Menjadi Penulis Pemula Ketahui Tips Bagaimana Cara Memulainya

Menjadi PenulisBelakangan ini profesi menulis bisa dibilang menjadi trend yang mengalami peningkatan secara signifikan. Semua itu tak terlepas dari perubahan trend bisnis ke era digital. Karena kita bisa melihat bahwa, bisnis era digital memerlukan teknik promosi yang secara otomatis membutuhkan karya tulisan dalam praktiknya. Sehingga trend ini bisa menjadi kesempatan emas bagi orang yang pintar menulis.

Selain itu, trend blog juga mengalami pertumbuhan yang menggembirakan, banyak blog baru yang muncul dan masuk kedalam database search engine. Kemudian sebagian besar dari mereka bersaing untuk memperoleh visitor organik dari search engine. Itu semua membutuhkan artikel kan? walaupun para pemilik blog ada yang menulis artikelnya sendiri, akan tetapi banyak juga yang menggunakan jasa penulis.

Bagi pemula yang baru membuat blog dan tidak menggunakan jasa penulis, tentu diharuskan mampu untuk membuat artikel sendiri terlebih dahulu. Nah ini tantangannya dimana kita harus senantiasa menyajikan konten berkualitas agar visitor blog meningkat secara terus menerus.

Nah bagi Anda yang ingin belajar menjadi seorang penulis, berikut ini ada beberapa tips sederhana. Semoga dengan tips berikut Anda bisa menjadi lebih percaya diri dan segera bisa menjadi penulis artikel hebat.

1. Perbanyak Membaca

Ternyata membaca memberikan manfaat yang sangat luar biasa. Dengan membaca bisa membuat pikiran kita menjadi semakin cerdas dan bisa membuat kita menjadi kaya akan wawasan. Selain itu, membaca juga bisa menambah perbendaharaan kosakata menjadi semakin banyak. Dengan demikian bisa berefek pada kemampuan Anda menulis.

Kemampuan menulis bisa datang dari orang yang memang rajin membaca. Karena mereka akan terbiasa dengan susunan sebuah artikel, sering mendapat kosakata baru, dan tentu mendapat ilmu baru. Nah teknik ini bisa membantu kita untuk bisa menulis. silahkan luangkan waktu untuk membaca artikel orang lain, dari manapun, dengan syarat bacalah artikel yang bermanfaat. Bukan artikel sembarangan, seperti artikel berita hoax.

Sekarang ini kita memang diresahkan oleh berita hoax dan semacamnya. jadi bijaklah mencari sumber bacaan artikel Anda. Kemudian Anda juga harus bijak dalam menulis, tulislah yang bisa bermanfaat untuk orang lain, dan bisa memberikan kemajuan bagi sesama.

2. Mulailah Menulis

Kemampuan menulis bisa dilatih dan diasah seperti kemampuan lainnya. Itu merupakan sebuah fakta, semakin sering  Anda praktik menulis, maka semakin mahir Anda menuangkan ide kedalam tulisan. Coba saja latihan setiap hari. Lama kelamaan Anda semakin percaya diri dan bisa meningkatkan hasil karya tulisan Anda menjadi semakin baik.

Anda bisa memulainya dengan menulis tentang hobi, menulis tentang pengalaman hidup atau tentang pemandangan wisata disekitar lokasi Anda. Pokoknya apa saja yang kira – kira bisa membuat diri Anda mulai untuk menulis.

Memang pada awalnya kita merasa ragu dan merasa tulisan kita tidak enak dibaca. Akan tetapi jika kita biarkan berfikir seperti itu, kapan kita bisa mulai menulis? So solusi terbaiknya adalah mulailah menulis apapun. Ketik saja apapun dan biarkan ide – ide Anda mengalir menjadi sebuah tulisan. Lalu simpan karya tulisan Anda tersebut agar Anda bisa membaca kembali untuk dievaluasi.

3. Praktek Menulis Setiap Hari

Bisa karena biasa, ini pepatah hebat yang pernah saya dengar. Sebagai contoh coba tiru bagaimana seorang pemain sepak bola spesialis free kick yang terkenal. Mereka selalu belatih menendang bola free kick setiap hari. Begitu juga dengan keahlian menulis ini. Bisa didapat dengan terus praktek menulis setiap hari.

Para penulis artikel bisa cepat menyelesaikan sebuah artikel karena mereka terbiasa menulis setiap hari. Seorang penulis profesional bisa mendapatkan ide dari manapun, dari sekitar lokasi anda, dari apapun yang anda lihat, . Bahkan ide yang seharusnya bukan bahan tulisan bagi penulis profesional bisa menjadi sebuah karya tulis yang luar biasa.

Walaupun demikian anda harus tetap memperhatikan faktor kebugaran Anda dengan selalu olah raga, hangout dan kegiatan lainnya untuk refreshing. Terkadang Anda membutuhkan pemikiran yang fresh agar mampu menghasilkan karya tulisan yang bernilai.

4. Minta Koreksi Dari Teman Anda

Setelah menulis beberapa artikel, Anda bisa melakukan survey untuk mengetahui seberapa bagus tulisan yang telah dibuat. Sehingga kita bisa mengukur seberapa jauh tingkat kemajuan yang telah Anda peroleh.

Anda bisa meminta bantuan pada teman, saudara, atau forum – forum untuk mengevaluasi hasil karya tulis yang telah dibuat. Biasanya mereka akan memberikan saran terbaik atau pujian tentang tulisan yang telah Anda buat. Anda bisa saja merasa percaya diri dengan hasil karya tulisan, akan tetapi ada baiknya minta bantuan orang lain untuk menilai hasil kerja Anda.

Setiap masukan yang positif dapat membantu Anda untuk menjadi seorang penulis handal. Dengarkan saran dan kritik yang diberikan, lalu analisa mana yang bisa diterapkan dan mana yang tidak. Saya sebelumnya membuat beberapa ciri artikel yang berkualitas dan ditujukan untuk artikel blog pada link berikut ini.

Silahkan baca : Ciri Ciri Artikel Yang Berkualitas Untuk Blog Itu Bagaimana?

5. Mulai Dengan Membuat Blog

Hasil tulisan akan percuma jika hanya disimpan di komputer pribadi saja. Nah agar dibaca oleh orang lain, Anda bisa membuat blog sendiri, atau mencoba menulis pada website yang menerima penulis lepas. Mana tahu nanti ada orang atau pemilik website yang tertarik dengan hasil karya tulisan – tulisan Anda, tentu hal ini bisa menambah pemasukan untuk perekonomian Anda.

Membuat blog bisa menjadi alternatif agar artikel Anda dibaca oleh orang banyak. Dari manapun asalkan mereka memiliki koneksi internet. Apalagi jika Anda memiliki kemampuan menulis artikel dalam bahasa inggris maka jangkauan artikel blog bisa mencapai pembaca dari manapun di dunia ini,

Anda bisa mencoba menulis tentang ilmu pengetahuan yang dimiliki, atau membagikan tutorial tentang apa saja dan yang penting bermanfaat untuk orang lain. Berbagi sesama itu tidak  harus dengan uang saja, melainkan berbagi ilmu yang bermanfaat juga bisa menjadi bagian dari membantu sesama. Anda tentu sering mendengar ilmu yang bermanfaat bukan? Nah ilmu yang bermanfaat salah satunya adalah dengan cara berbagi ilmu kepada orang lain.

6. Bergabung Bersama Penulis Lainnya

Kemudahan akses internet saat ini membuat kita lebih mudah untuk menemukan komunitas. Ada banyak sekali komunitas yang ada di Internet saat ini. Anda bisa bergabung bersama komunitas penulis lainnya melalui forum – forum atau website penulis di Internet  Google plus community merupakan platform social media terbaik bagi para penulis karena memang penulis biasanya memang lebih suka dengan media social ini.

Memiliki komunitas menulis juga bisa mendatangkan manfaat yang luar biasa, Selain anda bisa mendapatkan ilmu dari anggota lain, anda juga bisa mencoba bagaimana menghasilkan income lewat karya tulis Anda.

7. Belajar Kemampuan Mengetik Dengan 10 Jari

Apakah penguasaan mengetik 10 jari bisa memberi pengaruh saat menulis? Sudah tentu ada. Ketika Anda mampu mengetik dengan cepat, maka Anda bisa fokus pada ide tulisan yang ingin dibuat. Tidak lagi terganggu dengan harus melihat keyboard. Tulisan Anda pun cepat selesai dengan benar.

Apakah harus menghafal letak huruf dan nomor pada keyboard? Tidak. Orang yang bisa mengetik 10 jari ada juga lho yang tidak hafal dengan susunan keyboard qwerty. Mereka bisa mengetik 10 jari karena sudah hafal secara bawah sadar. Caranya bagaimana? Mudah yaitu latihan main permainan mengetik yang bertebaran di Internet. Silahkan cari dan pasang pada komputer Anda. Latihan secara rutin.

Itulah tadi beberapa tips yang bisa Anda coba ketika ingin memulai menjadi seorang penulis. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dan memberikan inspirasi bagaimana menjadi penulis pemula. Jika Ada tambahan, silahkan berikan ide Anda di kolom komentar. Terimakasih.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap