Membuat Artikel Terkait dengan 5 Plugin yang Paling Sering Digunakan

Semakin tinggi persentase page view blog Anda berarti semakin banyak artikel yang dibaca oleh pengunjung blog. Hal ini bisa memberikan dampak yang luar biasa. Terutama memberikan kemudahan untuk mendapatkan pembaca setia.

Anda tentu ingin agar blog Anda lebih user friendly kan? Karena kita tahu bahwa faktor paling penting untuk meningkatkan seo blog Adalah dengan memperhatikan pengunjung.

Pertanyaannya adalah.

Bagaimana caranya agar page view blog meningkat sehingga dapat menurunkan persentase bounce rate?

Nah untuk itu ada beberapa upaya yang bisa kita lakukan. Yaitu memberikan kemudahan kepada pembaca untuk menemukan informasi sesuai dengan artikel yang sedang mereka baca. Sehingga muncul istilah related artikel atau artikel terkait.

Search engine modern sekarang ini menilai bagaimana perilaku pengguna internet ketika sedang berselancar. Sehingga kita bisa mengambil kesimpulan bahwa tingkat kepuasan pembaca merupakan bagian dari faktor penentu peringkat sebuah blog atau pun website.

Ada 2 cara untuk memasang related artikel. Pertama menggunakan cara manual dan yang kedua menggunakan plugin.

Pada artikel ini kita akan membahas bagaimana cara memasang related post dengan plugin. Plugin berikut ini kita pilih berdasarkan seberapa banyak orang yang menggunakan. Artinya kita memilih plugin yang benar – benar sudah terbukti mampu meningkatkan user experience.

1. Yet Another related post (Gratis) ternyata memiliki algoritma

Membuat related post dengan yarp

Plugin Yarp ini memang sangat sangat popular, terbukti dari angka penggunaannya.  Jumlah download plugin ini mencapai 3.4 juta seperti yang saya kutip dari situ luar. Angka ini memberikan kita gambaran bahwa plugin yarp memang memberikan efek positif.

Yang menarik dari plugin yarp adalah penggunaan algoritma dalam menentukan artikel terkait. Plugin Yarp mampu memilih artikel yang paling relevan dan terkait antar satu dengan yang lainnya. Selain memudahkan pengunjung, plugin ini mampu membuat seo blog menjadi lebih baik, karena memperkuat struktur link on-page.

Related artikel dapat Anda pasang dibawah artikel, sidebar atau bagian tertentu lainnya. Pemasangan yarp juga bisa dilakukan dengan cara manual dan otomatis.

Bukan berarti popularitas plugin yarp ini tanpa kekurangan. Apabila jumlah visitor Anda sangat besar, yarp dapat menyebabkan beban server yang tinggi. Untuk itu, Anda harus mencari cara bagaimana agar masalah chache bisa diselesaikan.

2. Plugin jatpack juga dilengkapi dengan fitur related post.

Membuat related post menggunakan plugin jetpack

Plugin jatpack menawarkan segudang fungsi. Mulai dari media sosial, komentar, analytics hingga related post.  Ada juga fitur tambahan lain, plugin jetpack juga bisa digunakan untuk membuat posting lewat handphone.

Plugin yarp merupakan plugin yang paling banyak didownload, tercatat ada sekitar 38 juta download.

Anda bisa memanfaatkan fitur related post jatpack untuk meningkatkan user experience blog Anda. Biasanya dipasang pada bagian bawah artikel atau sidebar.

Keuntungan lain yang bisa Anda dapat adalah, Anda dapat memanfaatkan plugin ini untuk keperluan lain, seperti untuk melihat statistik pengunjung, Anda bisa menghubungkan jatpack dengan wordpress mobile sehingga dapat membuat pekerjaan Anda menjadi lebih mudah.

3. Contextual related post

Contextual related post untuk membuat artikel terkait

Contextual related post yaitu plugin yang juga dapat Anda gunakan untuk membuat link related post dibawah artikel. Anda dapat menggunakan mode manual dan otomatis yaitu dengan menggunakan short code.

Dari segi tampilan template, contextual related post dapa Anda setting ke berbagai keperluan, diantaranya thumbnail, excertp menampilkan beberapa baris artikel dan list. Plugin ini juga bisa menampilkan related post pada side bar blog Anda.

Contextual related post cenderung tidak menggunakan tag dan kategori, ia hanya menggunakan title untuk menentukan apakah artikel terkait atau tidak. Hal ini tentu harus menjadi perhatian Anda. Silahkan di teliti saja terlebih dahulu bagaimana hasil yang diberikan. Apakah benar – benar relevan atau tidak.

Related post yang paling relevan dapat membuat pembaca merasa betah di blog Anda. Jadi, usahakan mencari related post dengan hasil list se baik mungkin.

Kekurangannya sama seperti plugin yarp, plugin ini memakan resource database cukup tinggi. Sehingga banyak kabar yang mengatakan pihak hosting selalu melarang untuk menggunakan plugin ini.

Yuzo Related Post

Plugin yuzo untuk membuat related post

Untuk memuat pembaca merasa nyaman dan dapat menemukan artikel yang saling terkait. Plugin Yuzo juga dapat Anda jadikan alternatif. Anda dapat menampilkan artikel terkait dibawah artikel, sama seperti plugin yang lain. Dapat menampilkan thumbnail, list dan excerpt.

Jika Anda sangat memperhatikan kecepatan, plugin Yuzo termasuk plugin yang sudah di optimasi. Dari segi kecepatan, Yuzo bisa dikategorikan  sebagai plugin yang sudah di optimasi kecepatannya dengan baik.

Baca juga : Inilah Plugin Penting yang Paling Sering Digunakan Untuk WordPress

Kesimpulan:

Untuk membuat para pembaca mudah menemukan artikel Anda yang lain, maka membuat related post merupakan solusi terbaik. Selain itu, artikel yang dibuat juga harus enak dibaca sehingga pengunjung merasa betah berlama – lama. Semoga artikel ini dapat memberikan gambaran bagi Anda yang sedang ingin meningkatkan user experience blog. Salam sukses selalu.

Updated: August 29, 2017 — 5:33 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap