7 Tips Bagaimana Membangun Blog Baru Untuk Pemula

Membuat Blog Baru Pemula

Ilustrasi

Membuat blog itu sebenarnya gampang tidak sulit dan bahkan mudah untuk membuatnya, ada banyak platform gratis dan berbayar yang bisa dimanfaatkan. Akan tetapi pertanyaannya apakah mudah membuat blog yang bisa sukses. Jawabannya tergantung dari pribadi masing – masing, maukah untuk konsisten, maukah untuk menyediakan konten berkualitas dan maukah untuk terus menerus belajar tentang ilmu pengetahuan blog yang terus menerus berkembang dari waktu – ke waktu.

Tidak semua para blogger mampu untuk menjadi populer karena kita tahu bahwa sekarang ini persaingan begitu ketat untuk tema yang populer. Tetapi Anda tidak perlu minder sebelum mengetahui seluk – beluknya. Kuncinya ada pada niat dan mindset yang tepat. karena siapapun bisa menjadi blogger sukses jika mau berusaha dan bukan tidak mungkin blog Anda bisa menjadi salah satu blog yang paling populer di tanah Air.

Untuk mengatasi ketidak pastian ini ada baiknya kita bahas bagaimana kiat- kiat agar anda mampu memandang dunia blogging secara realistis. Artinya kita mengetahui terlebih dahulu syarat awal bagaimana membangun sebuah blog agar mampu terus tumbuh dari waktu ke waktu. Karena metode yang paling jitu dalam membangun blog Adalah konsistensi.

Berikut ini ada beberapa tips bagi blogger pemula dan semoga penjelasan berikut ini bisa membantu Anda menjadi lebih baik dalam mengelola dan membangun blog baru

1. Awali Dengan Niat Untuk Berbagi

Saya mendapat satu kesimpulan dimana blogger pemula termasuk saya memiliki motivasi yaitu kita berekspektasi terlalu berlebihan untuk menghasilkan profit lewat blog secara cepat. Memang tidak ada salahnya harapan ini, akan tetapi setelah saya menjalani membuat blog ini, ternyata mendapatkan profit lewat blog itu tidaklah secepat yang kita bayangkan.

Sehingga ketika motivasi ini tidak segera dirubah dan menemui kenyataan bahwa membangun blog itu butuh konsistensi maka Anda merasa tidak bersemangat. Nah inilah yang harus diatasi segera yaitu dengan merubah niat kita terlebih dahulu dengan menulis artikel yang bermanfaat. Karena saya yakin jika artikel yang kita buat benar – benar bermanfaat sudah tentu visitor akan datang dengan sendirinya dan cenderung meningkat.

Anda juga bisa berpikir ketika Anda fokus pada pembuatan konten maka blog Anda menjadi kaya akan konten dan selanjutnya peluang untuk mendapatkan visitor blog yang banyak semakin terbuka lebar. Ini berbanding lurus dengan profit yang bisa diraih dari blog Anda tersebut.

Saya juga sering membaca posting para top kontributor di forum – forum bantuan Google. Mereka sering sekali menyarankan buatlah konten yang unik dan bermanfaat untuk pengguna internet. Ini sesuai dengan visi bersama dimana kita harus menyajikan hasil pencarian yang relevan, bermanfaat, informatif dan memberikan pengalaman terbaik bagi para pengguna internet.

Nah saya rasa Anda juga setuju bahwa visitor terbaik adalah visitor yang datang dari search Engine. Dengan demikian kita harus menyajikan konten berkualitas agar rangking blog yang kita kelola mendapat authority terbaik di mesin pencari. Jadi rubah lah fokus terlebih dahulu untuk menyajikan informasi yang bermanfaat untuk user. Jangan terlalu fokus untuk profit terlebih dahulu. Karena jika blog mampu memiliki visitor yang tinggi otomatis profit juga akan datang dengan sendirinya.

2. Latihan Menulis Artikel Yang Menarik

Menulis artikel juga butuh keahlian dan ternyata keahlian menulis bisa dikuasai dengan mudah yaitu dengan cara latihan secara rutin. Inilah keuntungan Anda sebagai seorang blogger, secara otomatis ketika Anda menulis artikel sebenarnya Anda sedang praktek sekaligus latihan untuk menulis artikel yang menarik. Kemampuan menulis akan meningkat dan Anda akan merasakan bahwa menulis artikel menjadi semakin mudah dan bahkan menjadi sangat menyenangkan.

Menulis akan jadi sangat menyenangkan apabila kita telah menerapkan poin nomor satu diatas yakni fokus terlebih dahulu untuk memberikan informasi yang bermanfaat. Itulah mengapa motivasi awal harus benar terlebih dahulu sebelum membuat langkah lebih besar di masa yang akan datang.

Berikut ini alasan mengapa Anda disarankan membuat artikel yang menarik dan enak dibaca :

  • Artikel yang menarik akan memberikan faktor user experience yang baik bagi blog Anda
  • Artikel yang luar biasa dengan mudah mendapatkan backlink secara natural dari blogger lain dan melalui share oleh para pembaca ke media sosial
  • Semakin baik user experience dan banyaknya orang yang merekomendasikan blog anda maka maka semakin meningkatkan authority blog Anda
  • Ketika authority blog anda meningkat maka kesempatan untuk mendapatkan trafik dari search engine semakin tinggi.

Secara garis besar urutan diatas bertujuan agar blog mampu bersaing dengan blog populer Memang masih banyak PR lain yang harus dikerjakan. Akan tetapi secara umum poin diatas sudah bisa membuat blog kita mendapatkan autorithy yang baik di search engine.

Berikut ini ada beberapa kiat agar anda mampu membuat konten yang menarik untuk dibaca dan sekaligus menjadi penulis handal.

  • Banyak lah membaca karena penulis yang hebat dilahirkan dari pembaca yang hebat
  • Cobalah untuk membuat tulisan bebas tanpa edit yaitu dengan cara menulis cepat pada media kertas atau laptop. Tulis apa saja yang anda fikirkan dengan cepat dalam waktu 10 menit. Lakukan secara rutin agar Anda menemukan ritme dalam menulis.
  • Lakukan riset secara mendalam pada materi, gagasan atau ide yang ingin Anda tulis. Sehingga Anda mampu untuk membuat artikel yang benar – benar informatif.
  • Belajar bagaimana menyusun kalimat berdasarkan tata bahasa indonesia yang baik dan benar.
  • Pelajari bagaimana membuat kalimat pembuka dan pelajari bagaimana membuat tulisan yang mengalir.
  • Latihan menulis gaya jurnalis yaitu dengan membuat pertanyaan 5w 1 h. Sehingga anda bisa mengembangkan jalan cerita sebuah ide atau gagasan menjadi sebuah tulisan yang fantastis.

Poin diatas merupakan poin sederhana yang bisa Anda coba untuk latihan awal agar Anda bisa membuat konten yang menarik dan informatif. Akan tetapi itu saja belum cukup. Anda masih perlu belajar bagaimana agar konten benar – benar fit dengan syarat artikel blog. Nah berikut ini beberapa tipsnya.

3. Temukan Tema Blog Dengan Riset

Artikel blog tidak cukup hanya sekedar menarik untuk dibaca saja, melainkan harus memenuhi beberapa syarat agar artikel yang anda buat mampu menyaingi blogger populer papan atas. Dan berikut beberapa tips yang bisa Anda coba.

  • Belajar melakukan riset terlebih dahulu tentang jumlah persaingan kata kunci kemudian pelajari bagaimana membuat long tail keyword. Untuk awal – awal ada baiknya cari yang pesaing nya masih rendah sehingga posting anda mampu nangkring nomor satu di hasil pencarian. Untuk riset coba gunakan Google keyword planner.
  • Belajar bagaimana cara membuat judul yang menarik dan relevan sesuai target keyword yang saya sebutkan diatas. Karena, judul yang menarik akan mengundang user untuk membaca artikel Anda. Jangan membuat judul artikel yang tidak relevan. Buatlah judul yang menarik tetapi relevan
  • Pelajari bagaimana membuat artikel yang seo friendly yaitu artikel yang mangandung kata kunci tetapi Anda harus mengutamakan pembaca artikel yakni tetap berusaha agar artikel enak dibaca dan mengalir. Khusus untuk poin ini saya biasanya hanya menulis saja tanpa terlalu memperhatikan keyword. Mungkin hal ini berbeda bagi senior blogger,karena saya tidak terlalu ambil pusing mengenai keyword.

Membuat blog adalah pekerjaan yang membutuhkan konsistensi dalam membuat aritkel, nah selain merubah mindset seperti yang saya sebutkan pada poin satu maka untuk menjaga konsistensi anda sebisa mungkin mencari tema blog yang memudahkan Anda dalam mengisi konten nantinya. Jadi, temukan tema yang sesuai hobi atau tema yang bisa membuat Anda merasa senang.

Memilih tema bisa saja berdasarkan target tertentu, maka dari itu ada blog yang bersifat niche dan ada blog yang bersifat gado – gado. Silahkan anda pilih dengan melakukan riset terlebih dahulu mengenai hal ini. Temukan tema dengan penelitian terlebih dahulu agar Anda bisa mengisi konten blog Anda dengan lancar secara rutin dan terus menerus.

4. Pilih Platform Yang Tepat

Anda tidak perlu bingung karena sekarang banyak sekali platform yang bisa Anda gunakan untuk membangun blog. Akan tetapi pilihlah yang paling umum saja. Hal ini bertujuan supaya Anda mampu untuk fokus menguasai nya terlebih dahulu. Untuk pemula mungkin ada baiknya mencoba layanan blogger(dot)com yang gratis terlebih dahulu. Kemudian instal theme bawaan saja. Sebelum Anda memutuskan untuk berlangganan hosting berbayar.

Jika Anda ingin membangun blog dengan hosting berbayar dan benar – benar pemula, berikut ini saya jelaskan apa itu domain dan hosting. Karena dua hal ini yang sering menjadi pertanyaan bagi pemula. Hal ini juga menjadi pertanyaan saya waktu pertama kali ingin membangun sebuah website atau blog.

  • Domain merupakan penulisan alamat IP dalam bentuk angka kemudian ditulis dengan abjad. Sebagai contoh namaAnda(dot)com.
  • Nama domain bisa Anda beli dari penyedia registrar. Nah Anda harus memilih nama domain yang mudah diingat. Atau bisa menyesuaikan dengan riset market yang Anda lakukan
  • Hosting Adalah tempat penyimpanan file Webstie Anda. Saya menyarankan carilah hosting yang benar – benar berkualitas agar kecepatan web blog cepat
  • Layanan Hosting bisa Anda sewa dengan kontrak tahunan atau bulanan
  • CMS merupakan platform conten manajement system untuk menglola web blog Anda agar lebih mudah. Dan platform yang paling umum digunakan adalah platform WordPress

Poin diatas merupakan blog berbasis self hosted. Artinya, Anda membuat blog tidak menggunakan layanan gratis lagi seperti pada penjelasan saya sebelumnya. melainkan Anda menggunakan server sendiri dengan cara menyewa layanan hosting. Untuk blog yang telah memiliki visitor tinggi cenderung membuat VPS sendiri karena lebih terjamin dari segi keamanan dan dari segi performa web.

Anda juga bisa menggunakan hosting dari blogger, kemudian membuat custom domain. Sehingga Anda tidak perlu menyewa hosting melainkan hanya membayar domain saja pertahun. Metode ini sering saya jumpai di Internet. Silahkan Anda pelajari bagaimana cara membuat custom domain pada platform blogger.

5. Perhatikan Kecepatan Loading Web

Bagi perusahaan besar kecepatan loading sebuah web sangat memegang peranan penting karena dapat memberikan dampak yang luar biasa. Ini berdasarkan penelitian mereka. Dampak langsung jika web anda cepat saat diakses adalah visitor akan merasa senang. Rasa puas dan senang otomatis membuat visitor bersemangat untuk menjelajahi isi konten situs Anda. Kemudian Apa efek lainnya?. Jika web sangat cepat saat di load biasanya akan mendapatkan peringkat Serp yang baik.

Selain kinerja server yang baik, berikut ini ada beberapa tips agar kecepatan load web atau blog Anda bisa menjadi lebih cepat. Walaupun metode ini secara umum untuk pengguna layanan hosting berbayar.

  • Pilihlah jenis theme yang ringan dan simple
  • Gunakan widget dan script sepertlunya saja
  • Aktifkan Chache browser blog Anda
  • Aktifkan fitur Gzip kompresi pada blog Anda
  • Untuk wordpress Anda bisa mengaktifkan minfy css
  • Sesuaikan ukuran gambar agar lebih efektif
  • Gunakan layanan cdn jika Anda memiliki budget lebih
  • Anda bisa mengaktifkan AMP (Accelarate mobile phone)

Pelajari saja hal – hal diatas secara perlahan. Jangan terlalu memaksakan diri saat kita sedang mulai belajar membangun blog. Pengetahuan diatas hanyalah pendukung saja, dan akan mampu Anda kuasai seiring waktu. Fokus pada kegiatan blogging utama terlebih dahulu sambil belajar pengetahuan pendukung lainnya.

6. Lakukan Update Artikel Secara Rutin

Blog besar biasanya menerbitkan artikel baru setiap hari, bahkan dalam hitungan menit selalu ada saja artikel baru yang mereka publish. Alasan utama mereka update setiap hari adalah agar blog mereka mengalami peningkatan dari segi trafik. sekaligus mendapat perhatian dari search engine. Dengan demikian, usahakan blog Anda untuk selalu update. Belajarlah bagaimana menemukan ide yang menarik, melakukan riset dan menulis artikel yang enak dibaca.

Memang pada awalnya membuat artikel bukan hal yang mudah, Rata – rata blogger pemula juga mengalaminya. Seiring waktu kebiasaan menulis juga akan terbentuk sendiri. Kebiasaan menulis bisa berubah menjadi sebuah hobi yang sangat menyenangkan. Anda bisa berbagi sesuatu yang bermanfaat, membagikan ilmu pengetahuan, dan sudah tentu skill dan kemampuan menulis anda juga ikut bertambah.

Untuk bisa posting artikel setiap hari, ada baiknya Anda selalu rajin membaca artikel orang lain seperti yang telah saya tulis pada poin nomor 2. Terutama membaca artikel yang relevan dengan tema blog Anda. Dari kegiatan membaca tersebut secara otomatis kita akan mendapatkan banyak sekali ide yang timbul. Sehingga menulis artikel pun menjadi sangat mudah dan cepat. Apalagi jika Anda bisa menguasai bahasa Inggris, saya yakin semakin banyak ilmu pengetahuan yang akan di dapatkan.

Cara lainnya agar kita bisa update artikel setiap hari adalah dengan cara mengumpulkan artikel terlebih dahulu sebelum membangun blog. Buatlah artikel berkualitas terlebih dahulu, lalu kumpulkan dan publsih secara berkala. Sejalan dengan itu, Anda bisa menulis artikel baru lainnya sebagai tambahan. Masih banyak strategi lain yang bisa Anda terapkan.

7. Bangun Kepercayaan

Membuat blog bukan merupakan jalan pintas untuk cepat menghasilkan. Utamakan kualitas dari pada kuantitas supaya Anda mendapatkan kepercayaan dari para pembaca dan mesin pencari. Biasanya, blog yang berkualitas memiliki pembaca yang loyal, yaitu pembaca setia pada blog Anda. Pembaca akan selalu datang kembali jika blog Anda selalu up to date menyajikan informasi berharga.

Untuk blog baru jangan terlalu berfikir tentang visitor terlebih dahulu. Blog baru butuh sedikit waktu untuk mendapatkan index yang baik. Nah ketika artikel anda mulai terindex dan mendapatkan rangking maka visitor akan mulai stabil. Dari sini Anda bisa melihat jumlah visitor naik dari waktu ke waktu. Ini masih berkaitan erat dengan poin nomor satu diatas yaitu untuk fokus menulis artikel.

Menurut saya nama domain juga memegang peranan penting dalam membangun kepercayaan. Buatlah domain yang mudah diingat sekaligus menarik, sama seperti ketika Anda membuat nama brand. Bisa jadi nantinya nama domain anda menjadi sebuah nama brand. Anda bisa mencari informasi tambahan tentang bagaimana cara membuat nama brand yang unik dan menarik.

Baca juga : cara untuk tetap konsisten dalam membangun sebuah blog

Keismpulan :

Membuat sebuah blog memang membutuhkan konsistensi agar blog mampu untuk terus tumbuh. Yang penting adalah motivasi yang tepat tentang alasan mengapa Anda ingin membuat blog. Penjelasan diatas merupakan saran yang mungkin bisa saja berbeda antara satu blogger dan blogger lainnya. Akan tetapi saya menocba menjelaskan sebaik mungkin agar bisa bermanfaat bagi Anda yang ingin membangun blog baru. Semoga penjelasan ini bisa membantu Anda dan meberikan gambaran bagaimana cara membangun sebuah blog yang sukses.

Updated: April 22, 2017 — 7:45 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap