6 Teknik Meningkatkan Sales Performance Anda Menjadi Lebih baik

Kemampuan menjual merupakan kemampuan dasar yang merupakan skill set dan menjadi prioritas besar bagi perusahaan bisnis saat ini. Sebagian besar perusahaan mengincar calon pekerja baru dengan mengutamakan pengalaman. Terutama pada bidang pekerjaan dengan model gaji bagi hasil atau berdasarkan komisi.

Mengapa demikian, banyak sekali perusahaan yang mampu berkembang dengan pesat yang didalamnya tak lepas dari para pekerja yang handal pada bidang ini.

Meningkatkan Sales

Ada beberapa aspek yang mestinya menjadi perhatian Anda ketika ingin meningkatkan performa sales penjualan Anda. Berikut ini beberapa penjelasan tersebut.

1. Beri Kepuasan Pada Konsumen

Manusia gampang berubah dan terpengaruh ketika mendapatkan kepercayaan baru, bukan seperti robot, Jadi ketika Anda mampu memberikan kepuasan yang tinggi pada konsumen Anda. Ia bisa menjadi pelanggan setia, loyal bahkan bisa menjadi mesin promosi.

Memberikan kepuasan pada konsumen bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan komunikasi yang baik, kualitas pelayanan yang bagus, service dan semacamnya.

2. Berikan Perhatian Anda

Kebanyakan pembeli pasti merasa menjadi raja. Memang seperti itu adanya, Anda harus mau untuk melayani dan memberikan perhatian Anda pada pembeli.

Pembeli bisa kita samakan dengan konsumen. Sama saja istilahnya, jangan bingung. Yang penting tujuan dari poin nomor dua ini adalah memberikan perhatian. Buat konsumen merasa mendapatkan perhatian dari Anda.

Semakin pintar anda memberikan perhatian pada konsumen, maka jangan heran jika tingkat sales penjualan Anda bisa meningkat.

Contoh mudahnya begini: Bagai mana perasaan Anda ketika berkunjung ke salah satu toko handphone, lalu Anda tidak dilayani sama sekali. Tentu merasa kesal bukan, walaupun produk yang tersedia disana semuanya berkualitas dan murah. Bisa jadi Anda beralih ke toko sebelah.

3. Tunjukkan Nilai Produk Anda

Ada satu istilah lama yaitu menjual manfaat bukan menjual produk. Fokus pada apa manfaat yang akan didapat oleh konsumen. Anda bisa menjabarkan nilai – nilai produk Anda dengan baik.

Beberapa pelaku marketing menerapkan teknik ini dengan memberikan percobaan terlebih dahulu. Anda bisa memberi peluang kepada calon konsumen untuk menjajal produk Anda. Bisa berupa tiral, test drive dan versi percobaan.

Dengan cara seperti ini, konsumen dapat merasakan manfaat dari produk yang Anda tawarkan. Model penawaran nilai produk memang cukup efektif, konsumen dapat menilai langsung apa yang akan mereka dapatkan.

Sebagai contoh, penjual gitar memberikan kesempatan kepada pembeli untuk mencoba memainkan musik menggunakan gitar terbaik yang ia jual.

4. Dengarkan Konsumen Anda

Poin ini sebenarnya sebagai bentuk inisiatif dari poin nomor dua diatas. Pada poin ini, selain memberikan perhatian, kita juga harus menjadi pendengar yang baik.

Berikan kesempatan pada konsumen atau target market Anda untuk berpendapat. Dengarkan masukan yang mereka berikan. Cara seperti ini sangat membantu Anda untuk membenahi bisnis yang sedang Anda jalankan

Setelah itu, berikan solusi pada mereka lewat produk yang Anda tawarkan. Cara seperti ini sangat ampuh. Apalagi ketika produk atau jasa Anda mampu menjawab masalah konsumen selama ini. Hal ini menjadi modal yang sangat besar bagi kesuksesan sebuah bisnis.

5. Tunjukkan Keahlian Pada Bidang Produk Anda

Pernahkah anda mendengar istilah AIDA?

  1. Awarness > Kesadaran, kenal atau terbiasa dengan sebuah nama merek.
  2. Intererst > Merasa tertarik
  3. Desire > Keinginan untuk mencoba membeli produk atau jasa
  4. Action > Tindakan langsung membeli

Anda bisa memanfaatkan 2 dari 4 istilah diatas yaitu dengan membangkitkan Interest dan desire. Caranya bagaimana? Kuasai bidang yang sedang Anda tekuni. Kuasai benar semua ilmu pengetahuan tentang produk atau jasa yang sedang Anda tawarkan.

Cara seperti ini memang cukup efektif untuk meyakinkan konsumen untuk take action. Pembeli bisa merasa percaya pada sales person yang memiliki ilmu pengetahuan yang tinggi. Mereka bisa menemukan nilai lebih dari orang yang mampu menjelaskan dengan baik.

Untuk itu, jika Anda ingin agar performa penjualan Anda meningkat. Pelajari dengan baik apapun yang terkait dengan produk yang Anda tawarkan. Bisa berupa mempelajari produk pesaing dan semacamnya.

Tujuan utama menjelaskan kepada konsumen adalah mengenai trust atau kepercayaan. Semakin tinggi tingkat kepercayaan konsumen maka semakin tinggi kesempatan produk jasa Anda lari.

6. Bangun Relasi yang Lebih Dekat Dengan Konsumen

Jika konsumen merasa dihargai dan merasa menjadi bagian dari bisnis. Biasanya mereka dengan mudah menjadi memberikan review yang baik bagi produk Anda. Terkadang dari model seperti ini, kabar tentang kualitas produk Anda bisa menyebar dari mulut ke mulut.

Untuk membangun relasi bisa dilakukan dengan banyak cara. Selain memberikan pelayanan yang terbaik. Anda bisa menanyakan kepada konsumen Anda tentang produk yang telah mereka beli, tanyakan bagaimana pengalaman mereka tentang produk tersebut. Tapi jangan terlalu sering, cukup sekali saja, biasanya ada sebagian orang yang tidak suka diganggu.

Teknik Promosi Yang Efektif

Setelah menerapkan beberapa strategi diatas, selanjutnya Anda bisa mencoba dengan menerapkan berbagai teknik promosi, mulai dari meningkatkan brand awareness, memberikan diskon, menerapkan beberapa inovasi, menawarkan bonus tambahan dan lain sebagainya.

Pada artikel sebelumnya saya telah menulis tentang cara promosi produk. Anda bisa membaca artikel tersebut disini :

Baca terkait : 13 Cara Promosi Produk Agar Sukses Meningkatkan Penjualan

Selain berbicara soal teknik promosi, kita juga harus memperhatikan tentang media apa saja yang bisa Anda gunakan.

Maksud saya adalah, pelajari berbagai jenis media yang bisa Anda gunakan. Jangan hanya berpatokan pada satu media saja. Coba berani untuk think out of the box. Perhatikan bagaimana Alibaba. Perusahaan tersebut sangat kreatif.

Terbukti perusahaan tersebut mampu mendapatkan profit tinggi. Memecah rekor dengan pendapatan terbanyak. Setidaknya kita bisa mengambil beberapa pelajaran dari mereka.

Itulah tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan sales (penjualan anda). Semoga artikel ini dapat membantu. Semoga membantu.

Updated: July 24, 2017 — 8:26 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap