Mengapa Marketing Itu Sangat Penting? Berikut Ulasannya

Kesuksesan sebuah bisnis sangat tergantung dari bagiamana kesuksesan marketing. Sehingga bisa dikatakan sehebat apapun produk yang Anda miliki, jika tidak dibarengi dengan marketing, maka tidak akan menjadi apa – apa.

Marketing merupakan proses promosi untuk memperkenalkan kepada konsumen. Jadi, tanpa marketing sebuah usaha tidak bisa mencapai potensi tertinggi. Potensi tertinggi yaitu potensi menjual produk atau jasa yang dimiliki kepada konsumen.

Mengapa Marketing itu Penting

Jika Anda merupakan owner dari sebuah perusahaan, penting untuk memperhatikan strategi marketing. Jangan terlalu fokus pada proses produksi atau proses yang tak terkait dengan marketing. Bagi waktu secara tepat demi mencapai kesuksesan.

Berikut ini beberapa alasan mengapa marketing begitu penting dalam sebuah bisnis.

1. Sebagai Ajang Untuk Memperkenalkan Produk atau Jasa “Brand Awareness”

Brand awareness adalah bentuk usaha untuk memberikan kesadaran merek. Artinya dengan usaha marketing yang dilakukan. Calon konsumen dapat mengerti dan mengenal produk Anda.

Brand awareness merupakan bentuk dari tujuan marketing itu sendiri. Dan tujuan utamanya adalah agar bisnis dapat berkembang pesat dikalangan para pengguna. Baik itu untuk kalangan perusahaan, atau kalangan masyarakat.

Ada sebutan AIDA dikalangan para marketer. Yaiut istilah untuk :

Attention = > Menarik perhatian konsumen
Interest = > Calon konsumen menjadi tertarik
Desire = > Timbul perasaan ingin mencoba
Action = > Yaitu sebuah tindakan nyata untuk membeli jasa atau produk

Seandainya para pelaku marketing mampu menguasai ke 5 hal diatas, sudah tentu mampu menguasai pasar. Karena dari poin – poin diatas terdapat strategi yang bisa diterapkan.

Misalnya untuk menarik attention, kita bisa menerapkan strategi iklan dengan bentuk promo, bonus, tampilan yang menarik dan penggunaan slogan yang tepat. Masih banyak lagi strategi yang diterapkan untuk menarik perhatian.

Jadi, jika kita betul – betul memperhatikan kegiatan marketing, usaha yang dilakukan sudah mengarah kepada kesuksesan dalam usaha.

2. Meningkatkan Kesuksesan Penjualan

Setelah produk Anda dikenali oleh para konsumen, kesempatan untuk menjual tentu menjadi semakin besar.

Bukan itu saja, ketika ramai calon konsumen telah mengenal produk Anda lewat marketing, kabar tentang produk atau jasa Anda akan tersebar dari mulut ke mulut. Hal ini tentu memberikan efek viral. Setidaknya ada faktor perkalian yang membuat efek marketing Anda menjadi semakin mudah.

Untuk mencapai tujuan tersebut ada beberapa hal yang harus kita perhatikan.

  1. Jaga kualitas produk agar mendapat kepercayaan konsumen
  2. Berikan pelayanan yang jitu
  3. Gunakan teknik promosi dan pemilihan nama brand yang tepat

Kita bisa melihat contoh – contoh yang ada sekarang ini. Coba perhatikan dengan seksama, bagaimana perusahaan besar melakukan promosi baik itu lewat media internet atau media lain. Anda bisa meniru atau setidaknya memahami cara kerja promosi mereka.

3. Meningkatkan Reputasi Perusahaan Anda.

Kegiatan marketing ternyata dapat membantu reputasi perusahaan Anda menjadi semakin tinggi. Sehingga akan menimbulkan dampak yang hebat. Bisa jadi banyak kerja sama yang akan tumbuh baik itu dari kalangan perusahaan lain atau dari kalangan para konsumen.

Dari kegiatan marketing timbul kesadaran tentang adanya usaha Anda, dari sini timbul istilah engagement.

Nah ketika pertumbuhan reputasi terus meningkat, semua kegiatan termasuk penjualan, komunikasi antar network dan kegiatan internal perusahaan akan berjalan dengan sangat lancar. Mengapa? Reputasi membuat perusahaan terkesan elegan dan berwibawa.

Kegiatan marketing memang dapat menimbulkan dampak positif bagi perusahaan Anda. Untuk itu, perlu penanganan yang serius agar produk atau jasa Anda dapat dengan mudah berkembang.

4. Dapat Membuat Perusahaan Terus Berkembang Pesat Karena Adanya Pengalaman Dibidang Marketing.

Kegiatan marketing dapat memberikan dampak lain. Yaitu dampak dimana Anda sebagai owner dapat mengetahui perkembangan bisnis Anda selama ini.

Hal ini karena Anda yang tahu dan memiliki pengalaman tentang teknik marketing terbaik bagi perusahaan Anda. Berbeda ketika Anda tidak memperhatikan marketing, semua penilaian tidak dapat dilakukan dengan jelas.

Kegiatan ini dapat terwujud jika Anda memiliki catatan yang lengkap. Yaitu catatan berupa strategi marketing, efek penjualan yang ditimbulkan, biaya yang digunakan, dan keuntungan yang didapatkan. Semua itu dapat memberikan gambaran bagi Anda, kemana arah marketing selanjutnya. Apakah perlu perubahan atau tetap menggunakan strategi marketing lain.

Baca juga : 13 Cara Promosi Produk Agar Sukses Meningkatkan Penjualan

Itulah tadi alasan mengapa marketing begitu penting dalam bisnis. Semakin hebat kegiatan marketing yang dilakukan, maka semakin besar pula kesempatan sukses yang akan diraih. Tak heran jika timbul istilah, sehebat apapun produk Anda, tanpa marketing tidak akan ada gunanya.

Semoga artikel ini dapat memberikan inspirasi bagi Anda. Jika ada ide tambahan, silahkan tulis pada form komentar dibawah ini. Salam sukses selalu.

Updated: December 6, 2017 — 4:23 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap