secara teliti aturan – aturan yang ada. Karena ada beberapa jenis konten yang tidak boleh untuk ditampilkan dan ada beberapa peraturan mengenai kebijakan yang harus di penuhi oleh penayang. Dengan rajin membaca peraturan yang ada, kita bisa mengambil langkah – langkah yang tepat dalam membangun sebuah blog sesuai dengan mutu webmaster.

Anda bisa menuju pada pusat bantuan Adsense untuk menemukan informasi lengkap. Coba luangkan waktu untuk membaca, sehingga kita bisa mengetahui sara – saran yang diberikan dan bisa kita terapkan pada blog yang kita kelola.

Itulah beberapa hal yang bisa kita lakukan sambil menunggu jawaban dari Adsense. Memang tidak ada cara yang menjelaskan secara detail, tetapi setidaknya kita bisa mendapatkan gambaran tentang apa yang harus kita lakukan. Jika teman – teman ada masukan atau tambahan silahkan tulis pada kolom komentar.

Updated: May 8, 2017 — 2:51 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap