Masihkah Anda Mencari Ide Bisnis? Berikut Ini Tips yang Bisa Anda coba

Masihkah Anda Mencari Ide Bisnis? Berikut Ini Tips yang Bisa Anda coba – Orang melakukan sesuatu karena ada alasan yang mendorong untuk melakukannya. Mengapa Anda membaca artikel ini, tentu Anda punya alasan yang kuat bukan. Bisa jadi alasan ingin tahu, alasan ingin bisa berbisnis dan lain sebagainya.

Nah, kita bisa mensetting alasan ini menjadi suatu hal yang sangat luar biasa. Apa itu? Yaitu praktek untuk memulai bisnis.

Praktek Ide Bisnis

Bisnis besar dimulai dari ide. Dan tahukah Anda bahwa sebenarnya ide bisa kita dapatkan dari mana saja. Yang penting ide tersebut tepat dan memiliki strategi yang tepat pula.

Apakah bisnis besar harus berawal dari ide yang besar pula? Jawabannya tidak. Banyak bisnis besar berawal dari ide yang sangat sederhana. Seiring waktu, ide yang pada awalnya sederhana berubah menjadi ide besar. Walaupun memang ada juga usaha besar berawal dari ide besar.

Penulis yakin bahwa Anda pasti punya ide, Anda punya gambaran beberapa jenis usaha yang ingin dijalankan. Akan tetapi, mungkin Anda merasa kurang yakin atau merasa masih membutuhkan faktor lain. Sehingga, hal ini menyebabkan ide tersebut tak kunjung Anda laksanakan.

Agar berhasil dalam usaha, analisa, riset, plan dan praktek merupakan faktor – faktor yang mendukung kesuksesan.

Banyak sekali para pemula yang tak kunjung merealisasikan bisnis yang sebenarnya sudah ada didepan mata. Secara umum kendala yang dimiliki adalah modal atau adanya pertimbangan – pertimbangan yang masih mengganjal.

Untuk mengatasi masalah tersebut sebenarnya sangatlah sederhana. Pertama, catat dengan jelas semua ide bisnis Anda. Kedua, lakukan riset dan analisa plan.

Agar lebih jelas, berikut ini ada beberapa cara agar Anda bisa memulai usaha. Perlu Anda ingat, semua keputusan ada ditangan Anda. Silahkan Anda explore sendiri teknik yang Anda miliki agar sukses dalam berbisnis.

Riset yang jelas, analisa pasar yang jelas, plan yang jelas merupakan faktor yang dapat membuat Anda memulai praktek bisnis

Seperti yang telah dijelaskan pada paragraph pertama. Alasan merupakan dorongan yang dapat membuat seseorang take action.

Agar faktor alasan bisa berubah menjadi sebuah dorongan praktek berbisnis. Lakukanlah analisa terhadap ide bisnis yang Anda miliki sekarang ini.

Apa tujuannya?

Sudah tentu tujuannya agar Anda mendapatkan alasan yang kuat mengapa Anda take acition terhadap ide yang Anda mliki. Bisa jadi Anda menemukan alasan bahwa potensi market yang sangat besar, biaya produksi yang murah, mudah dalam  praktik dan lain sebagainya.

Carilah Mentor atau panutan bisnis Anda.

Bagi pemula tentu masih minim pengalaman jika dibandingkan dengan para entrepreneur yang sudah sukses. Jika tidak diatas, bisa jadi Anda tidak take action melaksanakan ide Anda. Untuk mengatasi masalah ini bisa Anda cari mentor yang telah sukses sesuai dengan bidang ide bisnis Anda.

Melihat contoh secara nyata dan bukti nyata kesuksesan seseorang dapat membuat kepercayaan diri meningkat. Kepercayaan diri ini bisa membuat usaha Anda mencapai sukses menjadi lebih cepat. Apalagi ketika Anda memiliki seorang mentor yang tepat.

Anda bisa menerapkan teknik ATM yaitu teknik Amati, Tiru dan Modifikasi. Banyak contoh panutan yang bisa Anda tiru dan perhatikan. Belajarlah dari pengalaman mereka sehingga dapat mempercepat proses belajar Anda pada bidang bisnis yang akan Anda kerjakan.

Semua orang setuju dengan pendapat bahwa pengalaman merupakan pelajaran yang \paling berharga. Untuk mendapatkan pengalaman, kita harus praktek terlebih dahulu, akan tetapi dengan bantuan mentor, Anda akan mendapatkan short cut atau jalan cepat mengetahui pengalaman mereka.

Buat plan yang jelas, dan keputusan ada di tangan Anda.

Bisnis yang berhasil tumbuh dengan secara terus menerus sudah tentu memiliki rencana dalam kegiatan mereka. Begitu juga dengan Anda ketika ingin memulai sebuah usaha. Perlu membuat perencanaan yang matang berdasarkan analisa yang Anda lakukan.

Plan sama seperti sebuah peta yang memberikan petunjuk bagi kegiatan bisnis Anda. Untuk itu, buatlah plan secara rinci berdasarkan analisa yang telah Anda lakukan sebelumnya.

Baca juga : Cara Memulai Usaha Dari Awal Agar Sukses Jangka Panjang

Itulah tadi beberapa cara agar ide yang Anda miliki bisa segera terealisasi dengan baik. Semoga dari artikel ini Anda bisa mendapatkan gambaran untuk mencapai kesuksesan dalam berbisnis. Salam sukses selalu.

Updated: December 9, 2017 — 7:04 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap