Menulis Artikel Dengan Cara Cepat Tanpa Edit, Editing Belakangan

Menulis CepatSaya ketemu satu artikel yang menurut saya menarik untuk dibahas, artikel tersebut berasal dari seorang blogger ternama, dari sana saya banyak sekali belajar tentang blogging, belajar tentang cara menulis dan berbagai jenis ilmu blogging lainnya.

Salah satu judul yang saya rasa paling menarik bagi saya adalah menulis seperti berlari kemudian edit setelahnya. Mengapa? Sebagai seorang blogger yang mengisi konten sendiri, tentu kita dituntut untuk mampu membuat artikel dengan cepat. Oh ya artikel tersebut saya baca dari blog yang dikelola oleh bang Ghee jhon.

Menulis artikel cepat tanpa edit itu memang butuh latihan, kita perlu belajar bagaimana cara memastikan bahwa kalimat yang ditulis benar benar mengalir.

Saat menulis artikel, lebih baik kita kumpulkan terlebih dahulu informasi yang lengkap, setelah itu tulis lah dengan cepat, jangan melihat ke kanan atau membaca ulang kalimat yang telah Anda buat . hindari juga menekan tombol backspace saat typo. Terus saja menulis hingga artikel Anda selesai.

Cara tersebut saya rasa memang cukup efektif ketika kita ingin membuat artikel. kita bisa menjadi lebih mudah untuk menuangkan ide yang ada di kepala . Memang mungkin pada awalnya kita masih saja terbiasa untuk membaca ulang sewaktu menulis, menghapus kesalahan typo yang ada. padahal cara ini kurang efektif.

Nah mulai dari sekarang, saya juga ingin mencoba strategi ini, yaitu menulis saja dengan cepat tanpa  menekan tombol backspace maupun membaca ulang kalimat ketika dalam proses menulis artikel. Mudah mudahan kita bisa menerapkan strategi ini. Bagi anda yang memiliki blog tentu ingin sekali agar tulisan yang dibuat enak dibaca kan? Bisa mengalir indah seperti air, berurutan dan bermanfaat.

Pertanyaannya, Mengapa menulis sambil melakukan editing kurang efektif? Menulis itu butuh kreativitas dan sangat berbeda dengan logika. Ketika kita melakukan proses editing, ternyata itu termasuk kegiatan logis, sedangkan menulis merupakan sebuah kreativitas.

Agar kemampuan kreativitas kita meningkat, biasakan diri untuk menulis saja terlebih dahulu seperti apa yang kita bahas sekarang ini. Tuangkan semua ide kedalam tulisan. Dengan cara seperti ini, saya rasa kreativitas kita bisa meningkat. Kemampuan untuk membuat 10 artikel sehari pun bisa kita miliki.

Sewaktu saya menerapkan teknik ini, memang agak terasa aneh, soalnya tangan selalu  saja ingin sekali menekan tombol backspace ketika ada typo. Ya karena kebiasaan lama, Kebiasaan lama saya suka sekali membaca ulang, tulis beberapa kalimat lalu baca ulang. begitu ada kesalahan typo langsung menekan backpspace, padahal cara tersebut kurang efisien.

Dengan strategi mengetik cepat terlebih dahulu, saya rasa bisa melatih kita untuk lebih mudah ketika mengatur kalimat, lebih mudah kita mencari kalimat yang tepat, semua seperti saat kita bicara pada orang lain teman sendiri.

Memang bagi pemula, terutama seperti saya, sering bertanya, apakah cara ini benar – benar efektif? ataukah ada cara lain? Akan tetapi, setelah saya cerna ulang, dan berdasarkan dari sumber bacaan  yang saya baca, saya mulai percaya bahwa teknik ini memang cukup efektif untuk meningkatkan kualitas menulis seseorang.

Seorang penulis memang butuh waktu untuk belajar, terus menerus mencari cara bagaimana agar tulisan yang dibuat bisa bermanfaat dan semacamnya. Yang paling penting, praktek saja terlebih dahulu. Percaya diri dan pasang niat untuk berbagi ilmu kepada orang lain.

Manfaat untuk seorang blogger

Untuk berhasil membuat blog, seorang blogger harus mampu menulis artikel secara rutin, memang ada jalan lain yaitu dengan menyewa atau dengan cara membeli artikel. Akan tetapi untuk langkah awal saya rasa bisa dicoba dengan menulis artikel terlebih dahulu. Nanti setelah blog mampu menghasilkan, Anda bisa menyewa atau membeli artikel dari para penulis lain.

Kembali lagi ke masalah gaya kepenulisan cepat. saya saat menulis artikel ini memang mencoba seperti apa yang tertulis pada judul, saya mencoba mengetik saja terlebih dahulu, menuangkan apapun yang ada pada pikiran saya. Nanti setelah tulisan ini saya kira selesai, baru saya lakukan editing.

Proses mengedit biasanya berupa menyusun kalimat agar lebih lengkap, memperbaiki beberapa typo, dan memperhatikan apakah artikel sudah mengalir atau belum.

Bagi anda yang memiliki pengalaman tersendiri tentang cara menulis artikel yang benar, silahkan share pada kolom komentar dibawah ini. Bagikan tips dan cara anda menulis artikel.

Pentingkah mengetik 10 jari?

Untuk mendukung proses mengetik bisa menjadi semakin cepat maka kemampuan mengetik dengan 10 jari memang bisa jadi dibutuhkan. Saya rasa memang perlu kita belajar mengetik dengan cepat, bisa mengetik dengan kecepatan lebih dari 90 kata permenit sudah termasuk kedalam kategori cepat.

Untuk bisa mengetik dengan 10 jari, saya sudah membuat postingan tentang belajar mengetik cepat. Silahkan Anda baca pada link berikut ini.

Baca juga : Belajar Mengetik Cepat 10 Jari Dengan Bantuan Aplikasi

Semoga dengan cara seperti ini, kita bisa menjadi lebih aktif dalam menulis, mampu menerbitkan artikel berkualitas setiap hari secara rutin. Untuk sumber ide, mungkin bisa kita kembangkan dengan cara banyak membaca. bisa dengan membaca artikel bahasa Inggris ataupun bahasa indonesia.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap