6 Cara Membuat Nama Brand Atau Merek Yang Menarik

Sebuah nama brand sangat berpengaruh terhadap kesuksesan sebuah bisnis. Sebelum membuat nama brand, perlu dilakukan analisa terlebih dahulu. Tujuannya adalah agar nama brand yang Anda pilih mampu memberikan identitas terbaik bagi kelancaran bisnis Anda dalam jangka panjang.

Coba kita ambil contoh brand perusahaan kelas kakap yang terkenal, seperti Google, Android, Facebook dll. Nama brand tersebut sangat lekat di kalangan masyarakat, mereka menguasai pelaku pasar online dan offline. Nah, untuk membuat nama brand seperti mereka ada kiat – kiat yang harus dilakukan.

Membuat Nama Brand

Untuk memperoleh nama brand yang menarik memerlukan waktu yang tidak sebenar. Anda harus melakukan riset terlebih dahulu, mulai dari nama yang catchy hingga bebas hak paten. Jadi, Kumpulkan terlebih dahulu ide – ide yang ada kemudian tulis daftar nama brand tersebut. Lakukan analisa secara mendalam untuk memilih nama brand terbaik.

Agar anda berhasil memilih nama brand yang mantap dan menarik, berikut ini ada beberapa poin yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih nama brand. Semoga penjelasan berikut ini dapat memberikan informasi tambahan Untuk Anda.

  1. Nama brand Mencerminkan produk yang ditawarkan
  2. Buat Nama Brand Yang Singkat Maksimal 3 suku Kata
  3. Nama brand mudah Untuk di ucapkan
  4. Nama Brand Memiliki Hubungan Dengan Logo
  5. Memiliki keunikan tersendiri
  6. Cek Nama Tersebut Di Search Engine

Mencerminkan Produk Yang Ditawarkan

Mencerminkan produk yang ditawarkan artinya, nama brand bisnis Anda harus benar – benar sinkron dengan produk yang ditawarkan. Misal nama brand “gear” . Nama brand tersebut sangat tidak cocok jika produk Anda berupa makanan ringan. Karena kata gear lebih cocok untuk produk yang bergelut di bidang Automotif. Tetapi jika anda ingin kreatif, ada beberapa alternatif dan variasi yang bisa anda coba.

Anda bisa memperhatikan dan belajar dari brand yang telah populer saat ini, Anda bisa belajar bagaimana mereka mengambil nama brand tersebut. Berikut ini ada beberapa variasinya.

  • Nama Deskriptif – Yaitu nama brand yang menjelaskan produk atau jasa yang di jual. Contohnya : Teh Gelas, nama tersebut langsung dengan mudah dimengerti oleh konsumen tentang produk yang di jual.
  • Nama Akronim – Yaitu membuat nama brand dengan singkatan dari nama perusahaan. Sebagai contoh : Nassa ( National Aeronaustics and Space Administration )
  • Nama brand yang  kreatif – Anda bisa saja membuat nama brand yang tidak ada hubungan dengan produk atau jasa yang di jual, tetapi harus melewati pemikiran yang dalam terlebih dahulu. Sebagai contoh : Nama brand Nike merupakan nama mitologi yunani.

Membuat Nama Brand Yang Mudah Diingat

Membuat nama brand harus memikirkan tentang kemudahan nama tersebut untuk diingat. Karena dengan nama yang mudah diingat membuat produk Anda selalu menjadi pilihan saat konsumen mencari produk yang berkaitan.

Untuk memilih nama brand yang mudah diingat bisa Anda lakukan dengan cara mencari kata – kata simple yang friendly di telinga masyarakat. Atau Anda bisa mencari perkataan yang lazim diucapkan oleh masyarakat. Anda bisa saja menciptakan nama brand baru yang berisi perkataan yang belum pernah ada, dengan catatan tetap harus memperhatikan kemudahan untuk diingat dan mewakili produk tersebut.

Nama Brand Yang Singkat Maksimal 3 suku Kata

Agar nama brand anda mudah diingat, bualtlah nama brand yang terdiri dari maksimal 3 suku kata. Sebagai contoh bisa kita lihat nama brand Google yang hanya terdiri dari dua suku kata saja yaitu kata Goo dan Gle. Contoh lainnya adalah Nikon yang terdiri dari dua suku kata yaitu Ni dan Kon. Nah anda bisa mencari suku kata yang memberikan efek simple dan jelas, serta mudah diingat oleh konsumen Anda nantinya.

Hindari membuat nama brand yang panjang, nama brand yang panjang sangat sulit untuk di ingat, perlu teknik promosi yang masif seperti iklan di televisi agar nama tersebut melekat di telinga audiens. Jadi, alangkah baiknya anda membuat nama brand yang singkat dan padat.

Nama Brand Mudah Untuk Diucapkan

Selain terdiri maksimal 3 suku kata, nama brand yang anda buat harus mudah untuk diucapkan. Coba anda sebut kan nama brand yang telah anda pilih secara lantang, jika gamblang maka anda bisa menerapkan nama brand tersebut.

Kita bisa melihat bagaimana nama brand populer yang ada sekarang ini mengandung kriteria seperti ini, kebanyakan merek yang luar biasa populer adalah nama brand yang mudah dan lantang saat di sebutkan. Contoh Google, Facebook, Samsung dan lain sebagainya.

Memiliki Hubungan Dengan Design Logo

Jika logo brand anda mengandung unsur pesan yang kuat terhadap nama brand, maka brand anda menjadi lebih cepat diingat oleh audien atau konsumen Anda. Carilah nama brand yang bisa disisipkan pada logo yang ingin Anda gunakan, buat logo yang memiliki kandungan kekuatan sebuah brand anda.

Memiliki Keunikan Tersendiri

Agar bisnis anda memiliki image tersendiri, usahakan nama brand yang Anda pilih merupakan nama unik dan berbeda dari yang lain. Atau anda bisa membuat nama brand yang lebih menonjol dari kompetitor Anda. Nama yang berbeda dan unik akan membuat konsumen dan audien merasa penasaran dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan dan kemudian menjadi pelanggan setia bisnis Anda.

Cek Nama Brand DI Search Engine

Untuk menghindari nama brand yang sama, sekarang ini sudah tersedia mesin pencari yang luar biasa canggih. Silahkan Anda cek nama tersebut melalui search engine Google. Masukkan kata kunci dengan mengetikkan nama brand Anda. Dengan cepat Google akan menampilkan data pencarian yang Anda perlukan.

Pilihlah nama brand yang bersih dan terhindar dari copy right. Gunakan list atau daftar brand yang telah Anda tentukan sebelumnya untuk dilakukan riset pada mesin pencari Google.

Kesimpulan :

Untuk mendapatkan nama  brand yang menarik, harus dilakukan dengan melakukan riset terlebih dahulu. Kumpulkan nama brand yang terpilih dan terbaik menurut anda, lalu pilihlah yang terbaik menurut analisa yang telah Anda terapkan.

Apakah nama brand bisa menjamin kesuksesan sebuah bisnis ? Kalau kita lihat sekarang ini, banyak sekali nama brand yang sulit untuk diingat namun memiliki kemajuan yang pesat dalam bisnis mereka. Berarti bisa kita ketahui bahwa, kemajuan sebuah bisnis bukan hanya tergantung dari  nama brand yang menarik. Melainkan tergantung dari usaha dan manajemen yang diterapkan. Usaha dan kreatifitas yang dilakukan oleh para pelaku bisnis menjadi kunci penting dalam memajukan bisnis yang dikelola.

Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam memilih dan membuat nama brand yang unik dan menarik. Jika ada yang mau menambahkan idenya, silahkan tulis pada kolom komentar.

Baca Juga : Menambah kategori tentang bisnis di blog ini




Updated: March 19, 2017 — 9:48 am

9 Comments

Add a Comment
  1. Kreatifitas sering juga seiring dengan keberanian.
    Contoh nama V*rg*n yang tidak ada hubungannya sama sekali dengan bidang penerbangan.
    Sepertinya, perlu ditambahkan, ketika dilafalkan, kesan apa yang muncul dari nama brand yang kita buat. Bunyi “keh” pada Nike dan “geh” pada Google menimbulkan kesan kuat. Terlepas dari semuanya itu, terima kasih untuk tips penamaannya. Makin cakep kolomsatu.

    What’s you namSlog?

    1. Terimakasih kunjungannya mas, saya sangat setuju dengan pendapatnya, Kesan kuat bisa diterapkan dalam penyebutan, Amin semoga bisa bermanfaat Blog ini.

  2. nah begitulah mas kadang cari nama merek rada susah hehehe

    1. Hehe iya sis. Terimakasih atas kunjungannya.
      Memang diperlukan beberapa analisis agar hasil yang kita peroleh bisa lebih baik. Karena brand merupakan aset yang paling berharga dalam bisnis.

  3. Terimakaaih ATas Pencerahannya sy Mulai Mencoba merealisasikan Sebuah Nama Brand Yg unik dan Gampang di ingat trmksh.🙏😇

    1. Terimakasih kembali, senang bisa membantu. Semoga bisa menemukan nama brand terbaik.

  4. Terima kasih Mas… Sangat bermanfaat buat saya yg kebetulan sedang mencari brand yg cocok. Selain merk, apakah slogan juga penting?

    1. Terimakasih kembali Sis Myra. Senang bisa membantu, semoga menemukan brand yang cocok. Benar.. Slogan/Tagline juga sangat penting. Slogan mengandung pesan brand yang kuat untuk konsumen. Misal, Yamaha “selalu didepan”, Milo “Energi untuk menang setiap hari”. Indomie “Seleraku”.

      1. Oke👌🏼 terima kasih…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap