Memilih Niche Blog Untuk Pemula Cocok Atau Tidak?

Memilih Niche Blog Untuk Pemula

Setelah membaca kesana kemari, saya ketemu satu artikel yang menarik untuk di ulas. Dimana membahas apakah niche blogging cocok untuk pemula yang baru terjun di dunia blog?. Untuk menjawab ini kita perlu beberapa analisa dari berbagai sisi, apakah niche blog cocok untuk pemula yang benar – benar baru di dunia blogging.

Saya belum bisa memberikan sumber link, karena blog ini sendiri saya usahakan bersih dari link keluar, ada beberapa orang mengatakan bahwa jika blog sedang di review jangan memasang link keluar. Saya tidak tahu apakah ini benar atau tidak, yang jelas saya berusaha mencoba mengikuti peraturan yang ada.

Lagi pula jika kita ingin menggunakan blog sebagai media sharing jangka panjang, alangkah baiknya kita mengikuti aturan yang berlaku. Mengedepankan kejujuran dan kreativitas masing – masing.

Saya sangat setuju sekali pada pembahasan artikel yang saya jumpai tersebut yang menyebutkan bahwa niche blogging tidak lah cocok untuk pemula. Jawabannya karena sudah jelas blogger pemula tidak bisa secara mudah untuk menang dalam bersaing dengan mereka yang telah dulu berpengalaman.

Kata kunci atau keyword blogging memiliki jutaan saingan, apalagi jika blog yang kita kelola berbahasa inggris, saingan yang ada akan lebih banyak lagi. Nah untuk itu mungkin ada baiknya bagi pemula untuk memilih niche selain niche blog tersebut. Masih banyak niche menarik lainnya yang bisa di angkat dan di jadikan tema spesifik. Dengan syarat volume pencarian dan persaingan memenuhi kriteria untuk di kerjakan.

Memang jika di teliti dan di analisa dengan menggunakan keyword planner, niche ini memiliki banyak sekali volume pencari setiap bulan. Seperti keyword bagaimana cara membuat blog, cara seo blog dan lain – lain yang terkadang membuat kita terpancing untuk mengikuti keyword ini. Bagi pemula yang belum mengerti seo rasanya tidak lah mudah untuk menduduki posisi 10 besar pada hasil pencarian google.

Seo sendiri sebatas ini yang saya ketahui adalah kualitas konten dan kualitas link natural dari domain lain, optimasi halaman dan masih banyak lagi. Untuk seorang pemula seperti saya dan Anda ini bukanlah pekerjaan yang mudah, butuh kerja keras dan konsisten agar blog mampu memberikan informasi yang membuat orang lain mau melakukan share link blog kita.

Kembali ke pembahasan niche blog. Sebenarnya ada banyak sekali niche yang bisa di bahas di luar topik blog, banyak sekali yang bisa di buat kalau kita mau jeli memperhatikan kebutuhan pengguna internet. Cuma karena biasanya kita sebagai pemula cenderung mengikuti mereka yang telah mapan di posisi teratas.

Mengikuti tidak lah salah, tetapi perlu di perhatikan dulu apakah kita memang mampu untuk memberikan informasi yang lebih dari yang sudah ada? Apalagi mereka sudah merajai pada hasil pencarian di mesin pencari. Kalau memang mampu untuk kreatif dalam memberikan informasi, pemasaran dan optimasi blog , maka Anda boleh memilih niche blog.

Mereka yang membahas seputar blog biasanya mengangkat tema tersebut sesuai dengan pengalaman yang mereka miliki. Sehingga ulasan yang mereka tulis mengandung informasi yang benar – benar di butuhkan oleh blogger pemula seperti saya.

Tapi Toh nanti kita juga bisa menceritakan pengalaman setelah lama berkecimpung di dunia blog bukan? jika telah mencapai tahap ini barulah kita bisa membahas seputar blog. Dengan kata lain, kita bisa membangun blog dengan tema blogging.

Saya sendiri masih belum mampu secara gamblang membahas seputar blog, baik itu seo dan lain sebagainya. Karena itu tadi, kita belum berpengalaman dibandingkan dengan mereka. Melihat statistik pengunjung saja masih bikin mewek sob.

Lalu Pilih Topik Yang Seperti Apa?

Sepenuhnya tergantung dari kemampuan Anda atau passion pribadi ada dimana, mau memilih niche berdasarkan hobi ataupun campuran, itu terserah dan tergantung dari keinginan Anda. Pada artikel ini hanyalah sebagai bahan analisa saja apakah niche blog itu layak atau tidak untuk di kerjakan bagi pemula.

Bukan tidak mungkin kita bisa membahas seputar blog. Tapi setelah sejalan dengan meningkatnya pengalaman dan pengetahuan di dunia blog, Anda dan saya sebagai pemula akan mampu untuk mengetahui seluk beluk dunia blogging sekaligus mampu untuk sharing ilmu pengetahuan seputar dunia blog. Saya rasa dari sinilah nanti kita akan mampu untuk membuat blog niche seputar blogging tersebut.

Setiap individu tentu memiliki pendapat pribadi mengenai hal ini, kita tidak bisa mengatakan siapa yang benar dan siapa yang salah. Lebih baik kita Kembali lagi ke hobi dan kemampuan tadi, ketika Anda mampu untuk lebih kreatif dan memberikan informasi yang lebih menarik dari orang lain, maka Anda layak untuk mengangkat tema blog.

Bagi pemula yang kurang konsisten cenderung membuat blog gado – gado seperti blog ini. Walaupun tidak mudah untuk bersaing dengan blog niche, dimana blog niche cenderung memiliki pembaca setia.

Saya hanya mengedepankan kemudahan dalam membuat konten saja. Dimana saya merasa bebas untuk menulis apapun yang saya inginkan. Dengan tujuan dapat berbagi pengalaman, ilmu dan informasi menarik lainnya.

Apa saja yang harus di selesaikan sebagai blogger pemula

Pekerjaan membanding atau membangun sebuah blog sangat mudah untuk di jelaskan, tapi tidak mudah untuk di selesaikan. Seperti kita perlu konsisten membangun konten berkualitas, perlu promosi dengan strategi yang tepat, perlu modal untuk menyewa domain dan hosting, perlu modal juga untuk melakukan optimasi. Semua hal ini secara terus menerus harus di cari solusinya dan di lakukan praktek.

Berarti setelah blog di bangun, kita tetap perlu untuk secara konsisten merawat dan memupuk blog yang kita kelola agar bisa terus tumbuh dan berbuah layaknya sebuah tanaman.

Memang sebelum saya tahu apa itu blog, saya hanya membayangkan enaknya memiliki blog yang ramai pengunjung. Tanpa berfikir panjang langsung saja membuat blog tanpa analisa terlebih dahulu. Nah setelah terjun baru mengerti bagaimana rasanya membangun blog itu.

Untuk mengatasi hal ini, cobalah berfikir secara realistis, berfikir secara jangka panjang, karena membangun blog yang ramai pengunjung itu sifatnya jangka panjang. Syarat yang harus di penuhi pun tidak sedikit untuk mencapai target tersebut. Kita harus mampu melakukan optimasi blog dan mampu untuk menyajikan konten yang benar – benar berkualitas.

Memilih nama Domain dan URL juga poin penting, pilihlah nama domain yang sesuai dengan topik yang ingin di bangun. Analisa terlebih dahulu agar nanti nama domain yang Anda sewa dapat membantu Anda secara konsisten membangun blog yang dibangun. Tentukan dulu nama domain, apakah ingin berdasarkan nama sendiri, keyword target, branding, ataupun model lain yang bisa Anda cari referensinya di luar sana.

URL yang saya maksud adalah memilih formatnya seperti apa, hal ini bersifat jangka panjang. Seperti memilih www atau non www, protokol http atau https. Pelajari hal ini agar Anda bisa konsisten memilih domain dan URL nantinya untuk tujuan jangka panjang.

Dari penjelasan sederhana ini, kita seharusnya melakukan analisa panjang terlebih dahulu sebelum memutuskan niche seperti apa yang akan di pilih. Jika uraian yang saya sampaikan di atas terkesan kurang jelas harap di maklumi karena saya juga seorang blogger pemula yang mencoba meningkatkan kemampuan menulis dan membangun sebuah blog.

 




Updated: February 4, 2017 — 12:11 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap