Jangan Sembarangan Memilih Jenis Font Agar Tulisan Anda Dibaca

Memilih jenis font untuk blog

Tipografi

Tujuan utama seorang penulis artikel atau penulis buku ialah agar tulisan yang dibuat dibaca. Caranya bagaimana? Tentu tulisan yang dibuat harus menarik dan penuh manfaat. Serta memperhatikan beberapa faktor  termasuk pemilihan jenis font.

Ada banyak sekali versi tutorial yang mengajarkan untuk membuat artikel yang berkualitas, judul yang menarik dan lain sebagainya. Tujuan utamanya agar tulisan Anda dibaca, blog lebih seo friendly dan baik posisinya di search engine. Tapi masih jarang yang membahas mengenai apa itu seni tipografi untuk sebuah blog.

Pentingkah mempelajari tentang tipografi? Sara rasa itu penting. Karena berdasarkan penelitian yang dilakukan membuktikan bahwa jenis font mempengaruhi tingkat engagement pembaca. Anda bisa mencari info tersebut pada mesin pencarian agar lebih akurat.

Apakah Yang Dimaksud Dengan Tipografi?

Tipografi ( bahasa inggris Typhography ) sebenarnya bukan hanya pemilihan jenis font saja. Ada banyak hal lain yang menjadi bagian dari seni tipografi. Akan tetapi, tujuan utama kita mempelajari seni tipografi adalah agar tulisan kita tetap dibaca dan menjaga agar perhatian pembaca tertuju pada isi dari artikel Anda. Hal ini untuk meminimalkan kebiasaan pembaca dengan cara yang lazim seperti membaca dengan pola F.

Pola F adalah pola membaca secara acak seperti huruf F pada sebuah artikel. Artinya pembaca melakukan scan untuk menemukan kalimat atau kata – kata yang menarik pada artikel tersebut.

Untuk memperoleh tingkat kepuasan pembaca bagi pemilik blog sebenarnya bisa diketahui dengan mudah. Gunakan tool statistik pengunjung seperti Google Analytic, Statcounter dsb untuk mengetahui seberapa lama artikel Anda dibaca.

Dari data tersebut Anda bisa mencoba untuk melakukan penelitian jenis font seperti apa yang harus Anda terapkan pada blog. Lakukan dengan cermat untuk menemukan jenis font terbaik. Ada beberapa seni tipografi yang bisa anda coba untuk diteliti, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Mengatur seberapa banyak karakter atau line length artikel.
  • Mengatur font size atau ukuran font yang digunakan
  • Mengatur line hight antar tulisan dan paragraf
  • Seni mengatur tampilan halaman artikel, majalah atau tampilan blog.

Seni menulis blog tidak sama dengan buku di sekolah, untuk itu ada beberapa tips yang bisa dicoba:

1 . Mengatur jumlah karakter atau panjang tulisan secara horizontal

Panjang atau jumlah karakter secara horizontal yang disarankan adalah 45 hingga 75 karakter . Jika karakter tulisan terlalu panjang bisa membuat mata menjadi lelah karena terlalu panjang. Sedangkan untuk jumlah baris dalam satu paragraf disarankan tidak lebih dari 5 baris.

Tujuannya agar pembaca dapat mengerti maksud atau ide tulisan yang disampaikan dalam setiap paragraf. Coba saja ketika Anda menemukan tulisan di internet / web blog yang tidak ada paragrafnya, mungkin anda akan langsung menutup tab browser dan pindah ke blog lain.

2. Mengatur ukuran font yang digunakan

Ukuran font  / tulisan di blog yang disarankan yaitu sekitar 13 hingga 16 px. Tulisan yang terlalu besar lebih cocok untuk anak kecil, karena anak – anak lebih suka melihat bentuk dari pada isi sebuah artikel. Agar lebih lengkap, cobalah Anda cari informasi tambahan mengenai riset tentang hal ini.

3. Mengatur line hight antar tulisan dan paragraf

Untuk jarak y antar tulisan pada body font 16px ada pada sekitar 1.3px hingga 1.5px yang akan membuat pembaca mudah menemukan setiap baris tulisan. Tetapi perlu diingat, aturan ini bisa berbeda, tergantung dari jenis family font yang dipilih.

Untuk jarak antar paragraf pada artikel bisa anda atur sesuai kenyamanan, Jika tidak ada jarak sama sekali, pembaca tidak bisa membedakan secara cepat antar paragraf tersebut. Atur sesuai dengan selera Anda hingga terasa pas.

4. Seni mengatur tampilan halaman atau tampilan blog.

Membuat tampilan blog yang menarik memang gampang – gampang susah, butuh pemahaman tentang css, html dan lain sebagainya. Apalagi bagi seorang pemula, tentu harus belajar terlebih dahulu. Atau Anda bisa membeli template / theme yang premium yang tampilan nya sudah teruji bisa meningkatkan user experience.

Template premium populer biasanya sudah memiliki struktur SEO yang baik. Memang harganya lumayan mahal, yah dari pada bingung bikin sendiri. Bisa juga dengan belajar pelan – pelan sampai anda mahir, mana tahu bisa bikin theme sendiri, lumayan buat dijual. hehe

Font Jenis Seperti Apa Yang Di Pilih?

Untuk jenis font anda bisa memilih font yang populer saat ini di Google Font. Anda bisa ke website tersebut yang menyediakan font gratis untuk web blog Anda. Lalu pilih kategori popular font. Carilah font yang memiliki unsur user friendly dan mudah dibaca.

Google font merupakan direktori font lengkap dan gratis untuk digunakan pada web komersial. selain itu google font juga fast loading saat digunakan pada blog Anda. Atau anda bisa mencari alternatif lain dengan cara melakukan penelitian terlebih dahulu.

Semoga artikel ini bisa memberi pencerahan untuk Anda sebagai usaha agar blog lebih user friendly dan tulisan menarik Anda dibaca. Jika ada ide ataupun saran, silahkan anda tulis  pada form komentar dibawah ini.

2 Comments

Add a Comment
  1. Terima kasih atas sarannya, saya baru tahu fitur dari Google Fonts

    1. Iya sama sama, Senang bisa membantu. Terimakasih juga sudah mampir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap