Manfaatkan Kecanggihan Smartphone Anda Untuk Bisnis Agar Lebih Mudah

Agar smartphone yang Anda miliki bisa memberikan banyak kemudahan. Manfaatkan beberapa teknologi smartphone yang ada untuk menjadikan kegiatan sehari hari Anda menjadi semakin mudah. Terutama dalam bidang bisnis. Penasaran apa aja? Yuk coba kita bahas.

Kehadiran smartphone telah nyata memberikan banyak sekali revolusi. Akses informasi dan komunikasi menjadi semakin mudah, cepat dan sangat efisien. Selain itu, sebenarnya kita bisa memanfaatkan smartphone lebih dari fungsi dasarnya saja. Anda bisa membuat semacam alat canggih untuk memantau dan mengelola kegiatan bisnis.

Bisnis Lewat Handphone

Terintegrasi dengan email bisnis

Bagi pebisnis atau perusahaan profesional biasanya pasti memiliki email perusahaan. Anda tidak perlu lagi menggunakan komputer. Anda bisa menggunakan smartphone untuk membaca mengirim dan mengelola email lewat smartphone.

Selain memiliki kemudahan dalam hal mobilitas, integrasi email bisnis Anda dapat membuat Anda menjadi semakin terlihat profesional.

Untuk membuat email bisnis dan smartphone agar bisa terkoneksi, silahkan Anda login menggunakan aplikasi email bawaan smartphone. Biasanya ada domain external dan server external yang bisa Anda pasang pada aplikasi tersebut.

Pengelolaan aplikasi penjualan / akuntansi

Anda bisa menggunakan smartphone untuk memantau aktivitas yang ada pada perusahaan yang Anda miliki. Anda bisa membuat jaringan yang saling terhubung antara smartphone dengan database yang ada. Misalkan memantau dan melakukan editing pada software penjualan.

Anda bisa memasang software penjualan pada server. Selanjutnya, Anda bisa melakukan editing dari manapun. Tak perlu ada di kantor, Anda bisa melihat langsung arus keluar masuk kegiatan bisnis Anda.

Kegiatan semacam ini tentu lebih memudahkan Anda. Hanya saja kita perlu menjaga keamanan. Gunakan beberapa metode enkripsi yang lengkap. Anda perlu menjaga privasi dan keamanan perusahaan agar semua data bisa lebih terjaga.

Sebagai contoh penggunaan software penjualan dan stok barang. Tentu karyawan Anda terus mencatat arus barang yang keluar dan masuk. Dengan memanfaatkan koneksi ke smartphone. Anda bisa memantau langsung. Kapan harus menambah stok atau mengatur beberapa manajemen bisnis.

Website / blog

Sekarang ini banyak perusahaan yang telah memanfaatkan website untuk kegiatan bisnis. Website dapat didesain dengan segala macam jenis database yang ingin Anda integrasikan. Anda bisa membuat website untuk review produk, promosi atau untuk menargetkan konsumen lewat search engine.

Dengan menggunakan smartphone. Anda bisa langsung membuka admin website. Anda bisa melihat apa saja yang terjadi, bisa melihat bagaimana kinerja website, bisa memantau bagaimana kinerja server, visitor log dan lain sebagainya.

Anda bisa menjawab dan melayani konsumen secara langsung. Terutama pada website jenis e-commerce. Keluhan dan review pelanggan bisa langsung di tangani. Kecepatan pada pelayanan merupakan faktor yang sangat membantu perkembangan bisnis Anda.

Penyimpanan Google Drive

Selain menggunakan server kantor atau server tertentu lainnya. Anda bisa memanfaatkan Google drive untuk menyimpan berbagai macam keperluan dokumen bisnis. Anda bisa memanfaatkan smartpone untuk melakukan akses pada dokumen tersebut.

Bila komputer kantor menggunakan server Google drive untuk menyimpan beberapa file dokumen. Anda bisa langsung mengakses dokumen tersebut melalui smartphone yang Anda miliki.

Mungkin bagi sebagian pebisnis belum menggunakan server pribadi atau menyewa server sendiri. Anda bisa memanfaatkan Google drive sebagai solusi. Selain aman, platform ini juga lebih lengkap.

Platform Google drive juga menawarkan pengelolaan cloud dalam bisnis. Anda bisa menerapkan metode kolaborasi dengan kantor cabang yang Anda miliki. Semua data saling terhubung menjadi satu terpusat dengan sistem cloud. Tentu hal ini sangat memudahkan dalam aktivitas bisnis.

Manajemen pun menjadi semakin mudah jika Anda menerapkan sistem cloud pada semua bagian dalam bisnis Anda.

Penyimpanan hosting pribadi

Jika Anda memiliki server pribadi atau menyewa server. Anda bisa menggunakan smartphone untuk mengakses file tersebut. Sama seperti Google drive. Hanya saja Anda menggunakan jasa server pribadi seperti VPS dkk.

Dengan adanya smartphone, Anda bisa menjadi semakin mudah dalam hal akses bukan?

Anda juga bisa membuat aplikasi yang di desain khusus untuk bisnis yang Anda jalankan. Server pribadi memang memiliki banyak keunggulan. Anda bisa dengan leluasa menentukan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Baca juga : Melirik Perkembangan Bisnis E-Commerce Yang Ada Sekarang Ini

Itulah tadi beberapa hal yang bisa kita lakukan lewat smartphone. Sebenarnya jika yang membahas ini orang IT, mungkin penjelasannya bisa lebih banyak dan lengkap. Saya hanya mencoba menjelaskan berdasarkan apa yang pernah saya temui informasinya. Serta berdasarkan apa yang telah saya terapkan selama ini.

Anda bisa menemukan metode sendiri. Silahkan pelajari apa itu sistem cloud. Bagaimana agar sistem cloud dapat bekerja dengan baik pada komputer dan sebagainya.

Semoga penjelasan ini dapat membantu Anda dan memberi gambaran kira – kira apa saja manfaat smartphone untuk bisnis. Apakah ada fitur yang bisa kita manfaatkan untuk membantu perkembangan bisnis yang kita miliki. Dengan demikian, kita bisa memanfaatkan teknologi agar mampu bersaing dengan yang lain.

Updated: August 3, 2017 — 5:53 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap