Menjadi Penulis Artikel Blog Pemula Di 3 Platform Gratis

Menjadi seorang penulis blog sekarang ini telah menjadi trend tersendiri bagi sebagian orang. Terutama mereka yang suka mendalami hobi atau mencoba belajar hal baru untuk menjadi seorang penulis handal. Selain sebagai penyaluran hobi atau belajar hal baru, menulis diblog ternyata bisa membuka peluang baru bagi mereka. Peluang tentu akan semakin terbuka lebar jika tulisan yang di terbitkan mampu menarik minat para pembaca.

Menjadi Penulis Artikel Blog

Pada dasarnya menulis merupakan sebuah karya seni , yaitu kemampuan untuk menyusun ide fikiran menjadi sebuah kalimat dan kemudian di susun kedalam pragraf dalam usaha menyampaikan gagasan atau ide atau ilmu pengetahuan yang dimiliki kepada orang lain. Dengan cara seperti ini penulis harus mampu menyampaikan ide pokok dan gagasan yang di buat agar di mengerti oleh pembaca.

Sebelum membahas lebih jauh tentang  bagaimana menjadi penulis artikel blog pemula di 3 platform tersebut, terlebih dahulu  kita harus menentukan kriteria artikel seperti apa yang akan kita tulis. Kriteria yang di maksud adalah, apakah jenis tulisan yang akan di buat di blog dalam bentuk formal atau bukan. Dengan demikian anda memiliki plan atau rencana yang panjang kemana arah blog anda nantinya.

Jika anda bingung menentukan arah blog atau tujuan anda membuat blog, secara mudah kita bagi saja menjadi dua. Yaitu blog spesifik atau niche blog. Dan yang kedua blog gado – gado atau campuran. Blog spesifik membahas satu topik saja, sementara blog gado – gado membahas topik campuran. Jangan terburu – buru memutuskan untuk memilih jenis blognya, kumpulkan saran dari teman – teman blogger. Karena, ada kelebihan dan kekurangan diantara kedua jenis blog tersebut. Untuk mana yang lebih baik diantara keduanya, Anda bisa mencari informasi tambahan tentang hal tersebut nanti.

Secara umum, gaya bahasa pada blog pribadi lebih bertujuan human friendly saja. Artinya, artikel di buat dengan gaya bahasa yang sederhana dan mudah di mengerti dari kalangan pembaca manapun. Bahasa simpel dan bahasa ringan seperti percakapan sehari – hari lebih mudah menarik minat baca jika dibandingkan dengan bahasa yang formal.

Untuk menjadi seorang penulis, usahakan setiap karya yang di buat bukan merupakan hasil copy paste, artinya anda mencontek seratus persen karya orang lain. Usahakan untuk selalu membuat artikel dari hasil kreatifitas anda sendiri. Hal ini akan membantu perkembangan Anda menjadi penulis handal nantinya. Saya sendiri sebagai pemula, terus berusaha untuk membuat artikel dengan cara saya sendiri, dengan kalimat dari hasil pemikiran yang saya miliki.

3 Platform Gratis Untuk Menjadi Penulis Artikel Blog

Ada beberapa platform populer yang gratis dan bisa anda jadikan sebagai tempat untuk menjadi penulis artikel blog. 5 platform yang paling familiar di gunakan oleh para blogger pemula dalam membangun karya yang mereka ciptakan dapat anda lihat pada penjelasan berikut inii.

1. Blogger

Platform gratis urutan pertama yang memiliki popularitas tinggi dan memiliki peluang komersial tinggi adalah blogger. Blogger merupakan platform di bawah naungan Google, sebagaimana kita ketahui bahwa, google merupakan perusahaan raksasa yang selalu menjaga kualitas dan selalu berkembang setiap saat. Hal inilah yang membuat platform blogger menjadi pilihan bagi kebanyakan orang.

Untuk membuat blog dengan platform blogger sangat mudah, silahkan anda ke Google lalu masuk ke pencarian dengan kata kunci “Blogger”. Buat akun email terlebih dahulu jika anda belum memiliki email. Lalu daftar di situs blogger tersebut .

Domain anda nantinya akan memiliki sub domain “blogspot.com. sebagai contoh namabloganda.blogsopt.com. Namun jika anda ingin membuat domain tersebut menjadi namabloganda.com tanpa subdomain blogspot.com maka kita harus membeli nama domain dari registrar yang tersedia di internet.

Domain merupakan sebuah alamat ip yang di transfer kedalam bentuk huruf, bijaklah dalam memilih nama domain untuk jangka panjang. Silahkan Anda cari informasi tambahan lainnya tentang bagaimana cara memilih nama domain yang benar.

Untuk masalah hosting anda bisa menggunakan layanan blogger ini, gratis dan tidak di pungut biaya apapun. Selain itu, blogger tidak menampilkan iklan pada blog anda, terkecuali anda memasangnya sendiri dengan mendaftar sebagai publisher Google Adsense, atau anda tidak sengaja mendownload template yang di dalamnya mengandung skrip iklan

2. WordPress

WordPress merupakan layanan CMS atau yang di sebut dengan Content Management Sistem. Platform ini menyediakan fasilitas gratis bagi para blogger yang ingin membuat blog lewat layanan mereka. Seperti halnya blogger, karena anda tidak membeli domain sendiri, maka nama blog anda ber ekstensi wordpress.com. Sebagai contoh namabloganda.wordpress.com.

3. Joomla 

Layanan CMS lainnya yang bisa di manfaatkan untuk melatih diri sebagai penulis artikel blog adalah Joomla. Jumlah sendiri hampir sama dengan CMS wordpress. Aplikasi joomla bersifat open source yang artinya Anda bebas untuk melakukan perubahan pada database master instalasi joomla itu sendiri. Untuk mendaftar di joomla, silahkan anda cari di Google dengan memasukkan kata kunci “joomla”.

Platform Mana Yang Di Pilih

Mana yang lebih baik diantara platform tersebut ? Kita tidak bisa membedakan mana yang lebih baik, semua ada versi sendiri tentang platform mana yang lebih baik dan akan berbeda pendapat dari satu blogger dengan blogger lainnya. Saya sendiri lebih familiar dengan layanan blogger dari Google. Google terus berinovasi dan memberikan layanan terbaik bagi pengguna.

Alasan lainnya mengapa penulis lebih suka blogger adalah, jika blog anda memiliki traffik pengunjung yang tinggi, maka anda bisa bekerjasama dengan google adsense. Sehingga hobi menulis yang Anda lakukan bisa memberi pemasukan tambahan.

Lalu pertanyaannya, bagaimana cara mendapatkan trafik yang tinggi. Jawabannya cukup simple yaitu kontent yang berkualitas dan bermanfaat bagi pengunjung. Jadi, setelah anda membuat blog maka langkah selanjutnya adalah isi blog anda dengan konten berkualitas secara terus menerus. Memang masih memerlukan beberapa teknik SEO dan promosi agar trafik blog bisa menanjak, tetapi hal yang paling utama adalah konten yang berkualitas. Konten merupakan hal utama dalam perkembangan sebuah blog.

Baca Juga :Cara Menghemat Kuota Internet Saat Membangun Sebuah Blog

Semoga dengan artikel ini dapat membantu anda untuk memulai membuat karya tulis di blog. Share artikel ini agar banyak teman – teman yang lain bisa mencoba untuk memulai menulis di blog. Mulailah untuk berkarya, bagikan ilmu pengetahuan yang bermanfaat dan berkualitas bagi pembaca.

 

Updated: March 18, 2017 — 11:04 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap