Manajemen Bisnis Sebagai Usaha Menuju Keberhasilan

Manajemen Bisnis

Manajemen Bisnis

Usaha atau bisnis yang luar biasa sukses tak terlepas dari bagaimana kemampuan dalam mengelola perusahaan yang dijalankan. Hal ini termasuk kedalam kemampuan manajemen yang merupakan hal terpenting bagi pelaku usaha atau pebisnis.

Pengertian Manajemen dijelaskan oleh para ahli secara mudah bisa disimpulkan yaitu sebagai suatu proses perencanaan, sistem organisasi,  pengendalian dan pemanfaatan semua sumber daya untuk mencapai target yang telah di terapkan.

Bisnis memiliki arti sebagai suatu kegiatan yang bertujuan untuk menjual barang atau jasa. Sedangkan manajemen diterjemahkan dari bahasa inggris yang berasal dari kata manage yang mempunyai makna mengatur.

Secara umum kegiatan manajemen dibagi kedalam beberapa kategori diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Manajemen Pemasaran
  2. Manajemen Keuangan
  3. Manajemen Produksi
  4. Manajemen Distribusi

Sebelum membahas 4 poin diatas, ada beberapa tips yang bisa mendukung proses manajemen ini. Tujuannya agar kita memiliki gambaran yang bisa membantu proses pengelolaan sebuah perusahaan atau bisnis dengan baik.

1 . Membuat Plan dan Analisa Secara Menyeluruh

Sebuah proyek atau bisnis baik besar maupun kecil haruslah memiliki sebuah plan atau rencana. Walaupun anda dalam tahap pemula sekalipun wajib memiliki perencanaan yang matang. Ibarat sebuah petunjuk yang akan membantu perjalanan usaha atau bisnis anda tetap terarah.

2 . Membuat Catatan Rinci ( Laporan )

Catatan atau laporan merupakan faktor penting, usahakan untuk mencatat setiap kegiatan dalam usaha bisnis yang sedang Anda kerjakan. Buatlah dengan lengkap dan terorganisir, mulai dari kegiatan yang diambil atau catatan mengenai pengeluaran dan pemasukan.

Terutama bagi usaha kecil yang sedang dalam masa perkembangan. Mencatat semua kegiatan keuangan atau apapun itu harus dilakukan dengan baik dan benar. Laporan keuangan atau laporan kegiatan akan memberikan kemudahan dalam analisa di waktu yang akan datang.

Secara garis sederhana manfaat membuat catatan kegiatan perusahaan / bisnis adalah :

  • Anda lebih mudah untuk melakukan koreksi dari data catatan laporan yang pernah anda buat.
  • Anda bisa menganalisa efektivitas keuangan yang anda jalankan
  • Anda dapat membuat strategi baru jika memang diperlukan
  • Anda mampu untuk mengenal sejauh mana perkembangan bisnis yang sedang dilaksanakan.

Banyak sekali keuntungan yang bisa diperoleh jika Anda mampu membuat catatan / laporan tersebut. Biarpun usaha kecil – kecilan seperti warung, Anda tetap perlu membuat catatan semua pengeluaran dan pemasukan, ataupun strategi yang dipilih.

Untuk perusahaan kelas besar laporan seperti ini memang sudah menjadi kewajiban. Ada bagian tertentu yang bertugas untuk mencatat semua kegiatan perusahaan.

3.Membangun Networking

Semakin luas jaringan yang ada dalam perusahaan Anda maka semakin tinggi kesempatan bisnis anda akan berkembang. Banyak contoh yang bisa kita ambil dari perusahaan yang telah sukses.

Rata – rata para pebisnis memiliki jaringan yang saling menguntungkan antara satu dan lainnya. Anda dapat membangun kerja sama dengan pengusaha lain. Simbiosis seperti ini sangat penting jika Anda ingin perusahaan maju.

4. Selalu Berinovasi

Inovasi merupakan sebuah ide baru yang belum pernah ada sebelumnya. Tujuannya sudah pasti agar usaha yang dijalankan mampu berkembang dengan baik. Kita bisa melihat bagaimana perusahaan  terkenal saat ini seperti Goolge, Samsung, selalu membuat inovasi dengan meluncurkan produk – produk baru.

Nama brand mereka begitu lekat di telinga masyarakat karena kesuksesan mereka dalam menguasai pasar. Andapun bisa mencari contoh inovasi terbaik yang pernah ada sekarang ini, banyak sekali pembaruan yang membuat kita terkagum – kagum melihat torehan prestasi mereka.

A. Bidang Yang Menjadi Bagian Manajemen Bisnis

Manajemen Usaha

Manajemen

Berikut ini, ada beberapa pedoman yang bisa dijadikan referensi mengenai manajemen bisnis. Tujuannya agar Anda sebagai pelaku bisnis mampu melihat dan mampu mengelola berdasarkan patokan utama kegiatan manajemen.

1. Manajemen Produksi

Produksi merupakan usaha untuk meningkatkan daya guna suatu barang. Proses produksi harus dilakukan dengan perencanaan dan pelaksanaan yang tepat agar nilai guna dapat terpenuhi. Disinilah letak peran seorang manajer produksi yang mengatur kegiatan untuk dapat terlaksana dengan biaya dan waktu yang efisien.

Ada beberapa tahapan yang digunakan agar proses produksi suatu perusahaan dapat berjalan dengan lancar.

  • Tahap Analisa dan Perencanaan = Untuk mencapai target yang telah ditentukan oleh perusahaan maka dilakukan perencanaan yang matang, mulai dari jenis peralatan yang digunakan. analisa target pasar hingga kualitas yang di perlukan.
  • Tahap Pengawasan = Dalam pelaksanaannya, proses produksi harus di awasi agar sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan pada tahap perencanaan sebelumnya.

Proses produksi saat ini terus berkembang seiring dengan kemajuan teknologi yang ada. Berbagai macam alat produksi dengan teknologi canggih mulai diterapkan oleh sebagian perusahaan.

Contoh proses produksi yang telah menerapkan teknologi dalam pelaksanaannya.

  • Petani gandum misalnya, sekarang ini telah muncul mesin panen yang bisa dikendalikan secara otomatis, hal ini sangat meringankan para pekerja petani itu sendiri.
  • Bagi pebisnis UKM sudah banyak yang menerapkan peralatan otomatis seperti mesin pemotong kerupuk, kemasan atau packing.
  • Media massa sekarang ini banyak menggunakan media online sebagai sarana menyebarkan informasi, hal ini berbeda dari zaman dahulu ketika media menggunakan kertas.
  • Pabrik automotif sekarang ini lebih banyak menggunakan tangan robot dalam memproduksi peralatan automotif.
  • Dan masih banyak lagi

Inovasi – inovasi diatas secara garis besar memiliki tujuan yang sama yaitu agar proses manajemen bisa berjalan dengan lancar, ekonomis dan tepat saran. Hal ini perlu dipelajari agar kita mampu untuk bersaing dengan dunia global.

2. Manajemen Pemasaran

Anda bisa mencari pengertian manajemen pemasaran ini di luaran sana, karena banyak sekali pakar yang telah mengeluarkan pendapatnya mengenai apa itu manajemen pemasaran.

Saya tidak bisa mengutip ungkapan yang telah mereka ucapkan. Kalau bagi para blogger pasti tahulah apa penyebabnya kenapa kok ada space kosong di sidebar 😀 . Anda masih bisa melihat space kosong di blog ini, artinya sedang di review. Jadi jika saya mengutip kata – kata pakar dengan tujuan memberikan referensi, bisa – bisa dianggap plagiat.

3. Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan merupakan bagian terpenting dari seluruh poin yang ada. Jika seorang manajer keuangan mampu mengendalikan alur pengeluaran atau pemasukan tepat sesuai rencana, maka sudah tentu perusahaan dapat berjalan dengan baik.

Proses manajemen keuangan bukan hanya mencatat saja secara akuntansi, akan tetapi sebenarnya mencangkup kegiatan yang lebih luas dalam sebuah perusahaan.

Anda bisa mempelajari prinsip manajemen keuangan ini dengan memahami materi yang didapat di bangku sekolah, lakukan analisa lebih dalam agar proses bisnis Anda bisa berjalan dengan benar.

4. Manajemen Distribusi

Manajemen distribusi bisa disimpulkan sebagai usaha untuk mengkoordinir penyaluran barang atau jasa dari produsen ke konsumen.  Agar pengetahuan anda lengkap, anda bisa mencari informasi mengenai apa itu Saluran Distribusi dan Distribusi Fisik dan bagian didalamnya.

Kesimpulan :

Ketika menjalankan sebuah bisnis memang harus memiliki beberapa pengetahuan yang harus dikuasai. Mulai dari marketing seperti membuat brand menarik, promosi dan lain sebagainya. hal ini sangat mendukung aktivitas manajemen yang anda rencanakan.

Baca juga : 6 Cara Membuat Nama Brand Atau Merek Yang Menarik

Semoga artikel ini bisa memberikan tambahan ilmu kepada teman – teman yang sedang mencari informasi tentang apa itu manajemen usaha. Jika ada tambahan saran maupun kritik, silahkan isi pada form komentar dibawah ini.




Updated: March 25, 2017 — 5:13 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap