Menulis Di Blog Berdasarkan Apa yang Kita Tahu Agar Selalu Update

menulis di blog

Menulis artikel memang menjadi tantangan tersendiri bagi pemilik blog, kecuali bagi blogger yang sudah menggunakan jasa penulis untuk mengisi konten mereka. Blogger yang telah menggunakan jasa penulis tentu hanya mencari tema atau mencari judul artikel yang akan diterbitkan.

Begitu juga bagi blogger yang menggunakan teknik penulis tamu atau kontributor. Sebagai contoh portal komuniti seperti kompasiana, ada puluhan bahkan ratusan penulis dengan suka rela mengirim tulisan mereka. Karena kompasiana merupakan portal yang sangat popular.

Bagi Anda yang menulis artikel di blog sendiri atau belum menggunakan jasa penulis tentu butuh ide fresh setiap hari. Ada beberapa teknik yang bisa kita lakukan, salah satunya adalah dengan menulis artikel tentang apapun yang kita ketahui.

Cara seperti ini bisa mendukung tulisan Anda menjadi lebih berkualitas, lebih mudah dibaca dan dimengerti oleh orang lain. Mengapa? Karena sudah pasti kita mengerti tentang apa yang kita tulis..

Setelah saya baca kesana kemari, Ada beberapa blogger yang menulis isi artikel nya terlebih dahulu, kemudian setelah artikel selesai, baru ditambahkan atau dibuat judulnya. Cara ini berarti memang benar, mereka menulis tentang apa yang mereka tahu atau pikirkan, dituangkan dalam bentuk tulisan.

Cara seperti ini memang efektif bagi sebagian orang, kita bisa mencoba menerapkan cara ini jika memang tidak ada keyword yang kita target. Artinya hanya menulis berdasarkan apa yang kita tahu.

Nah agar pengetahuan kita semakin banyak, tentu kita harus rajin membaca, rajin mencari informasi baru dengan browsing kesana kemari. Apalagi jika kamu merupakan orang yang sangat suka dengan kegiatan membaca, maka pengetahuan kamu bisa bertambah dengan sangat cepat.

Menulis berdasarkan apa yang kita tahu juga bisa berupa membuat blog dengan tema yang sesuai dengan hobi Anda. Misalkan Anda sangat menyukai dunia otomotif, musik dan semacamnya. Pemilihan tema yang sesuai dengan bakat Anda bisa membuat tulisan Anda selalu update.

Blog yang sesuai dengan bakat atau bidang, bisa juga dilihat dari profesi Anda setiap harinya. Misalkan Anda seorang insinyur teknik sipil dibidang lalu lintas. Anda bisa menulis artikel tentang lalu lintas. Atau Anda memiliki profesi sebagai seorang akuntan, Anda bisa menulis artikel tentang akuntansi dan ilmu ekonomi.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa, blog yang mendapatkan rangking di search engine merupakan blog dengan kualitas konten yang tinggi. Antinya artikel harus dibuat lengkap sesuai dengan tema yang dibahas, enak dibaca dan detail.

Untuk membuat artikel seperti ini, butuh pengetahuan, hal ini sangat berkaitan dengan menulis sesuai dengan apa yang kita ketahui. Selain itu, menulis artikel menarik membutuhkan riset, kita harus mencari sumber referensi lain untuk melengkapi data, seperti mencari sumber data statistik, gambar infografis dan lain – lain.

Menulis artikel berdasarkan apa yang kita ketahui memang memberikan manfaat yang luar biasa. Anggap saja seperti kita berbicara pada teman kita sendiri. Coba saja Anda bayangkan, bagaimana jika semua pembicaraan Anda setiap hari Anda jadikan artikel. Tentu jumlahnya sangat banyak sekali, mungkin puluhan artikel atau lebih.

Nah pertanyaannya, mengapa teknik ini tidak anda terapkan agar artikel blog Anda selalu update. Anda bisa menulis artikel berdasarkan apa yang Anda tahu, kemudian tulislah seperti Anda berbicara pada teman Anda sendiri. Jelaskan apa yang ingin Anda sampaikan lewat tulisan blog.

Hanya saja, ada etika kepenulisan. Kita harus paham bahwa artikel yang kita buat harus sesuai dan bermanfaat untuk dikonsumsi publik. Berikan ilmu yang terbaik agar lebih bermanfaat untuk pembaca.

Menulis gaya seperti ini bisa dilatih dengan cara latihan menulis artikel cepat. Yaitu latihan menulis tanpa henti selama beberapa menit. Bedakan antara proses menulis dan proses editing. Jadi setelah tulisan kita selesai dibuat, langkah selanjutnya baca ulang, edit bagian yang perlu agar artikel Anda menjadi lebih menarik.

Teknik latihan menulis cepat dapat membantu kita untuk membuat tulisan menjadi lebih mengalir tanpa gangguan proses editing. Hal ini lah yang membuat tulisan Anda menjadi lebih enak dibaca.

Dengan membedakan antara proses editing dan proses menulis ternyata memang memberikan dampak yang luar biasa pada perkembangan tulisan Anda. Tidak percaya? Anda bisa mencoba teknik tersebut untuk ajang latihan.

Baca juga : Mengapa Menulis Itu Mudah dan Berikut Beberapa Tipsnya

Kesimpulan :

Bagi Anda yang mungkin sedang mencari cara agar blog bisa update setiap hari, maka cara diatas bisa Anda coba. Cobalah untuk menulis artikel berdasarkan apa yang kamu ketahui. Kemudian kembangkan pengetahuan kita dengan cara rajin membaca.

Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan ketika kita mau rajin membaca. Kosakata kita juga akan meningkat cepat dan tentu dapat membuat tulisan menjadi lebih hidup. Semoga artikel ini dapat membantu Anda. Selamat berkarya dan sukses selalu. Jika ada saran, silakan Anda tulis pada form komentar dibawah ini.




Updated: August 20, 2017 — 7:14 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap