10 Tips Membuat Puluhan Artikel Perhari Seperti Penulis Handal

Tips membuat puluhan artikel perhari – Kita tentu paham bahwa sebagai pengelola blog, wajib untuk selalu menerbitkan konten untuk pembaca blog. Mengapa? Sebab dengan cara inilah blog yang kita miliki akan mampu berkembang secara terus menerus.

Apakah ada faktor lain selain menulis artikel secara rutin agar blog kita berkembang?

Ada, tentu ada. yaitu menjaga kecepatan dan desain blog itu sendiri.Selain itu, perlu Anda ketahui bahwa menulis artikel yang banyak saja tidak lah cukup. Kita diharuskan mampu menerbitkan konten yang berkualitas layaknya seorang penulis handal.

Menulis puluhan artikel

Bagi pemula, hal semacam ini mungkin terasa tidak mudah, tapi seiring berjalannya waktu, kegiatan menulis akan menjadi suatu kegiatan yang sangat menyenangkan.

Mungkin Anda pernah mendengar istilah “bisa karena biasa”. Ketika Anda terbiasa menulis, maka jam tebang Anda akan semakin banyak, semakin banyak jam terbang menulis Anda, sudah tentu menulis menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan.

Cara Menulis Artikel dalam jumlah yang banyak setiap hari

Bagi Anda yang ingin mampu untuk menulis artikel setiap hari dalam jumlah yang banyak, berikut ini ada berapa tips yang mungkin bisa Anda terapkan. Silahkan simak ulasannya.

1. Cintai Apa yang Anda kerjakan

Jika kita bisa mencintai kegiatan menulis, sudah tentu menulis menjadi suatu kegiatan yang sangat menyenangkan. Penulis profesional punya pondasi ini, mereka sangat hobi sekali menulis, mereka merasa tak nyaman jika tidak menulis dalam sehari.

Anda dapat membuat kegiatan menulis ini menjadi suatu pekerjaan yang Anda senangi dengan melakukan berbagai cara berikut ini :

Tulis lah cerita Anda, buatlah suatu karya tulisan yang paling ingin Anda tulis, misalkan pengalaman indah Anda. Lalu tulis lah dengan tata cara tau gaya bahasa Anda sendiri, tanpa mengikuti gaya bahasa orang lain.

Tujuan kegiatan tersebut adalah untuk membentuk pemikiran bahwa menulis itu menyenangkan. Anda bisa merasa nyaman ketika mengeluarkan ide Anda pada tulisan Anda.

Memang tidak ada teknik yang spesial, bisa langsung jago menjadi penulis handal. Namun, dengan cara tersebut, kita sedang melatih diri menjadi lebih cepat untuk menyukai bidang tulis menulis.

2. Lakukan riset dengan cara rajin membaca

Selain mencintai kegiatan tulis menulis, langkah selanjutnya yang bisa kita lakukan adalah mencari pengetahuan yang lebih luas. Misalkan Anda ingin menulis tentang teknologi internet, maka ada baiknya Anda membaca sebanyak mungkin tulisan tentang ilmu internet

Semakin banyak wawasan yang Anda peroleh, maka semakin tinggi kualitas artikel Anda. Bahkan bukan hanya itu, Anda akan mampu menulis dengan cepat karena segala sesuatu telah Anda ketahui terlebih dahulu.

Jika perlu, buat catatan kecil tentang pengetahuan yang Anda peroleh, berisi tentang poin poin penting dari hasil bacaan Anda.

Dari mana saya bisa mendapatkan pengetahuan?

Saat ini teknologi sudah membantu kita untuk hal ini. Silahkan Anda cari di mesin pencari, cari apa yang ingin Anda ketahui, lalu baca dan catat apa saja yang penting untuk menjadi bahan artikel Anda.

Apa manfaatnya?

Ketika Anda bisa menguasai bidang ilmu pengetahuan yang ingin Anda jadikan artikel, saya yakin Anda dapat dengan mudah menulis artikel tersebut dengan cepat.

Selain dari internet, Anda dapat mencari pengetahuan lewat buku di perpustakaan, melakukan wawancara atau dengan cara survey sendiri. Tergantung dari bidang ilmu yang ingin Anda jadikan artikel.

3. Tulis artikel tentang suatu bidang yang Anda sukai atau kuasai

Berdasarkan bacaan dari berbagai sumber, ketika seseorang membangun blog sesuai dengan bakat atau minat, sudah pasti blognya akan memiliki artikel yang berkualitas.

Mengapa?

Sebab sudah pasti sang penulis sudah menguasai dengan baik bidang yang ia tulis. Tak heran jika tulisan yang ada sangat memikat hati pembaca.

Sebagai contoh, coba saja lihat blog Iwan Banaran, si penghobi otomotif, dia mampu menjadi blogger ternama. Perhatikan saja tulisan yang ada pada blog mas Iwan, semuanya sangat baik dan mampu menarik hati pembaca.

Nah, selain beberapa tips diatas, Anda bisa mencoba mencari suatu bidang yang sangat Anda kuasai agar Anda mampu membuat artikel dalam jumlah yang banyak.

4. Hindari gangguan media sosial, chating dll

Agar Anda mampu bekerja secara optimal, usahakan untuk bekerja secara nyaman tanpa gangguan dari luar, misalkan incoming alert dari chating media sosial, email dan lain sebagainya. Jauhi media sosial terlebih dahulu agar Anda mampu fokus menulis artikel.

Terkadang tanpa kita sadari, kita terlalu asyik bermain media sosial, padahal kita sedang mengerjakan pekerjaan menulis.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda dapat membuat jadwal menulis Anda dengan lengkap tentang kapan waktu bermain media sosial, chating dan sebagainya. Sehingga Anda mampu mengatur waktu dengan baik.

Anda harus mampu mengatur waktu layaknya pekerja kantoran, atau CEO perusahaan. Banyak lho entrepreneur muda yang sukses merupakan orang orang yang disiplin mengatur waktu.

Tak percaya? Silahkan saja Anda cek kegiatan mereka, selalu dipenuhi dengan jadwal yang jelas.

Begitu juga bagi seorang penulis yang ingin sukses, buatlah jadwal menulis Anda, lalu patuhi aturan tersebut.

5. Kuasai mengetik 10 jari

Mengetik 10 jari memang sangat membantu Anda ketika menulis artikel. Bayangkan saja, Anda hanya perlu memikirkan ide tulisan Anda, lalu dengan cepat tangan Anda secara otomatis mengetik artikel dengan cepat.

Kemampuan mengetik dengan menggunakan 10 jari memang hanyalah sebagai pendukung saja. Tapi kemampuan ini punya Andil yang sangat besar agar Anda mampu membuat artikel banyak setiap harinya.

Mudahkah belajar mengetik 10 jari?

Jawabannya sangat mudah, siapapun bisa mengetik cepat dengan 10 jari, syaratnya hanya satu yaitu mau rajin berlatih.

Cara berlatih mengetik 10 jari sebenarnya sangat mudah, Anda hanya perlu memasang aplikasi typing dalam bentuk game. Lakukan latihan 1 jam atau 30 menit setiap hari.

Sesuai dengan pengalaman saya, latihan ini hanya perlu waktu sekitar beberapa bulan saja. Ikuti level yang ada pada aplikasi latihan mengetik tersebut.

Baca juga : Trik Mengetik Cepat 10 Jari Dengan Cepat dan Mudah Bantuan Aplikasi

6. Tambah kosakata Anda dengan cara berikut ini

Bukan berarti semakin kaya kosakata tulisan semakin baik, yang penting adalah Anda memiliki variasi kosakata agar terkesan profesional. Dan, yang paling penting lagi adalah tulisan Anda dimengerti oleh pembaca Anda.

Gaya tulisan ilmiah sangat lah berbeda dengan gaya tulisan blog. Tulisan ilmiah dibuat dengan tujuan formal, sedangkan tulisan artikel blog dibuat untuk semua kalangan. Baik mudah maupun tua, yang penting mudah untuk dicerna.

Bagaimana caranya agar kosakata bertambah?

Untuk menambah perbendaharaan kosakata Anda, mulailah dengan cara membaca artikel sebanyak mungkin. Cari bahan artikel yang sangat berkualitas di internet, lalu bacalah dengan seksama agar Anda mampu menguasai banyak kosakata.

Dengan memperbanyak bacaan Anda, tanpa Anda sadari Anda sedang menambah kosakata.

7. Ketik tanpa mengedit terlebih dahulu

Ada satu teknik yang menurut penulis menarik untuk dicoba, yaitu mengetik terus menerus tanpa mengedit artikel.

Caranya bagaimana?

Tulislah artikel secepat mungkin tanpa mengedit, hindari menekan tombol backspace, tulis saja apa yang ingin Anda sampaikan. Lakukan hal tersebut ketika Anda sedang menulis artikel Anda.

Cara tersebut ternyata sangat efektif untuk membuat ide yang ada pada pikiran kita tertuang dalam bentuk tulisan dengan cepat.

Nah setelah Anda selesai menulis dan tulisan Anda dianggap selesai, barulah Anda melakukan editing.

Gaya menulis cepat tanpa edit banyak diterapkan oleh para penulis handal. Sehingga mereka mampu menulis artikel puluhan setiap hari. Patut untuk dicoba kan?

8. Buat draft artikel jika perlu

Tipe penulis sangat beragam ketika mengerjakan proyek, Ada yang suka dengan membuat draft terlebih dahulu. Ada pula yang langsung saja menulis.

Mana yang terbaik?

Menurut saya semuanya baik, yang penting adalah strategi tersebut cocok dengan kepribadian Anda.

Membuat draft yaitu  membuat ide pokok yang kemudian dipecah menjadi beberapa sub bagian. Setelah draft selesai, lanjutkan dengan menulis pada setiap bagian judul tersebut. Dengan cara ini, tulisan akan terlihat mengalir seperti air.

Tulisan yang mengalir biasanya akan sangat mudah untuk dibaca. Mudah dimengerti dan menjadikan Anda terlihat sangat profesional.

9. Rutin latihan

Latihan yang rutin tentu dapat menambah pengalaman jam terbang. Ibarat seperti seorang atlet, semakin sering ia berlatih, maka semakin hebat pula kemampuan atlet tersebut.

Begitu juga dengan kemampuan menulis ternyata bisa dilatih dengan cara terus praktek menulis.

Jika kehabisan ide maka Anda bisa melakukan beberapa langkah berikut ini :

  1. Refreshing mencari udara segar
  2. Lakukan aktivitas hobi Anda, misalkan bermain alat musik, olahraga dl
  3. Bacalah kisah motivasi penulis
  4. Tentukan target Anda

Cara diatas jika dilakukan dengan benar, Anda akan mampu menemukan banyak sekali ide atau gagasan untuk dijadikan bahan artikel.

Kesimpulan :

Itulah tadi beberapa tips yang bisa Anda coba agar Anda mampu menjadi seorang penulis handal dan hebat. Teruslah berkarya dan latihan agar kemampuan Anda terus meningkat. Semoga artikel ini dapat memberikan inspirasi bagi Anda. Salam sukses selalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap