Ingin Mengirim Artikel Ke Media atau Guest Blogger? Berikut Prosedurnya

Apakah Anda ingin menjadi seorang penulis tamu atau guest blog, tapi belum juga memulainya? Berikut ini akan kita ulas tips dan prosedur menjadi seorang penulis artikel guest blog atau media besar yang ada di internet.

Banyak sekali manfaat yang akan kita dapatkan jika kita mampu menulis artikel menarik dan tayang di blog – blog dan media besar.  Itupun tergantung dari tujuan masing – masing penulis.

Sebagai contoh, bagi seorang blogger, kegiatan guest blog dapat menambah jumlah backlink, trafik dan branding. Nah, sedangkan bagi penulis lepas, menjadi guest blog dapat membuat si penulis mudah dikenal oleh orang lain. Apalagi jika artikel Anda mendapat respon dari pembaca dan rangking terbaik dari mesin pencari, sudah tentu Anda lebih cepat terkenal.

Mengirim artikel ke media atau guest blog

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda coba. Terutama bagi Anda yang belum berani take action untuk menjadi seorang penulis artikel di blog – blog dan media besar

Tingkatkan rasa percaya diri

Rasa percaya diri memegang peranan penting ketika kita ingin menjadi penulis tamu di blog orang lain. Hal inilah yang biasanya menjadi alasan utama mengapa seseorang terkadang tak kunjung membuat artikel. Untuk itu, perlu bagi Anda untuk selalu meningkatkan rasa percaya diri.

Bagaimana caranya :

  • Coba baca artikel motivasi
  • Kuasai dengan baik tema tulisan Anda dengan cara mencari referensi. Gunakan pustaka, internet dll.

Ketika kita mampu menguasai tema tulisan, biasanya percaya diri bisa muncul begitu saja. Rasa percaya diri bisa muncul ketika kita memang benar – benar mengerti topik yang ingin disampaikan. Berbeda jika Anda hanya memahami setengah – setengah.

Manfaat selanjutnya ketika Anda mampu menguasai tema adalah membuat hasil tulisan Anda lebih berkualitas, enak dibaca dan dimengerti penuh dengan ilmu. Artikel seperti ini biasanya akan tampil terbaik di mesin pencari, otomatis dapat mendatangkan pembaca yang melimpah.

Tentu Anda ingin agar artikel Anda dibaca dan mendapat respon baik bukan?

Pahami aturan guest blog

Biasanya, beda blog beda aturan. Mereka memiliki ketentuan tersendiri, masing – masing blogger punya kriteria ketika menerima artikel kiriman. Apalagi blog popular. Sehingga kita sebagai penulis tamu tentu harus mematuhi aturan yang mereka berikan. Tujuannya agar artikel yang kita tulis dapat diterima.

Secara garis besar, aturan yang mereka berikan tak begitu sulit. Bagi orang yang sudah biasa menjadi penulis tamu, hal ini bahkan sangat mudah bagi mereka. Aturan – aturan yang ada biasanya hanya pada kategori, jumlah kata, ukuran gambar, bolehkah memasang backlink dan lain sebagainya.

Cari media blog yang popular

Tips berikutnya agar tulisan Anda ikut kecipratan trafik pembaca, maka carilah blog yang popular. Blog popular sudah tentu banyak trafik, authority merek di mesin pencari juga sangat baik. Artikel Anda dapat dengan mudah ditemukan ketika orang mencari di search engine seperti Google.

Blog dan media besar seperti hipwee, babee, jalantikus, kompasiana menerima penulis tamu atau guest blog. Di situs hipwee dikenal dengan istilah artikel kiriman pembaca.

Pada tips ini, silahkan Anda kumpulkan blog dan media sebanyak mungkin. Kemudian, baca aturan pada masing – masing media tersebut. Cari aturan yang paling mudah terlebih dahulu untuk ajang latihan.

Situs besar seperti hipwee memiliki jutaan pembaca setiap bulan. Ada berbagai macam kategori, mulai dari hiburan hingga hal – hal yang lucu. Secara umum, situs hipwee menargetkan pembaca dari kalangan anak muda. Tulisan yang ada di situs ini cenderung santai dan ditulis dengan gaya bahasa gaul.

Cobalah untuk membaca terlebih dahulu gaya tulisan yang paling banyak mendapatkan share dari pembaca hipwee. Sesuaikan artikel Anda dengan gaya bahasa tersebut. Penyesuaian gaya tulisan juga sangat penting untuk diketahui, pelajari siapa target pembaca Anda, gaya bahasa seperti apa yang bisa diterima.

Berbeda dengan situs seperti kompasiana, secara garis besar gaya bahasa yang digunakan seperti jurnalis.

Buat konten hasil karya Anda sendiri

Seperti yang telah ditulis pada point pertama di atas, kuasai tema tulisan, maka kita akan mampu membuat artikel orisinil hasil karya sendiri. Secara garis besar, blog yang menerima penulis tamu membuat aturan ini, yaitu aturan agar artikel yang dibuat merupakan artikel orisinil bukan hasil copy paste.

Lagi pula, agar artikel Anda mampu tampil terbaik di mesin pencari, artikel harus benar benar original. Itulah alasan terbesar mengapa rata – rata blogger menyarankan agar artikel yang dikirim merupakan hasil karya Anda sendiri.

Setelah artikel Anda selesai dibuat, coba kirim langsung ke media tersebut. Biasanya akan ada proses review. Untuk waktu berapa lama artikel Anda akan tampil tergantung dari berbagai aspek, seperti berapa jumlah antrian dan skala publish media yang Anda tuju.

Baca juga : Cara Menjadi Penulis Artikel Lepas Secara Online

Itulah tadi beberapa tips dan prosedur bagaimana menjadi penulis tamu atau guest blog pada media besar. Sebenarnya semua itu tergantung dari Anda sendiri, jika rasa percaya diri yang ada pada diri Anda sangat tinggi, menjadi penulis tamu sangat mudah bagi Anda.

Semoga artikel diatas dapat membantu, salam sukses dan selamat mencoba.




Updated: September 22, 2017 — 5:35 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap