Tips Memilih Theme WordPress Yang Menarik Dan Tepat Untuk Blog Anda

Theme terbaik untuk sebuah blog haruslah memenuhi kriteria tertentu. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk memilih theme wordpress untuk website atau blog Anda, usahakan meneliti terlebih dahulu dengan melakukan analisa dari berbagai aspek agar performa website atau blog benar – benar jitu.

Kita dapat melihat bahwa ada banyak sekali jenis website. Mulai dari portal berita, website e-commerce, website institusi, website otomotif hingga website pribadi atau blog. Dari contoh – contoh website tersebut, kita dapat memperhatikan kecenderungan theme seperti apa yang mereka pilih bukan?

Lalu, kriteria apa saja yang harus kita perhatikan?

Berikut ini ada beberapa metode bagaimana cara memilih theme yang tepat untuk website atau blog Anda. Namun, semua pilihan tergantung dari kita masing – masing. Penjelasan berikut ini hanya sebagai bahan analisa saja.

Sesuaikan Tema Blog

Masing – masing jenis website sudah tentu memiliki ciri khas tersendiri. Sebagai contoh coba lihat website portal berita atau blog gado – gado. Website berita popular pasti memiliki banyak sekali kategori dan banyak penulis. Theme yang mereka gunakan cenderung bertema magazine atau majalah.

Seperti gambar dibawah ini

Theme Magazine

Magazine theme via Themeforest.com

Nah untuk blog pribadi bagaimana? Seperti yang sering kita temui sekarang ini. Blog pribadi cenderung memilih theme yang simple. Memang tidak semua, ada juga blog pribadi yang menerapkan theme magazine atau newspaper. Kembali lagi ke selera masing – masing pemilik blog.

Karena wordpress merupakan cms open source yang sangat popular, maka muncul jutaan theme yang tersebar dimana – mana. Ada versi gratis dan ada yang premium. Terkadang, kita jadi bingung mau memilih yang mana. Ada saja beberapa kelebihan dan kekurangan dari masing – masing theme tersebut.

Saya juga mengalami hal itu, akan tetapi ada beberapa faktor yang bisa kita jadikan bahan analisa ketika ingin menentukan theme yang tepat.

  1. Sistem navigasi yang mudah
  2. Desain yang menarik
  3. Menggunakan font yang mudah dibaca
  4. Fast Loading
  5. Responsive
  6. Support browser apa saja
  7. Update theme

1. Mengapa navigasi penting?

Navigasi blog bertujuan untuk memudahkan pembaca menemukan artikel lain yang terkait. Sistem navigasi website yang mudah biasanya terlihat lengkap dan memiliki struktur yang jelas. Pembaca dapat dengan mudah menemukan kategori topik yang diinginkan. Bisa menemukan daftar isi yang lengkap dll.

Apa saja contohnya?

  • Menu kategori
  • Menu page
  • Related post
  • Popular post
  • Resent Post
  • dll seperti internal linking artikel

Ya dengan adanya sistem navigasi yang  jelas bisa membuat pembaca merasa betah dan bisa meningkatkan jumlah view blog Anda.

Apalagi jika artikel Anda memang menarik, pembaca semakin penasaran untuk membaca artikel blog Anda yang lain. Lalu apa dampaknya? Jelas situs Anda semakin popular di search engine.

2. Desain yang menarik

Yang tak kalah penting ketika kita ingin memilih theme wordpress adalah perihal desain. Desain sangat erat kaitannya dengan identitas sebuah website/blog Anda. Dari penampilan dapat membedakan dan menunjukkan ciri khas blog Anda.

Bagaimana desain yang baik itu? Desain theme yang baik memang tergantung dari selera masing – masing. Akan tetapi yang perlu ditekankan adalah keindahan dan nyaman ketika di akses. Jangan membuat warna warni yang terlalu mencolok, membuat background pelangi dan sebagainya.

Kita bisa melihat bagaimana desain website yang umum. Kita bisa melihat dengan menjelajahi situs popular yang ada saat ini untuk menemukan gambarannya. Lalu buatlah pembeda agar situs Anda memiliki ciri yang khas.

3. Menggunakan font yang mudah dibaca

Semua website atau blog yang menyajikan artikel tentu ingin sekali agar artikelnya dibaca. Nah salah satu faktor yang paling penting selain kualitas artikel adalah pemilihan jenis font. Akan tetapi biasanya theme wordpress sekarang ini sudah didesain sedemikian rupa sehingga jenis font sebenarnya sudah di desain oleh developer theme tersebut.

4. Fast Loading

Faktor kecepatan akses sebuah website atau blog biasanya tergantung dari 3 hal. Pertama dari segi konektivitas pembaca, kedua dari segi server, dan yang ketiga dilihat dari segi theme yang digunakan. Dari ketiga faktor tersebut kita membahas tentang theme saja.

Theme yang bagus biasanya sangat ringan, cepat serta jumlah requestnya pun sangat kecil. Jumlah request ke server dapat Anda lihat dengan menggunakan tool seperti GTmetrik, pingdom atau webpagetest.org. Silahkan Anda cek kecepatan theme dengan tool tersebut sebelum Anda gunakan sepenuhnya.

Coba bayangkan ketika Anda berkunjung ke website yang bisa diakses hanya dalam waktu dibawah 2 detik. Tentu Anda merasa senang sekali bukan? Merasa bahwa koneksi Anda sedang stabil, merasa ingin sekali membaca artikel lain yang ada pada website tersebut.

5. Responsive

Theme responsive artinya theme yang mampu menyesuaikan dengan resolusi layar. jadi ketika diakses dengan perangkat mobile,  ipad, notebook atau desktop maka tampilan theme mampu beradaptasi dengan baik.

Walaupun trend sekarang cenderung menggunakan AMP ( Accerelated Mobile Pages ) sejak diluncurkan oleh Google, kita harus tetap memperhatikan responsive theme. Tujuannya untuk memastikan jika masih ada index artikel yang mengarah ke url default web/blog tetap bisa tampil baik ketika diakses.

Berikut contoh penampakan bagaimana sebuah theme mampu menyesuaikan dengan resolusi layar pada berbagai perangkat.

6. Support browser apa saja

Ada banyak sekali jenis browser yang tersedia. Akan tetapi kebanyakan developer theme saat ini telah memberi catatan apa saja browser yang didukung. Untuk itu pastikan semua browser terbaru mendukung theme yang Anda gunakan.

7. Update theme

Pilihlah theme yang sering melakukan update atau theme yang belum lama telah melakukan update. Hindari untuk menggunakan theme yang telah terlalu lama tidak diupdate. Hal ini menunjukkan keseriusan developer theme tersebut.

Theme Gratis Atau Premium?

Theme premium tentu lebih banyak fitur jika dibandingkan dengan theme yang bersifat gratis. Lalu kita mau pilih yang mana? Semuanya tergantung dari kebutuhan Anda. Coba perhatikan apakah blog Anda memang membutuhkan fitur – fitur yang ditawarkan pada theme berbayar.

Berikut beberapa kelebihan theme premium

  • Memiliki fitur lengkap yang tidak dimiliki oleh theme gratisan.
  • Mendapatkan lisensi penggunaan
  • Biasanya theme premium terdapat support langsung dari developer theme
  • Tampilan dan desain yang lebih menarik
  • Struktur theme yang lebih terjamin

Walaupun demikian, theme gratis terkadang sudah cukup memberikan beberapa fitur untuk kita. Apalagi jika Anda mampu untuk memahami bahasa koding. Kita bisa membuat beberapa perubahan pada theme tersebut agar lebih menarik sesuai dengan apa yang kita inginkan.

Untuk tujuan profesionalisme apabila situs Anda telah berkembang pesat. Tidak ada salahnya Anda mencoba untuk membeli theme premium. Selain bisa mendapatkan fitur penting, tampilan dan performa website atau blog Anda bisa lebih cepat.

Kesimpulan :

Memilih theme sebenarnya bebas saja, tergantung dari kebutuhan dan keinginan Anda. Selagi masih terpenuhi dengan theme gratis, tidak ada salahnya Anda menggunakan theme tersebut. Akan tetapi, jika kita merasa perlu adanya perubahan agar lebih terlihat profesional, performa yang lebih apik, maka theme premium bisa menjadi pilihan Anda.




Updated: June 16, 2017 — 2:13 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap