Mengapa Menulis Itu Mudah dan Berikut Beberapa Tipsnya

Memang benar menulis itu gampang, akan tetapi menulis yang berkualitas dan enak dibaca itu yang tidak mudah. Kalau hanya sekadar menulis sih semua orang bisa. Tinggal ketik artikel pun jadi.

Termasuk saya sendiri, sampai saat ini setelah berkecimpung di dunia blogging, saya masih terus belajar bagaimana caranya agar setiap artikel yang saya buat dapat memberikan manfaat sekaligus enak dibaca.

Setiap orang sudah tentu punya pendapat sendiri, ada yang mengatakan bahwa menulis itu butuh bakat, ada yang mengatakan menulis itu bisa dilakukan siapa saja, ada yang bilang menulis itu mudah. Pokoknya tidak ada pendapat yang baku. Semua orang berhak mengemukakan pendapat selagi masih dalam jalur yang benar dan memberikan dampak positif bagi orang lain.

Menulis itu mudah

Menulis itu sebenarnya bisa dilakukan oleh siapa saja, syaratnya ada kemauan dan praktek untuk menjadi seorang penulis. Seperti saya, sebelumnya saya tidak menyangka sama sekali bakal menulis artikel di blog ini, akan tetapi setelah memutuskan membuat blog, mau tidak mau saya harus rajin menulis.

Dari sinilah timbul keinginan saya untuk belajar. Ya walaupun saya sendiri tidak tahu, apakah artikel yang saya buat ini enak dibaca atau tidak. Semuanya tergantung dari pembaca yang menilai.

Seperti halnya keahlian lain, jika sering dilatih maka akan semakin mahir. Begitu juga dengan kegiatan tulis menulis ini. Semakin sering Anda praktek menulis maka semakin terbiasa Anda menulis.

Jika Anda ingin menjadi seorang penulis handal, belajarlah dari orang yang jago menulis, cari di internet. Banyak sekali para penulis yang sedia membagikan tipsnya pada kita. Tergantung dari kita mau apa tidak untuk belajar, mau apa tidak untuk praktek.

Bagaimana kita bisa tahu kita bisa menulis atau tidak jika kita tidak mencobanya?

Biasakan diri untuk menulis walau beberapa artikel setiap hari, jika tidak bisa satu artikel yang semampu-nya saja. Yang penting setiap hari Ada yang Anda tulis. Cara ini memang sangat efektif untuk membuat kemampuan menulis Anda menjadi semakin meningkat. Bahkan mungkin Anda bisa menjadi seorang penulis yang terkenal. Hehehe

Agar kita berhasil membiasakan diri, coba temukan motivasi dalam diri Anda. Apa tujuan Anda menulis? Apakah Anda punya planning? atau tujuan tertentu? Misalkan ingin menjadi seorang penulis buku, Memiliki blog besar dan sebagainya.

Biasanya ketika kita memiliki tujuan dan target, kegiatan apapun menjadi lebih terarah. Anda bisa cepat berhasil dan semangat ketika melakukannya. Menulis juga seperti itu, butuh motivasi tersendiri agar semua kemampuan Anda terarah untuk menjadi seorang penulis handal.

Ketika kita berhasil menemukan motivasi, Anda menjadi rajin praktek menulis. Sehingga tujuan kita membiasakan diri menulis menjadi sangat mudah untuk dicapai.

Nah bagi yang sudah mahir mereka akan berkata, ternyata menulis itu mudah. Bagi kita yang baru belajar, tentu butuh praktek dan praktek agar mampu seperti mereka.

Untuk mempermudah kita menemukan bahan tulisan, rajin saja membaca. Cari berbagai artikel yang ada di internet.

Seperti yang sering saya baca bahwa semua penulis menyarankan agar kita rajin membaca. Karena ternyata membaca dapat memberikan wawasan yang luas. Membaca juga dapat meningkatkan penguasaan kosakata yang Anda miliki. Tulisan yang kaya kosakata dapat memperindah tulisan Anda, artikel menjadi lebih hidup dan enak dibaca.

Sekarang ini teknologi sudah maju, membaca artikel bisa dimanapun dan kapanpun. Yang penting kita punya akses internet. Anda bisa membaca sambil liburan, waktu senggang sambil duduk santai. Kegiatan seperti ini dapat menambah kualitas tulisan Anda.

Ketika kita membaca, kita juga bisa memperhatikan gaya tulisan orang lain. Setiap penulis memiliki ciri sendiri, Anda ciri khas yang membedakan antara satu penulis dengan penulis lain.

Untuk tahap awal, Anda bisa meniru gaya tulisan orang lain terlebih dahulu. Ada yang berpendapat bahwa semua penulis pada awalnya meniru gaya tulisan orang lain. Setelah berhasil, mereka akan menemukan gaya sendiri.

Jadi, Anda bisa saja meniru gaya tulisan orang lain terlebih dahulu, selanjutnya tanpa Anda sadari Anda akan menemukan gaya tersendiri.

Bicara tentang gaya tulis memang tidak mudah untuk dibahas, karena ada intonasi tersendiri, seperti halnya suara, setiap orang punya ciri sendiri. So tetap praktek saja, yang penting buat tulisan terlebih dahulu.

Ada beberapa tips agar menulis menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

Manfaatkan Forum

Anda bisa memanfaatkan forum yang ada di internet untuk latihan menulis. Anda bisa sharing dan membagikan ilmu yang bermanfaat. Anda bisa mencari forum yang sesuai dengan hobi yang Anda miliki. Rajinlah berinteraksi dengan yang lain. Belajarlah menyampaikan ide kedalam bentuk tulisan.

Cari teman atau saudara untuk menilai tulisan Anda

Selain media online, kita juga bisa menguji kemampuan menulis dengan meminta bantuan teman, saudara atau orang terdekat. Anda bisa menulis artikel lalu minta pendapat mereka. Jika Anda kenal baik dengan guru bahasa indonesia, Anda bisa menanyakan langsung, coba minta penilaian tentang artikel yang telah Anda buat.

Buat Blog

Bagi yang sudah tahu dan paham ilmunya, Anda bisa membuat blog pribadi. Buatlah blog sesuai dengan hobi Anda, atau lakukan analisis yang lengkap terlebih dahulu. Temukan apa saja syarat membuat blog, apa saja analisa yang diperlukan sebelum membuat blog.

Buat catatan pribadi

Anda bisa membuat jurnal atau buku harian untuk praktek menulis. Buatlah karya Anda sebaik mungkin, praktek setiap hari agar kemampuan Anda semakin meningkat. Anda bisa memanfaatkan komputer atau laptop pribadi untuk menulis. Anda bisa menggunakan media buku biasa untuk menulis.

Baca juga : Menulis Artikel Dengan Cara Cepat Tanpa Edit, Editing Belakangan

Kesimpulan :

Memang benar menulis itu gampang, yang penting ada kemauan dan niat. Jika ada niat dan kemauan, menulis memang menjadi gampang dan sangat menyenangkan. Semoga artikel ini bisa membantu Anda bagi yang ingin belajar menulis atau ingin menemukan cara bahwa menulis itu gampang. Jika ada pendapat silahkan tulis pada form komentar dibawah ini.




Updated: August 17, 2017 — 10:10 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap