Metode Tanaman Dalam Pot Tanpa Tanah

Bagi warga yang berada di daerah padat penduduk, metode tanaman dalam pot menjadi alternatif untuk membuat lingkungan hijau tanpa lahan tanah yang luas. Hal ini merupakan suatu tantangan tersendiri. Sehingga perlu mencari alternatif lain yang bisa di gunakan sebagai media bercocok tanam, seperti mencari metode tanaman dalam pot tanpa tanah. Dengan menemukan solusinya maka keterbatasan lahan untuk tumbuhan hijau tidak lagi menjadi suatu kendala.

Dalam artikel ini akan membahas tentang metode apa saja yang bisa di gunakan dan di terapkan untuk budidaya tanaman tanpa menggunakan media tanah. Sehingga walaupun berada di lokasi perumahan yang padat penduduk, Anda masih tetap bisa membuat lingkungan menjadi lebih asri dan indah. Seperti menanam tanaman hias bunga, sayuran atau menyemai benih untuk di budidayakan dalam sekala yang lebih luas.

Tanaman Dalam pot tanpa tanah bisa di lakukan dengan berbagai macam metode yang bisa di tempuh. Berikut ini akan di bahas dengan menggunakan teknik hidroponik. Hidroponik merupakan salah satu metode yang paling sering kita jumpai untuk metode tanaman dalam pot tanpa tanah ini.

Sejatinya cara bercocok tanam dengan hidroponik adalah mengganti media tanah dengan media air atau hidro, nah dari sini di beri nutrisi agar segala keperluan tumbuhan dapat terpenuhi dengan baik. Berikut ini ada beberapa cara yang mungkin bisa di coba untuk memulai budidaya tanaman secara hidroponik.

Ada dua model yang di gunakan untuk menanam tanaman dalam pot tanpa tanah. Diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Teknik budidaya hidroponik dengan menggunakan larutan nutrisi
  2. Menggunakan media pengganti seperti rockwool, spon dan lain sebagainya.

Pada poin nomor 1 diatas, kita tidak memerlukan media keras untuk menunjang pertumbuhan akar tumbuhan, melainkan dengan cairan nutrisi air. Metode ini juga terbagi menjadi dua cara, yaitu dengan cara statis dan dengan cara pengaliran. Metode hidroponik statis merupakan jenis bercocok tanam dengan media air yang tetap di tampung.

Berikut ini contoh bagaimana tanaman hidroponik dengan menggunakan media air secara statis.

Metode Tanaman Dalam Pot Tanpa Tanah

Created By Me

Untuk perbuatannya sendiri bisa di lakukan dengan menggunakan botol bekas seperti yang terlihat pada gambar diatas. Dan berikut ini langkah – langkahnya.

  1. Botol air mineral bekas yang sudah tidak di gunakan lagi
  2. Buat sumbu yang terbuat dari kain atau sumbu yang biasa di gunakan.
  3. Nutrisi yang di butuhkan untuk tanaman seperti campuran pupuk urea, kcl dll.
  4. Media tanaman seperti kerikil, pecahan genting atau media lain yang cocok untuk tanaman.
  5. Benih yang akan di bibit.

Beberapa Keuntungan Menggunakan Teknik Hidroponik

Budidaya tanaman dengan model hidroponik memiliki banyak sekali keuntungan jika di bandingkan dengan model konvensional. Diantaranya adalah ketahanan terhadap penyakit. Penyakit yang biasanya datang dari tanah tidak akan menyerang tanaman model hidroponik ini.

Kemudahan lainnya adalah kebebasan dalam memberikan jumlah nutrisi, atur sesuai dengan penelitian yang telah di lakukan pada tanaman tertentu. Anda bisa melakukan eksperimen untuk mencari cara bagaimana agar hasil budidaya hidroponik yang anda buat mampu berhasil dengan baik.

Pertumbuhan tanaman bisa menjadi semakin cepat, hal ini di sebabkan nutrisi yang di butuhkan oleh tanaman dapat terpenuhi dengan mudah. Tenaga kerja yang di perlukan juga terbilang cukup ringan, Ana tidak perlu melakukan perawatan berat seperti pekerjaan pada lahan konvensional. Dengan teknik hidroponik kita hanya perlu merawat peralatan dan menjaga nutrisi tanaman dengan baik dan benar.

Dengan teknik hidroponik yang benar, maka penggunaan lahan menjadi semakin efisien. Karena, metode hidroponik tidak memerlukan lahan yang luas. Dengan membuat sistem hidroponik anda menjadi bebas untuk berkreasi agar lingkungan sekitar bisa menyumbang untuk ikut mereduksi emisi gas polusi udara.

Justru saat ini sayuran dan buah buahan hasil tanaman hidroponik lebih di sukai para konsumen. Bukannya tidak beralasan, karena tanaman hasil dari budidaya hidroponik lebih bebas dari zat bahaya seperti peptisida. Ini bisa menjadi sebuah kesempatan bagi Anda yang memang berniat untuk mencoba bertani dengan teknik hidroponik.

Hidroponik skala usaha bisa di capai jika teknik yang di terapkan benar, maka tidak menutup kemungkinan hasil panen yang akan di peroleh cenderung lebih besar di bandingkan dengan cara konvensional. Anda hanya perlu mengembangkan skalanya saja dalam jumlah yang lebih banyak dan mampu untuk melakukan manajemen usaha budidaya hidroponik yang Anda jalankan.

Di Indonesia sendiri teknik hidroponik memang dalam masa pertumbuhan, hal ini di lihat dari animo kata kunci yang masuk pada mesin pencari di internet memberikan data bahwa jumlah pencarian kata hidroponik semakin meningkat dari waktu ke waktu.
Sebenarnya Anda bisa membuat variasi tersendiri tentang bagaimana metode tanaman dalam pot tanpa tanah setelah anda mengetahui prinsip dasar model hidroponik. Semga artikel ini dapat membantu.

Baca juga : Menanam Hidroponik Dengan Spon Secara Mudah

Updated: April 7, 2017 — 5:54 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap