Manfaat Internet Marketing Bagi Bisnis yang Perlu Anda Ketahui

Berkat kemajuan teknologi yang ada sekarang ini, ilmu marketing menjadi semakin berkembang. Sehingga muncul istilah internet marketing.

Internet marketing sebenarnya bukan hanya menjual produk saja, internet marketing memiliki cakupan pengertian yang luas.

Mengapa harus mengerti tentang manfaat internet marketing?

Seperti yang kita ketahui bahwa sekarang ini internet sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Mulai dari kota hingga pelosok desa kini telah memanfaatkan internet untuk berbagai kegiatan.

Nah dengan demikian, terdapat peluang yang sangat besar untuk memasarkan produk lewat internet.

Manfaat internet marketing untuk bisnis

Itulah penyebab mengapa banyak pebisnis yang sukses setelah memanfaatkan teknologi internet marketing.

Berikut ini manfaat internet marketing bagi bisnis Anda yang perlu Anda ketahui.

1. Biaya yang lebih murah

Sebagai contoh jika kita menggunakan metode konvensional, kita harus mencetak brosur dan membayar biaya tersebut, belum lagi biaya penyebaran. Namun, dengan menggunakan internet, Anda hanya perlu modal koneksi dan smartphone atau laptop.

Biaya yang digunakan cukup murah, apalagi harga elektronik dan harga koneksi internet sekarang ini sudah begitu bersahabat.

Pada awalnya mungkin Anda merasa bingung, tapi lama kelamaan setelah Anda mahir, promosi lewat internet itu sangat mudah dan menyenangkan.

2. Jangkauan Pasar yang Sangat Luas

Bandingkan lagi dengan cara konvensional. Apakah Anda mampu menyebarkan brosur ke semua provinsi bahkan antar negara?

Tapi dengan bantuan internet, Anda mampu memasarkan ke semua kabupaten. Artinya, target internet marketing itu tak terbatas, mampu mencapai seluruh daerah yang terkoneksi ke internet. bahkan hingga ke seluruh dunia.

Agar berhasil mencapai target market yang luas, Anda harus belajar bagaimana cara menargetkan iklan berdasarkan lokasi dan belajar bagaimana cara melakukan riset pasar dengan benar.

3. Target market yang dapat ditentukan

Dengan internet marketing, Anda bisa menentukan siapa saja yang harus melihat promosi Anda. Sebagai contoh menentukan berdasarkan wilayah, jenis kelamin, bahkan hingga hobi target market.

Nah, dengan cara tersebut, Anda akan mampu menghemat biaya lebih banyak. Iklan Anda dapat berjalan secara efektif dan efisien. Dampaknya, cash flow usaha Anda dapat berjalan positif dan berkembang pesat.

Itulah kelebihan internet marketing yang tak dimiliki oleh metode marketing konvensional.

Kita tahu bahwa dengan target market yang tepat, produk Anda dapat terjual laris. Mengapa? karena Anda melakukan promosi pada orang yang membutuhkan produk Anda.

Selain itu, Anda dapat melihat trend pasar lho. Kita bisa melihat kapan waktu trend sebuah produk naik secara drastis. Sebagai contoh trend warna dari suatu produk, adakalanya warna tertentu menjadi kecenderungan minat beli para konsumen.

4. Variasi yang sangat beragam

Internet marketing memiliki variasi yang sangat beragam. Hal ini karena teknologi yang digunakan begitu bervariasi. Anda dapat menentukan model internet marketing yang ingin Anda gunakan berdasarkan kemampuan yang Anda miliki.

Berikut ini contohnya :

  • Teknik marketing dengan Adword Ini yang paling canggih.
  • Email marketing
  • Teknik SEO Marketing
  • Sosial Media marketing
  • Dan masih banyak lagi

Jika Anda mampu meraih profit besar, Anda dapat menggunakan jasa internet marketing yang ada. Tentu dengan catatan jasa yang dipilih harus ternama dan terbukti berhasil.

Atau, setelah Anda memiliki pengalaman yang cukup banyak dan profit usaha Anda besar, Anda dapat membangun team internet marketing Anda sendiri. Serta membuat berbagai macam strategi pemasaran melalui internet.

5. Brand awareness cepat tumbuh

Semakin sering promosi Anda dilihat, semakin besar produk Anda akan terkenal. Itu salah satu bentuk dari teknik brand awareness yaitu kesadaran akan merek. Teknik ini memang ampuh, dengan teknik ini, brand bisnis Anda akan selalu diingat.

Seperti yang telah dijelaskan bahwa dengan internet Anda dapat menjangkau pasar luas dengan biaya yang murah. Sehingga, brand Anda akan semakin mudah dilihat oleh para calon konsumen Anda.

6. Dapat dilakukan di mana saja

Kegiatan internet marketing dapat dilakukan dimana saja lho, tak sama seperti metode konvensional. Metode konvensional Anda butuh ruko untuk kantor, sedangkan internet tidak seperti itu, Anda dapat melakukan kegiatan promosi dari mana saja dan kapan saja.

Selagi masih ada koneksi internet, Anda bisa melakukan kegiatan marketing. Tentu hal ini memberikan keuntungan yang lebih banyak.

Internet marketing terkenal dengan fleksibilitas yang dimilikinya. Hal ini karena memang teknologi diciptakan untuk memudahkan pekerjaan manusia.

7. Dapat dibuat otomatis

Teknologi internet memungkinkan kegiatan Anda dapat berjalan otomatis. Berbagai platform internet marketing yang mendukung model seperti ini. Sebut saja seperti kegiatan email marketing. Dengan bantuan teknologi, Anda dapat dengan mudah mengumpulkan data pelanggan dan melakukan follow up secara otomatis.

Kegiatan otomatis dapat membuat waktu Anda lebih bermanfaat. Anda dapat melakukan kegiatan lain yang dapat mendukung internet marketing Anda menjadi lebih efektif.

Masih banyak contoh kegiatan internet marketing yang dapat berjalan otomatis. Anda hanya perlu belajar bagaimana cara memanfaatkan teknologi yang ada. Carilah informasi dan wawasan sebanyak mungkin agar pengetahuan Anda meningkat.

Baca juga : 7 Faktor Penting yang Bisa Membuat Usaha Anda Berkembang Sukses

Pengguna internet saat ini sudah mencapai angka yang sangat tinggi. Setiap tahun akan terus bertambah dan membuka kesempatan baru bagi para pebisnis. Semoga artikel ini dapat memberikan Anda inspirasi dan wawasan. Jika ada pertanyaan, silahkan tulis pada form komentar dibawah ini. Salam sukses selalu.

Updated: April 21, 2018 — 2:30 am

1 Comment

Add a Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap