Manfaat Blog Secara Umum Yang Mungkin Bisa Memberi Inspirasi

Manfaat blog secara umum
Apa sih manfaat blog yang bisa kita simpul kan secara umum? lalu apa saja yang harus di lakukan agar blog yang di kelola bisa berkembang?  Sebelum membahas manfaat blog, Perlu kita ketahui terlebih dahulu bahwa membangun sebuah blog  bukanlah pekerjaan yang mudah, butuh konsisten yang kuat agar blog yang di bangun bisa sesuai dengan tujuan yang ingin di capai. Tergantung dari topik atau tema yang Anda pilih, seperti topik gado – gado atau spesifik sesuai dengan bakat yang anda miliki. Bisa saja blog Anda hanya sekadar tempat menuliskan catatan pribadi yang kemudian bisa di baca oleh banyak orang. Tentu dengan syarat bisa memberikan manfaat yang positif buat pembaca.

Semuanya di kembalikan lagi pada niat diri masing – masing, jika memang niatnya tulus ingin berbagi informasi yang berharga, maka blog akan dengan sendirinya berkembang. Karena akan ada saja informasi yang menarik yang bisa Anda sajikan di blog milik Anda sendiri.

Blog sebenarnya lebih kepada penyajian informasi buat pengguna internet. Dimana mereka (Pengguna Internet ) banyak sekali mencari informasi tentang misalnya : mencari bagaimana cara memecahkan masalah dan mencari solusi yang sedang mereka hadapi, atau mencari informasi baru dan lain – lain sebagainya.

Untuk itu sebagai seorang blogger, berikan jawaban sebaik mungkin sesuai dengan kemampuan kita. Dengan demikian blog akan lebih bermanfaat buat orang banyak. Berikut ini ada beberapa manfaat blog secara umum yang di jelaskan sebatas pengalaman admin sebagai pemula.

1. Sebagai Ajang Untuk Latihan Menulis

Setelah kita memiliki sebuah blog, tentu kita harus mengisinya dengan konten – konten yang bernilai. Sehingga mau tidak mau kita tanpa sadar sedang meningkatkan kemampuan menulis. Seperti saya sendiri, memang terasa tidak mudah untuk menulis. Membuat satu paragraf saja rasanya tidak nyambung.

Tetapi jangan jadikan hal tersebut sebagai sebuah masalah, karena tadi seperti yang telah di katakan bahwa semuanya tergantung dari niat masing – masing. Jika merasa sulit untuk menulis, maka niat kan saja untuk berbagi ilmu yang Anda miliki kepada orang lain.

Menurut pengalaman para senior blogger, mereka mengatakan bahwa kemampuan menulis akan meningkat seiring waktu jika kita mau untuk terus menulis sesuatu yang menarik di blog yang kita kelola.

2. Sebagai Tempat Menimba Ilmu

Selain kemampuan menulis meningkat, memiliki sebuah blog bisa berdampak bertambahnya ilmu pengetahuan. Karena kita akan selalu mencari informasi terbaik yang terkait dengan blog yang kita miliki. Entah itu tentang pengembangan artikel atau pengembangan blog itu sendiri.

Bagi blogger pemula seperti Saya, selain melakukan update artikel, selalu nya di sertai dengan membaca kesana kemari, mencari tambahan ilmu yang mendukung dalam membangun blog ke depannya.

Jika memang niat kita benar, tidak ada salahnya untuk serius mengurusi blog yang kita miliki. Ciptakan nuansa yang yang baik bagi para blogger biar negara kita di beri nilai positif oleh negara lain.

3. Menambah Wawasan Yang Kita Miliki

Pada poin dua di atas, manfaat blog lainnya adalah Anda akan mampu untuk mendalami bidang yang Anda tekuni. Misalkan blog yang di bangun membahas topik yang terkait dengan bidang Anda, maka secara otomatis ilmu pada bidang tersebut semakin berkembang.

Hal ini berbeda dengan blog gado – gado, sangat banyak cabang yang harus di urai sehingga terkesan kurang fokus. Nah jika memang Anda sedang memutuskan untuk membuat blog, maka carilah terlebih dahulu informasi mengenai keuntungan atau kerugian antara topik topik khusus atau gado – gado.

4. Membantu Orang Lain Dengan Ilmu Yang Bermanfaat

Membantu orang lain tidak hanya dengan materi, tetapi bisa juga dengan ilmu pengetahuan. Dengan memberikan solusi bagi pembaca, Anda sebenarnya sedang membantu orang lain yang sedang memerlukan informasi tersebut. Asalkan kembali di tekankan informasi yang di berikan haruslah yang bernilai positif.

Jika  Anda memiliki pengetahuan tentang bagaimana cara manajemen sebuah perusahaan dengan baik, cara berbisnis atau ilmu bermanfaat lainnya Anda bisa sharing dengan orang lain melalui blog. Dengan kata lain Anda sedekah ilmu kepada orang lain.

5. Meningkatkan Trust

Jika blog Anda berisi artikel menarik dan menunjukkan komitmen yang serius, hal ini bisa membuat pekerjaan Anda menjadi lebih baik. Tidak jarang perusahaan tempat kita melamar pekerjaan akan memeriksa profil Anda di internet. Sehingga jika Anda author sebuah blog, maka akan terlihat di sini bahwa Anda orang yang berkomitmen tinggi. Asalkan blog yang di kelola bisa menunjukkan keseriusan dan kualitas yang baik.

Kepercayaan memang tidak bisa di beli dengan materi. Tetapi dengan memperlihatkan keseriusan dan komitmen yang tercermin, dapat meningkatkan kredibilitas  Anda di mata orang lain. Untuk itu jika sedang membangun blog, usahakan untuk berada pada jalur yang benar. Utamakan kejujuran agar Anda bisa di percaya oleh orang lain.

6. Sebagai Sebuah Diary Online

Sering kita temui blog yang berisi tentang Diary catatan hal – hal pribadi mereka. Dengan demikian tidak perlu lagi menggunakan media kertas, Anda bisa dengan leluasa menulis kisah kehidupan yang bermanfaat buat orang lain. Jika pengunjung blog Diary Anda ramai, maka Anda akan memperoleh Feedback dari pembaca setia Anda.

Membuat catatan pribadi dengan media online memberikan banyak kemudahan, diantaranya kita hanya butuh perangkat pendukung dan ada koneksi internet. Kita bisa dengan leluasa mengedit tulisan yang telah di buat. Tanpa coretan seperti pada media kertas biasa.

7. Menambah Teman Dan Komunitas

Dengan memiliki sebuah blog kita akan memiliki banyak sekali teman – teman yang saling mendukung antara satu sama lainnya. Hal ini terlihat pada blog yang telah ramai pengunjung, komunitas yang terjalin sangat kuat di antara mereka. Nah rata – rata blogger terkenal yang telah berkembang memiliki artikel dalam jumlah ratusan bahkan ribuan. Dari sinilah seorang blogger pemula harus belajar, mulai dari belajar bagaimana konsisten dalam melakukan update artikel dan lain sebagainya.

8. Menjadi Author Atau Penulis Media

Karena Anda sering menulis artikel untuk mengisi konten pada blog yang di kelola, maka secara tidak langsung kemampuan menulis seorang blogger seiring waktu akan semakin meningkat. Sehingga menjadi penulis pada media – media yang ada sangat terbuka lebar. Entah itu dari media massa, majalah dan lain sebagainya.

Sebenarnya ada banyak sekali manfaat  blog yang masih belum bisa saya sebutkan satu persatu, di dikarenakan saya sendiri masih pemula dalam dunia blogging. Semoga dengan artikel ini bisa memberikan inspirasi dan gambaran tentang apa saja manfaat dari aktivitas blogging.




Updated: January 20, 2017 — 2:47 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap