7 Langkah Penting Memulai Startup Digital Bagi Pemula

Saat memulai bisnis startup memang memiliki tantangan tersendiri. Apalagi biasanya saat permulaan, kamu mungkin bekerja sendiri atau bersama dengan beberapa orang rekanmu.

Akan tetapi, setelah bisnis startup berhasil sukses, tim dan modal akan bertambah sehingga semua pekerjaan dapat dilakukan menjadi lebih mudah.

Untuk itu, agar berhasil suskes membangun bisnis startup digital, kamu perlu mengetahui beberapa langkah atau rencana yang dapat membantu kamu mencapai hasil yang maksimal.

Cara memulai bisnis startup

1. Ketahui dimana kekuatan kamu sebelum merencanakan segala sesuatu

Langkah awal memang menentukan kesuksesan kamu, apalagi saat kamu memlih ide atau memilih strategi bisnis digitalmu.

Kenali terlebih dahulu apa saja kelebihan yang kamu miliki agar kamu mampu mengeluarkan potensi terbaik kamu.

Saat memulai bisnis startup, tantangan terbesar biasanya datang dari diri kamu sendiri. Seperti semangat yang tidak stabil. Nah tugas kamu adalah mencari cara bagiamana agar motivasi dan semangat kamu terus terjaga.

2. Miliki Kemampuan Analisa

Pengusaha sukses merupakan orang yang mampu mengambil keputusan dengan tepat. Semua keputusan dibuat berdasarkan analisa, baik dari insting atau dari data yang ada diperoleh.

Kamu bisa belajar melakukan analisa dengan cara membuat berbagai macam pertanyaan terkait bisnis kamu. Buat pertanyaan tersebut dikertas, lalu jawab pertanyaan yang kamu buat tadi berdasarkan informasi atau data akurat yang kamu peroleh.

Dengan melatih diri seperti itu, kamu bisa mencapai hasil yang lebih maksimal. Karena kamu tahu apa yang sedang kamu lakukan. Kamu mengambil tindakan berdasarkan solusi yang kamu temukan.

Kemampuan analisa memang tidak datang begitu saja, butuh latihan secara terus menerus agar kamu mahir ketika mengambil keputusan.

3. Mulai buat rencana bisnis startup digital kamu secara matang

Rencanakan bisnis kamu mulai dari nama brand yang menarik hingga model startegi bisnis yang ingin kamu jalankan

Coba kamu perhatikan bisnis startup sukses yang ada sekarang ini, perhatikan bagaimana nama brand mereka dan bagaimana sistem kerja mereka hingga berhasil mencapai kesuksesan.

Rencana bisa dibuat berdasarkan pertimbangan yang telah kamu lakukan pada poin -poin diatas tadi. Seperti mengetahui dimana kekuatan kamu dan melakukan analisa (Riset pasar).

Bidang startup itu sangat luas. Luangkan waktu kamu untuk mengetahui berbagai jenis peluang bisnis startup.

4. Catat Tujuanmu secara jelas

Setelah kamu memiliki jenis bisnis yang ingin kamu jalankan, selanjutnya catat apa yang menjadi tujuan besar kamu. Hal ini penting karena jika kamu mencatat tujuan tersebut diatas kertas, maka kamu dapat mengingatnya setiap saat.

Kamu bisa membaca kembali apa yang menjadi tujuan besar kamu. Sehingga kamu selalu mampu memotivasi diri untuk mewujudkan tujuan kamu tersebut.

5. Tingkatkan wawasan teknologi

Startup digital memang sangat berhubungan dengan teknologi. Sementara itu kita tahu bahwa teknologi terus berkembang dan bervariasi.

Jika kamu ingin startup kamu terus mampu bersaing, maka mulai dari sekarang pertajam wawasan kamu tentang teknologi. Manfaatkan dengan cara sebaik mungkin untuk kemajuan usaha kamu.

Tidak bisa dipungkiri bahwa teknologi sangat membantu pekerjaan manusia, dengan teknologi semua bisa berjalan tepat sasaran dan bahkan mampu berjalan secara otomatis.

Sebagai contoh, dengan bantuan teknologi, startup sukses seperti gojek mampu meraih kesuksesan karena memanfaatkan teknologi smartphone dan teknologi navigasi gps.

Contoh lagi, startup bidang digital toko online mampu meraih konsumen dengan menarik trafik tinggi ke web e-commerce mereka, melalui teknologi iklan ter-target dan mesin pencari. Dan, masih banyak contoh lainnya yang bisa kamu perhatikan.

6. Cari teman yang memiliki satu visi dengan kamu

Dengan siapa kamu bergaul setidaknya akan memberikan pengaruh. Jika kamu selalu berkumpul bersama dengan orang yang memiliki satu visi, bisa jadi kamu akan membentuk tim bisnis yang solid.

Memang bukan pekerjaan yang mudah untuk membentuk tim atau menemukan orang yang satu visi. Tapi bukan tidak mungkin lho.

Sebagai contoh bagaimana terbentuknya mesin pencari raksasa Google, mesin pencari tersebut berasal dari 2 sahabat yang memiliki visi yang sama. Dan amsih banyak lagi contoh lainnya yang bisa kamu perhatikan.

7. Atur strategi untuk bisnis digital kamu

Strategi merupakan langkah – langkah yang akan kamu lakukan. Hal ini sangat penting agar kamu melakukan kegiatan sesuai dengan plan besar kamu. Strategi yang tepat dapat membuat kamu berhasil mencapai kesuksesan secepat mungkin.

Strategi biasanya muncul setelah kamu memahami secara detail dan menguasai bidang yang kamu kerjakan.

Baca juga : Inilah Alasan Mengapa Startup Lebih Sukses Dibanding Perusahaan Besar

Kesimpulan :

Memang masih banyak hal lain yang perlu lakukan ketika ingin membangun bisnis digital baru. Penulis yakin bahwa kamu juga memiliki kemampuan untuk menemukan teknik – teknik yang tepat.

Semoga artikel ini dapat memberikan informasi tambahan untuk kamu. Jika ada pertanyaan atau tambahan ide, silahkan kamu tulis pada form komentar dibawah ini. Salam sukses selalu.

Updated: April 12, 2018 — 5:48 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap