Ini Dia 8 Cara Cerdas Mengatur Keuangan Agar Menjadi Orang Sukses

Menajemen keuanganSemua orang punya hak yang sama untuk sukses. Hanya saja, ada beberapa tips yang dan kiat yang perlu kita atur agar impian menjadi orang sukses dapat segera terwujud.

Antara orang yang sukses dan tidak terdapat perbedaan cara mengatur, baik itu mengatur pikiran, rencana hingga seperti yang akan kita bahas sekarang yaitu mengatur keuangan.

Berapa pun pendapatan Anda perhari, harus diatur sedemikian rupa agar cash flow Anda tetap plus. Dampaknya sangat luar biasa, Anda bisa merencanakan sesuatu yang lebih besar lagi ketika tantangan mengatur keuangan ini mampu Anda kuasai.

1. Belanja lebih kecil dari pendapatan

Warrent Buffet merupakan orang terkaya ketiga di dunia pada tahun 2015. Dikutip dari Forbes ia mengatakan bahwa :

“Jangan menabung dari uang sisa belanja, tapi belanja dari sisa uang menabung”.

Sering sekali orang lebih mengedepankan keinginan yang tak rasional ketimbang menabung. Sehingga banyak terjadi ketidak seimbangan antara pengeluaran dan pemasukan.

Untuk itu, mulai dari sekarang segeralah latihan menabung. Biasakan diri untuk selalu merencanakan berapa besar uang pendapatan untuk di tabung.

Pada awalnya memang mungkin terasa sulit, akan tetapi jika sudah biasa semua itu dapat dilakukan dengan mudah.

Warrent Buffet sendiri merupakan orang yang bersahaja, ia tak menunjukkan kekayaannya dengan gaya hidup yang glamor. Pria ini tentu punya prinsip yang patut kita tiru jika ingin menjadi orang yang sukses.

2. Cari cara agar uang berkembang dengan investasi

Carlos slim merupakan orang sukses besar, ia sudah mulai investasi pada usia 11 tahun. Ini merupakan kebiasaan yang patut ditiru.

Bayangkan saja, pada usianya 15 tahun, Carlos slim sudah menjadi share holder bank di meksiko.

Prinsip ini bisa mengantarkan seseorang menjadi orang yang sukses secara financial karena uang yang didapat di investasikan agar tumbuh berkembang.

Ada berbagai jenis investasi yang bisa Anda kembangkan, seperti dengan membuka bisnis hingga investasi bidang properti dan lain sebagainya.

3. Selalu Membuat Perencanaan untuk masa depan

Miliuner asal Tiongkok membuktikan akan hal ini. Dengan kemampuan yang ia miliki untuk merencanakan masa depan, Jack Ma mampu menjadi orang terkaya dengan angka 27,9 miliar dollar Amerika Serikat per September 2016.

Jack Ma punya prinsip bahwa merencanakan masa depan itu penting. Hal itu memang terbukti dari kesuksesan yang telah ia capai sekarang ini.

Bagaimana kisahnya?

Awalnya Jack Ma di perkenalkan internet oleh rekannya sekitar tahun 1995, kemudian dia mencari kata kunci beer di mesin pencari, namun Ma tak menemukan beer sama sekali di cina pada waktu itu.

Dari sinilah Jack Ma mulai berpikir untuk masa yang akan datang, dia pun mulai berkarir di internet untuk memenuhi kebutuhan yang ada di negerinya.

Ma mulai membangun E commerce yang kini menjadi toko online terbesar di dunia.

Dari kisah tersebut membuktikan bahwa, orang yang memiliki rencana dimasa depan itu lebih baik dan berpeluang sukses besar.

4. Buat Daftar Anggaran Kebutuhan

Bagi Anda yang ingin sukses, maka membuat daftar anggaran belanja itu sangat penting dan wajib. Sebab dengan membuat daftar anggaran, Anda jadi lebih mudah mengatur keuangan.

Buatlah daftar anggaran Anda dengan teliti dan catat sebaik mungkin. Atur sesuai dengan kebutuhan harian, bulanan dan seterusnya. Dengan cara ini, Anda menjadi lebih hemat ketika menggunakan uang.

Membiasakan diri mengatur anggaran merupakan kebiasaan bagi orang sukses, mereka sudah terbiasa melakukan hal ini.

Nah bagi Anda yang baru memulai, lakukanlah secara perlahan terlebih dahulu hingga membuat anggaran menjadi kebiasaan bagi Anda.

Membuat anggaran belanja bisa dimulai sejak sekarang ini jika Anda ingin menjadi orang yang sukses seperti contoh diatas.

5. Prioritaskan Kebutuhan terlebih dahulu

Walaupun pendapatan Anda besar, Anda tak harus semena mena menggunakan uang yang ada. Hal tersebut sangat tidak baik bagi keuangan Anda.

Mulai dari sekarang, belajarlah untuk membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Anda tentu bisa membedakan hal tersebut bukan?

Membelanjakan uang berdasarkan keinginan sangatlah tidak baik, lebih baik Anda membelanjakan uang sesuai dengan kebutuhan. Misalkan kebutuhan investasi, kebutuhan pokok, kebutuhan bisnis dan lain sebagainya.

Cara ini lebih efektif dan mampu membuat seseorang menjadi sukses besar. Anda dapat memulainya dari sekarang dengan cara belajar membedakan mana kebutuhan dan mana yang merupakan keinginan Anda saja.

6. Cerdas Menggunakan Kartu Kredit

Kartu kredit memberikan kemudahan yang luar biasa untuk berbelanja, namun dibalik itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar keuangan kartu kredit Anda sehat.

Dibalik kemudahan kartu kredit terdapat bunga dan biaya administrasi yang harus dikeluarkan. Nah dari sini Anda harus bijak menghitungnya sesuai dengan perencanaan keuangan yang telah Anda buat.

Jika Anda orang yang tak bisa mengontrol diri, maka disarankan agar tidak menggunakan kartu kredit.

7. Cari Tahu Kapan Ada Promo

Anda pasti pernah melihat adanya promo di beberapa tempat belanja, seperti adanya pemberian diskon, membership dan lain sebagainya. Nah manfaatkan kesempatan tersebut untuk lebih menghemat uang belanja Anda.

Untuk itu, selalu pantau dan cari informasi kapan ada promos besar besaran. Manfaatkan waktu tersebut untuk belanja kebutuhan Anda.

Dengan cara ini, sudah dapat dipastikan jumlah uang yang dikeluarkan akan lebih hemat ketimbang saat biasa.

8. Selalu membuat perbandingan

Jika Anda orang yang pintar membandingkan harga ketika belanja, sudah tentu Anda akan mendapatkan harga terbaik. Untuk itu, coba mulai dari sekarang belajar bagaimana cara membandingkan harga.

Anda bisa memanfaatkan internet dan informasi dari media untuk membanding kan harga. Jadi, tidak ada kata sulit disini. Membandingkan harga merupakan pekerjaan yang sangat mudah untuk dilakukan.

Baca juga : Dasar Manajemen yang Penting Untuk Diterapkan Agar Bisnis Berkembang

Kesimpulan :

Selain menerapkan beberapa strategi diatas, Anda juga harus rajin mengevaluasi diri. Evaluasi bertujuan untuk menilai ulang kira kira pada poin mana yang harus Anda perbaiki. Selanjutnya terus bersedekah, karena sedekah akan memberikan kita kemudahan.

Semoga artikel ini dapat memberikan inspirasi tambahan bagi Anda. Jika ada pertanyaan dan ide, silahkan tulis pada form komentar dibawah ini. Salam sukses selalu.

Updated: September 6, 2018 — 12:37 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap