Apa Saja Manfaat Blog Untuk Bisnis Yang Bisa Didapat

Manfaat Blog Untuk Bisnis

Ilustrasi Bisnis

Banyak, nah loh langsung pembuka kalimat dengan kata banyak, iya memang banyak manfaat yang didapatkan dengan menggunakan blog untuk bisnis. Akan tetapi ada syaratnya, apa itu? Jutaan atau ratusan ribu visitor gratis ke blog Anda setiap hari.

Misalnya nih toko yang kamu buka setiap hari di datangi ratusan ribu pembeli atau para pelanggan Anda, apa yang bisa didapat hayo. Secara fakta pasti semua orang tahu, kalau blog yang bisa kita ibaratkan sebagai sebuah toko jika didatangi oleh customer dalam jumlah yang bejibun bagaimana?

Sudah bisa dibayangkan tentunya apa manfaat blog untuk kelancaran bisnis Anda. Ini terlalu muluk kayaknya pembukaan artikel yang saya buat. Kita standar aja deh agar lebih baik dan tidak terlalu over dalam membahas tentang manfaat blog untuk bisnis ini. Karena kalau terlalu over nanti ekspektasi Anda berlebihan dengan kenyataan yang ada, yaitu apakah membangun sebuah blog baru itu seperti semudah membalikkan telapak tangan atau bagaimana?

Nah jadi mikir, jangan berfikir terlalu banyak, pelan – pelan saja pahami. Realistis saja mas. Anda harus tetap semangat untuk berusaha.

Traffic sebuah web atau blog yang berkualitas adalah trafik yang datang secara gratis dari mesin pencari. Sebagai contoh, ketika ada pengguna internet yang mencari informasi tentang laptop lalu menulis kata kunci “laptop” di mesin pencari, kemudian akan muncul urutan blog – blog yang membahas seputar laptop. Jika blog atau website kita mampu menduduki peringkat satu misalnya, maka dari sekian banyak orang yang mencari informasi tersebut berpeluang datang ke blog Anda.

Membangun sebuah blog bukan hal yang instan, blog yang murni mendapatkan trafik tinggi dari search Engine membutuhkan usaha dan tekat yang kuat. Ada syarat – syarat yang harus dipenuhi agar Anda bisa memenangkan persaingan di mesin pencari. Hal ini yang sering disebut sebagai SEO oleh para blogger.

Isi konten dan jenis topik sebuah blog itu ada banyak, ada bentuk diary, lirik lagu, artikel informatif, artikel bisnis dan lain sebagainya. Nah karena kita membahas tentang bisnis, berikut ini ada beberapa manfaat blog dari segi bisnis.

A. Sebagai Media Promosi

Sebuah blog yang ramai pengunjung sudah tentu bisa dijadikan sebagai tempat untuk melakukan promosi produk dan jasa Anda. Atau anda bisa menyediakan jasa pemasangan iklan space pada blog Anda tersebut.

Setiap artikel yang dibuat oleh para pemilik blog, memiliki peluang untuk mendatangkan visitor. Jadi semakin banyak artikel yang di publish, maka kesempatan untuk meraih visitor pun semakin terbuka lebar. Itulah mengapa kita sering melihat blog besar pasti selalu update artikel mereka setiap hari. Bahkan dalam hitungan menit sudah ada artikel – artikel baru yang mereka publish.

B. Nama Brand Cepat Dikenal

Jika blog yang dikelola mampu mendatangkan visitor yang ramai serta memberikan informasi yang menarik dan bermanfaat untuk pengunjung, sudah tentu nama blog Anda semakin dikenal oleh banyak orang. Apalagi jika nama blog Anda merupakan nama brand atau merek sesuai dengan produk / jasa Anda dijalankan. Tentu hal ini bisa sangat bermanfaat seperti.

  • Nama brand cepat dikenal
  • Memberikan trust kepada customer karena Anda mengedepankan kualitas.
  • Memberikan kemudahan dalam kegiatan marketing

Seperti kita ketahui bahwa nama brand merupakan sebuah identitas bagi bisnis yang Anda kelola, sekaligus sebagai strategi marketing yang sangat memberikan kemudahan dalam mencapai audiens.

Anda bisa membaca : 6 Cara Membuat Nama Brand Atau Merek Yang Menarik

C. Mudah Membangun Networking

Dengan memiliki sebuah blog, Anda dapat dengan mudah untuk saling mengenal antara satu dan yang lainnya di dunia Internet. Informasi dan strategi kerja sama bisa dibangun antara komunitas Internet. Banyak teman – teman blogger yang baik dan saling support antara satu dan lainnya.

Tapi sudah tentu harus anda ingat bahwa, membangun blog bukan hanya membuat blog posting artikel lalu berhasil. Masih ada pekerjaan lain yang harus di buat terlebih dahulu. Anda harus belajar bagaimana membuat artikel yang berkualitas, membuat blog lebih seo friendly dan lain sebagainya.

Ada banyak usaha yang harus dijalankan agar blog mampu bersaing, bayangkan diseluruh dunia setiap hari ada 2 juta artikel yang ditulis dan masuk kedalam database search Engine. Sebagian besar tujuannya sama yaitu mendapatkan rangking di 10 besar berdasarkan keyword yang ditargetkan. Bagaimana caranya Agar bisa menang dalam persaingan, caranya buatlah artikel yang unik bagi search engine dan berkualitas bagi pengunjung. Konten is the king.

D. Mudah Menjangkau Target Market Dari Manapun

Manfaat blog untuk bisnis selanjutnya adalah kemudahan dalam menjangkau pasar. Jaringan internet kini tersebar kemana – mana hingga seluruh dunia, bahkan hampir setiap kabupaten di Indonesia sekarang ini sudah bisa menggunakan jaringan internet. Ini merupakan sebuah keuntungan yang dimiliki oleh sebuah blog. Visitor bisa datang dari mana saja tanpa kenal waktu dan wilayah.

Pengguna internet saat ini juga semakin tumbuh dari waktu ke waktu. Seperti di Indonesia sendiri telah mencapai lebih dari 100 juta pengguna internet. Semakin hari perkembangan bisnis media elektronik memang kian pesat, hal ini tentu harus di manfaatkan. Salah satunya adalah dengan membangun sebuah blog dan membawa nama brand bisnis yang Anda kelola.

E. Mudah Mendapatkan Feedback

Agar produk Anda selalu mengedepankan kepuasan para konsumen, maka dengan membangun blog kemudahan itu dapat dicapai karena Anda senantiasa terhubung secara langsung dengan konsumen Anda. Biasanya interaksi akan terjadi dari komentar – komentar yang muncul pada setiap artikel. Jika memang produk atau jasa yang Anda tawarkan memuaskan para pelanggan, Anda dengan mudah mendapatkan komentar dari mereka.

Itulah tadi beberapa manfaat blog untuk bisnis yang bisa kita dapatkan dengan cara mengelola sebuah blog. Blog sendiri berdasarkan isinya memang ada banyak. Ada blog berupa diary, ada blog yang berisi tentang ilmu pengetahuan, berisi tentang tutorial yang bermanfaat. informasi menarik, bisnis, dan lain – lain.

Blog yang berdasarkan passion atau hobi itu lebih baik dari pada blog yang hanya sekedar ikut – ikutan. Karena blog dengan tema yang dibuat berdasarkan hobi biasanya berisi dengan konten yang penuh dengan ilmu bermanfaat untuk dishare. Tapi itu terserah pilihan semuanya ada ditangan Anda untuk memilih blog dengan tema yang seperti apa. Semoga bisa membantu.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap