Melihat Kesempatan Bisnis Menjadi Penulis Artikel Lepas Online

Bisnis Menulis Artikel

Perkembangan bisnis online dan media informasi memang telah nyata mengalami peningkatan. Banyak sekali pelaku bisnis yang telah memanfaatkan kesempatan ini untuk mengembangkan usaha mereka. Buktinya kita melihat selalu ada saja startup baru yang muncul saat ini.

Internet telah menjadi sebuah kebutuhan bagi masyarakat modern. Komunikasi, membaca informasi hingga melakukan kegiatan bisnis bisa dilakukan lewat media internet.

Peluang ini bisa dimanfaatkan bagi Anda yang memiliki hobi menulis. Hobi menulis memang bisa mendatangkan profit yang cukup untuk Anda. Anda bisa melihat banyak media informasi yang terus tumbuh dari waktu ke waktu. Sebut saja seperti blog personal, media berita, e-commerce dan website institusi perusahaan.

Media tersebut tentu membutuhkan konten agar mampu mendatangkan trafik. Coba saja Anda perhatikan blog – blog besar,biasanya menggunakan beberapa jasa penulis. Blog besar mampu menerbitkan banyak artikel setiap hari.

Adakalanya pemilik blog mengelola lebih dari satu blog. Maka mereka sudah tentu menggunakan jasa penulis. Nah ini merupakan kesempatan yang baik bagi orang yang bisa menulis artikel. Terutama jika Anda mengerti bagaimana menulis artikel yang berkualitas dan memenuhi kriteria penulisan konten seo.

Selain media blog, website portal berita juga sama, mereka menggunakan jasa penulis dan wartawan untuk meliput berita. Sama saja kan? mereka butuh penulis untuk menerbitkan berita setiap hari.

Blog besar seperti techcrunch dari luar negeri, mereka punya staf khusus yang menangani masalah konten. Lengkap dengan editor penulis dan penasehat. Semua blog besar seperti itu karena sudah tentu blog besar mampu mendatangkan profit yang tinggi dari kegiatan blogging yang dilakukan.

Kembali lagi ke persoalan mengapa penulis artikel bisa memiliki kesempatan baik pada bisnis online. Anda tentu melihat banyak sekali informasi yang mudah untuk diakses, berbagai macam topik dan tema bisa kita temukan dengan mudah. Dari kemudahan ini, banyak pelaku bisnis yang terus tumbuh, inilah kesempatan yang baik bagi penulis.

Bagaimana cara merintis?

Agar kita lebih jelas dalam melihat peluang ini, terlebih dahulu kita coba bahas apa saja langkah awal yang bisa kita lakukan, dan melihat apa saja manfaat yang bisa kita dapatkan dari kegiatan menulis artikel dan kegiatan bisnis ini.

1. Perbanyak membaca

Seperti yang telah dijelaskan pada paragraf – paragraf diatas bahwa, media internet memberikan kita banyak kemudahan. Termasuk mencari dan membaca informasi. Buka saja search engine seperti Google, ketik kata kunci sesuai dengan apa yang Anda cari.

Penulis yang baik datang dari pembaca yang baik pula. Seperti nasehat yang selalu diberikan oleh para penulis lain. Semua menyarankan agar rajin membaca untuk menambah wawasan.

Selain menambah wawasan, kegiatan membaca ternyata dapat menambah perbendaharaan kosakata yang anda miliki.

2. Belajar menulis artikel yang menarik

Memang ada yang berpendapat menulis itu butuh bakat. Akan tetapi itu tidak sepenuhnya benar. Karena menulis merupakan sebuah kompetisi. Menulis bisa dilatih asalkan anda mau belajar setiap hari untuk praktek menulis.

Percaya atau tidak, Anda sebenarnya sudah menulis sejak SD. Walaupun kegiatan tersebut hanya mencatat kesimpulan, atau mencatat apa yang bu guru tulis di papan tulis, itu sudah kegiatan menulis lho.

Jadi menulis itu bisa dilatih dengan cara percaya diri dulu bahwa Anda bisa menulis.

3. Promosi

Agar jasa yang ditawarkan lari manis. Kita harus menerapkan beberapa strategi promosi. Promosi yang jitu dapat mendukung usaha bisnis ini semakin cepat berkembang. Pelajari juga bagaimana teknik promosi yang benar agar lebih efektif.

Anda bisa memanfaatkan berbagai macam media untuk promosi seperti, Google plus, facebook, forum – forum seperti kaskus, blog pribadi dll.

4. Buat Blog Pribadi

Praktek merupakan jurus terbaik agar kemampuan menulis Anda menjadi semakin terasah. Blog pribadi bisa juga dijadikan bisnis ketika blog mampu mendatangkan pembaca dalam jumlah yang banyak.

Selain sebagai ajang untuk mengasah kemampuan menulis, memiliki blog bisa juga dijadikan tempat sebagai media untuk promosi.  Buat artikel yang menarik lalu terbitkan di blog Anda. Bisa jadi banyak orang yang tertarik untuk menggunakan jasa Anda setelah membaca blog yang Anda miliki.

Berikut ini beberapa manfaat menjadi penulis artikel lepas.

Selanjutnya kita bahas apa saja manfaat yang bisa didapatkan dengan menjadi penulis artikel lepas.

1. Bisa mendatangkan income lumayan

Banyak kisah yang telah kita dengar dari media internet bahwa, penulis mampu mendulang profit yang tinggi dari kegiatan bisnis mereka. Terutama bagi orang yang memiliki blog besar. Mereka bisa mendatang profit yang membuat bulu kuduk berdiri.

Anda bisa menjadikan profesi menulis ini sebagai usaha sampingan. Selain mendapatkan gaji bulanan, Anda bisa menambah pendapatan tambahan dari kegiatan menulis artikel lepas online.

2. Menambah wawasan

Semakin banyak pesanan yang Anda terima, maka semakin banyak pula bidang yang Anda pelajari. Anda tentu membutuhkan sumber referensi sesuai dengan pesanan artikel yang diterima.

Kegiatan mencari referensi membuat Anda memahami bidang tersebut. Semakin lama kekayaan wawasan yang anda miliki mampu menjadi kan dan menguasai banyak bidang. Proses seperti ini bisa mendatangkan manfaat yang banyak sekali bagi perkembangan pribadi.

3. Membantu orang lain

Pengguna internet menggunakan media online untuk membaca informasi dan belajar. Kita bisa menemukan berbagai jenis tutorial yang tersedia secara gratis. Nah, jika artikel yang anda tulis bermanfaat, memberikan solusi yang tepat, maka secara tidak langsung Anda telah membantu orang lain.

Sebagai contoh, katakan seorang petani ingin belajar bagaimana cara beternak yang baik. nah dari artikel yang ada, mereka bisa mengetahui ilmu tersebut. Itulah mengapa media online semakin berkembang, hal ini karena banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan. Media dan perangkat pun bisa didapatkan dengan harga yang murah. Semakin hari semakin ramai deh pokoknya.

Baca juga : Melirik Perkembangan Bisnis E-Commerce Yang Ada Sekarang Ini

Kesimpulan :

Anda bisa menjadikan bisnis menulis artikel lepas ini sebagai pekerjaan sampingan atau pekerjaan utama. Yang paling penting, Anda memiliki hobi atau suka dengan kegiatan membaca dan menulis. Dua faktor ini sudah bisa menjadi syarat bagi Anda menjadi seorang penulis artikel handal.

Semua pekerjaan memang ada tantangan, jadi tidak semena – mena mengatakan bahwa bekerja sebagai penulis itu gampang. Jadi tergantung dari pribadi kita masing – masing. Salam sukses selalu.

Updated: July 2, 2017 — 5:50 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap